×
×

Search in Mata Mata Musik

Lewat Single ‘LATHI’, Weird Genius Sukses Menggebrak Platform Digital

Posted on: 05/19/20 at 10:30 am

Weird Genius
Weird Genius. (Foto: dok. Weird Genius).

Beberapa bulan terakhir ini, Weird Genius menjadi artis Indonesia yang berhasil mengentak kanal-kanal digital lewat single terakhirnya yang berjudul ‘LATHI’ sejak dirilis pada 28 Februari 2020 yang bisa diakses melalui download dan streaming, serta merupakan single digital pertamanya di tahun “two zero two zero”.

Sampai artikel ini dinaikkan, video ‘LATHI’ di kanal YouTube Weird Genius telah meraih 18 juta lebih views, bahkan sebulan setelah perilisannya telah lebih dahulu menembus angka 10 juta. Dan lagu tersebut juga telah masuk ke dalam jajaran Top Hits Indonesia di Spotify dengan 7 juta streams.

Lagu ‘LATHI’ oleh Weird Genius berada di No. 3 Top Hits Indonesia di Spotify.

Spesial di lagu ‘LATHI’, Weird Genius menggandeng Sara Fajira, penyanyi dan rapper dari Surabaya. Dengan tetap berada di jalur EDM (Electronic Dance Music), mereka memainkan beat-beat pemompa adrenalin yang tidak dapat dipisahkan dari karakteristik utama Weird Genius, yaitu menggabungkan elemen tradisional dalam setiap musiknya. Kali ini budaya Jawa sangat kental bahkan dari nada pertama lagu hingga akhir lagu, ditambah bagian bridge lagu yang menggunakan lirik Jawa yang dinyanyikan dengan gaya sinden oleh Sara.

“Proses produksi dan rekamannya cukup cepat, sekitar satu bulan. Liriknya terinspirasi oleh pengalaman pribadi yang mungkin dialami banyak pasangan dan ditulis oleh Weird Genius dengan Sara Fajira. Secara musikal, kami menyeimbangkan EDM dan bahasa Inggris modern dengan budaya tradisional dari instrumen dan lirik Jawa,” tutur trio Weird Genius yang terdiri dari Reza OktovianEka Gustiwana, Gerald Liu ini menjelaskan.

Lirik lagu Inggris ini berbicara tentang hubungan cinta yang penuh kebohongan dan ego yang mengatakan ‘cinta’ tetapi hanya menyakitkan. Meskipun menekankan sisi gelap suatu hubungan, musik ceria dan lirik yang jujur ​​membawa makna tersirat dari keberanian dan pendirian yang kuat dalam menghadapi ‘hubungan yang beracun’. Digambarkan dalam sepotong lirik bahasa Jawa “Kowe ra iso mlayu saka error. Ajining diriku sendiri sebagai lathi”, yang berarti “Kamu tidak bisa lari dari kesalahan. Harga diri seseorang ada di lidah (kata-katanya)”, diambil dari Pepatah Jawa lawas, “Ajining soko lathi, ajining rogo soko busono”.

Kami di MataMata Musik akui bahwa single dan video musik Weird Genius ini salah satu karya anak bangsa yang terbaik di tahun 2020 sejauh ini. Kamu tonton deh, “go-kill”, world-class!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Electric Blockaloo Minecraft Festival.

Diplo, Zhu dan A-Trak Jadi Headliner Festival EDM Virtual di Game Mine...

Gambar: Rave Family Diplo, Zhu, A-Trak dan banyak lagi artis EDM lainnya akan tampil di Electric Blockaloo, sebuah festival musik virtual yang akan berlangs

on May 23, 2020
Martin Garrix

Inovatif! Tonton Konser Unik Martin Garrix Di Atas Kapal Berlayar

Martin Garrix saat tampil di atas kapal. (Foto: YouTube). Jika ada satu hal yang dituntut dari dunia musik selama masa karantina global ini, itu yang pasti

on May 20, 2020
Martin Garrix

Martin Garrix Akan Melakukan Konser Spesial di Atas Kapal Pesiar Belan...

Martin Garrix. (Foto: WeRaveYou). DJ dan produser Martin Garrix akan pergi ke perairan Belanda untuk merayakan Cinco de Mayo selama konser satu jam khusus u

on May 1, 2020
Ultra Music Festival

Ultra Music Festival Di Miami Resmi Dibatalkan, Lagi-lagi Karena Virus...

Ultra Music Festival (Foto: Jason Koerner/Getty Images). Salah satu seri festival musik EDM paling bergengsi di dunia, Ultra Music Festival, dilaporkan tela

on Mar 5, 2020