×
×

Search in Mata Mata Musik

Lewat Single Kolab ‘EVANIA’, Duo Produser Rifofo x Gandhi Shiro “Pakai” 3 Cewek

Posted on: 09/1/20 at 6:30 am

Lewat Single Kolab 'EVANIA', Duo Produser Rifofo x Gandhi Shiro “Pakai” 3 Cewek
Duo Produser, Rifofo x Gandhi Shiro.

Duo Produser yang bersaudara yaitu Rifo Octavian a.k.a Rifofo dan Gandhi Prasetya a.k.a Gandhi Shiro kembali dengan single berjudul ‘EVANIA’. Mencermati ‘EVANIA’ sepertinya tidak terlepas dari dua pendahulunya, yaitu ‘EVELYN’ (2019) dan ‘EVITA’ (2020). Selain judul single seperti nama/yang mengisyaratkan sosok perempuan, kiranya ada dua catatan tentang hubungan ketiga single karya Rifofo x Gandhi Shiro tersebut.

Rifofo x Gandhi Shiro 'EVANIA' (Ft. Dila, Oya, Gami).
Rifofo x Gandhi Shiro ‘EVANIA’ (Ft. Dila, Oya, Gami).

Pertama, pengerjaan musik ‘EVANIA’ yang seperti ‘EVITA’, yaitu dilakukan di tempat-tempat yang berjauhan karena keadaan pandemi dan juga melibatkan tiga kolaborator. Para kolaborator dalam ‘EVANIA’ yaitu penyanyi Agtadila (Dila) yang tergabung dalam band Sister and Soul, rapper Diztroya (Oya) dan penggiat seni tradisi Gusti Monita (Gami) merekam vokal di tempat masing-masing;  Dila di Surabaya, Oya di Bogor dan Gami di Yogyakarta.

Agtadila (Dila)
Dila.

Kedua, penggambaran ‘EVANIA’ dalam MV (Music Video) -juga dikerjakan di tempat masing-masing kolaborator- yang seperti ‘EVELYN’ dengan sosok yang menyimbolkan pesan ‘EVANIA’, yaitu bersemangat dalam menjalani hidup yang disadari sarat dengan berbagai masalah. Ide dari ‘EVELYN’ tentang simbol pun dikembangkan dalam ‘EVANIA’—dengan memadankan antara sosok Dila dengan Gami dan Oya dengan Wulan Alvaro (pemeran dalam MV) yang membangun cerita dalam MV.

Diztroya (Oya)
Oya.

Selain Dila, Oya, Gami dan Wulan, kolaborasi juga melibatkan rapper DRT sebagai co-producer yang menulis lirik dan Julian Romadhona (Dhona) sebagai sutradara MV. Menyesuaikan dengan kebutuhan, daftar kolaborator turut diisi dengan tim yang mewujudkan ‘EVANIA’ baik di Jakarta, Surabaya, Bogor dan Yogyakarta; bahwa ‘EVANIA’ dikerjakan secara massif/padat untuk memperkaya single yang diputuskan oleh Rifofo dan Gandhi dirilis pada 17 Agustus 2020 tersebut.

Gusti Monita (Gami)
Gami.

Pengayaan karya yang dimaksud awalnya secara musik; tetap dengan pendekatan progresif, ‘EVANIA’ meramu unsur musik tradisi dari Aceh dan Banyuwangi—yang dipadukan dengan nyanyian Dila yang mengesankan ketenangan, rap khas Oya yang bervariasi antara cepat dan santai, sampai vokal Gami yang terdengar magis. Visualisasi dalam MV oleh Dhona dan tim di Surabaya, juga tim di Bogor dan Yogyakarta, secara artistik menyesuaikan dengan muatan keragaman dalam ‘EVANIA’. Visualisasi ‘EVANIA’ turut melibatkan Iiq Gendhis, seorang illustrator dari Surabaya yang membuat karya khusus untuk ‘EVANIA’.

Semangat untuk menjalani hidup -dengan berkarya- pun tidak hanya sebatas pesan dalam ‘EVANIA’, melainkan diwujudkan dalam pengerjaannya—yang ditandai dengan tetap dapat berkolaborasi secara masif walaupun terbatas oleh jarak -karena keadaan terkini.

Ok selamat mendengarkan ‘EVANIA’ persembahan dari Sirkus Records.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter