×
×

Search in Mata Mata Musik

Lewis Capaldi Jadi Pemenang Utama di Brit Awards 2020 yang Didominasi Musik Rap

Posted on: 02/19/20 at 3:24 pm

Lewis Capaldi. (Foto: Instagram.com/@lewiscapaldi).

Lewis Capaldi, penyanyi dan penulis lagu asal Skotlandia, telah menjadi pemenang utama dalam ajang penghargaan Brit Awards 2020, meski dominasi yang kuat dari musik rap mencegah ‘menyikat’ bersih empat nominasi utama. Lewis Capaldi memenangkan kategori Best New Artist dan Best Song untuk ‘Someone You Loved’, yang menghabiskan tujuh minggu di posisi No.1 selama musim semi 2019, kemudian menduduki puncak chart di Amerika Serikat (AS) dan mendapatkan nominasi Grammy.

Album debut Lewis Capaldi, Divinely Uninspired to Hellish Extent, judulnya mengenai penghinaan diri sendiri telah memenangkan jutaan penggemar di media sosial adalah album paling laku di Inggris pada tahun 2019. Sayangnya album Capaldi kehilangan penghargaan bergengsi untuk Album of the Year di Brit Awards 2020, diraih oleh rapper asal London, Dave dengan album Psychodrama yang penuh emosi.

Dave, yang dalam penampilan live sebelumnya pada malam itu menyebut Boris Johnson sebagai orang yang rasis, mengecam kurangnya dukungan bagi para korban tragedi Grenfell dan meminta perhatian pada perbedaan media dalam memperlakukan Meghan Markle dan Kate Middleton. menggunakan pidato penerimaannya untuk merayakan para warga London Selatan untuk mengakui orang-orang United Kingdom (UK) yang sedang dipenjara termasuk saudaranya, Christopher.

Pada bulan September 2019, Psychodrama memenangkan penghargaan album top lainnya dalam musik pop Inggris, yaitu Mercury. Dave adalah artis kedua yang pernah memenangkan kedua penghargaan mengikuti kemenangan Arctic Monkeys untuk karya debut mereka di tahun 2006, Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not. Dave telah menjadi artis dengan nominasi terbanyak tahun ini bersama Lewis Capaldi dengan empat nominasi.

Melanjutkan tahun yang sukses untuk musik rap, Stormzy mengalahkan beberapa artis yang kuat seperti Dave dan Lewis Capaldi, ditambah Harry Styles dan Michael Kiwanuka untuk dinobatkan sebagai Best British Male. Kemenangan Stormzy mengikuti tahun yang sukses di mana dia menduduki puncak chart Inggris tiga kali, memulai tur dunia dalam lima benua, dan menjadi headliner di Glastonbury yang sudah dianggap sebagai salah satu festival yang terbesar dalam 50 tahun sejarah.

Rapper multi-genre asal Los Angeles, Tyler The Creator menambahkan penghargaan Best Rap Album di Grammy miliknya dengan penghargaan Brit Awards untuk Best International Male, mengalahkan Bruce Springsteen dan artis lainnya. Dalam pidatonya, dia mengejek mantan perdana menteri Theresa May, yang pernah melarangnya berkunjung ke Inggris selama lima tahun, hukuman itu berakhir tahun lalu.

Baca juga: Lewis Capaldi Terlibat Kasus ‘Keliru Identitas’ Saat Sedang Menghadiri Grammy Awards 2020

Kemenangan para musisi rap tidak hanya menunjukkan kedalaman dan luasnya genre hip-hop saat ini, tetapi juga bahwa Brit Awards telah berkembang positif menyusul tuduhan yang mereka terima akibat kurang mempromosikan talenta artis berkulit hitam. Menyusul protes #BritsSoWhite tahun 2016, pemilih suara Academy telah didiversifikasi untuk mendatangkan lebih banyak orang kulit berwarna, dan bintang-bintang Inggris berkulit hitam termasuk Skepta, J Hus, Kano dan Jorja Smith yang semuanya telah muncul dalam berbagai nominasi belakangan ini.

Perubahan-perubahan dari Academy ini juga membawa lebih banyak artis perempuan untuk menggerakkan keseimbangan gender dalam pemilihan suara, tetapi penghargaan tahun ini telah dikritik karena tidak menampilkan cukup banyak perempuan dalam daftar nominasinya, serta daftar panjang yang digunakan para pemilih suara untuk memilih para nominator. Mabel adalah satu-satunya artis wanita Inggris yang masuk daftar 25 slot dalam kategori campuran Inggris untuk Best Song, Album, Group dan Best New Artist. Para pemilih suara dapat memilih dari 86 artis pria untuk penghargaan Best British Male, tetapi hanya 26 wanita untuk Best British Female, sementara hanya ada 36 album yang menampilkan wanita dari 198 album yang telah terdaftar.

Kurangnya nominasi artis perempuan adalah tema malam itu, dengan sang pembawa acara Jack Whitehall membuat orang-orang Inggris kecewa karena gagal mengapresiasi para artis wanita. Foals, sang pemenang Best British Group kategori eksklusif laki-laki mengekspresikan keinginan mereka untuk melihat lebih banyak artis perempuan dalam kategori tersebut tahun depan.

“Anda melihat daftar itu untuk melihat bahwa ‘tidak ada artis wanita yang cukup banyak di dalamnya.’ Sesederhana itu… Anda dapat mencentang semua jenisnya, tetapi (keragaman) belum ada di sana,” ujar Joy Crookes kepada BBC.

Pada akhirnya, Mabel kalah dari Lewis Capaldi pada kategori Best Song, tetapi memenangkan Best British Female. Mencetak singel dan album nomor 3 di Inggris tahun lalu serta mencapai chart di AS untuk pertama kalinya, Mabel adalah putri dari penyanyi pop bernama Neneh Cherry, yang memenangkan dua penghargaan pada Brit Awards 1990. Billie Eilish memenangkan penghargaan Best International Female, menambah prestasi lima penghargaan Grammy yang dia menangkan pada awal tahun ini.

Penghargaan Rising Star yang sebelumnya dinamai penghargaan Critics’ Choice dimenangkan oleh sang penyanyi soul, Celeste.

Dua kategori penghargaan dari tahun-tahun sebelumnya, Best International Group dan Best Video, dipotong pengumumannya untuk memberi kesempatan bagi lebih banyak pertunjukan pada seremoni itu, tanda bahwa orang-orang Inggris berusaha untuk tetap menjadi penghibur para pemirsa TV yang hidup di lanskap media yang semakin terfragmentasi, dan bermaksud untuk menciptakan penampilan-penampilan yang berpotensi viral untuk dibagikan secara online. Perubahan lainnya termasuk pengenalan tiga tahap konser di sekitar O2 Arena London di mana penghargaan itu diadakan, mengurangi jumlah pengunjung industri sebesar 50%.

Para performers pada Brit Awards 2020, yang dipandu oleh komedian Jack Whitehall, termasuk para pemenang penghargaan seperti Lewis Capaldi, Dave, Billie Eilish, Mabel, Stormzy dan Celeste, ditambah Harry Styles dan rapper, penyanyi asal AS, Lizzo.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

We The Fest 2020

We The Fest 2020 Home Edition Mengobati Kerinduan Festival Musik Secar...

Lewis Capaldi. We The Fest 2020 Virtual Home Edition hari pertama, 26 September dan kedua, 27 September telah resmi digelar. Dengan tetap membawakan pengala

on Sep 30, 2020
The 1975

Industri Musik Inggris dan 700 Artis Lebih Bersatu Untuk Perangi Keben...

The 1975. (Foto: Jordan Hughes). Lebih dari 700 anggota komunitas musik Inggris, termasuk artis, manajer, eksekutif di perusahaan rekaman, agensi, industri

on Aug 3, 2020
Stererophonics dan Lewis Capaldi

Stererophonics dan Lewis Capaldi Dikritik Karena Tetap Konser di Tenga...

Stereophonics (Foto: Instagram.com/@stereophonicsofficial). Stereophonics menuai protes dan cacian karena menggelar konser di tengah merebaknya himbauan unt

on Mar 21, 2020
TikTok Brit Awards 2020

Inilah Cara TikTok Menggunakan Brit Awards 2020 Untuk Menambah Kredibi...

Di Brit Awards 2020 kemarin (18 Februari) TikTok akan membuat kehadirannya terasa besar melalui pengambilalihan secara live yang akan diamplifikasi langsun

on Feb 19, 2020