×
×

Search in Mata Mata Musik

LG Petrov (Entombed A.D.), Vokalis Death Metal Legendaris Tutup Usia

Posted on: 03/8/21 at 6:00 pm

LG Petrov (Entombed A.D.), Vokalis Death Metal Legendaris Tutup Usia
LG Petrov. (Foto: Maciej Pieloch).

Langit kancah musik death metal berubah menjadi lebih gelap setelah salah satu pahlawannya telah gugur. Lars-Goran Petrov atau yang lebih sering disebut LG Petrov telah meninggal dunia pada Minggu malam, 7 Maret 2021. Di usia 49 tahun, LG gugur di medan pertempuran melawan penyakit kanker yang dideritanya sejak didiagnosa tujuh bulan lalu.

Baca juga: Penyebab Kematian Resmi Alexi Laiho Telah Diungkap Janda Sahnya

Obituarinya pertama kali diumumkan melalui media sosial bandnya, Entombed A.D pada hari ini, Senin, 8 Maret yang menuliskan:

Kami sangat terpukul mengumumkan bahwa teman tercinta kami Lars-Göran Petrov telah meninggalkan kami.⁣⁣
⁣⁣⁣⁣
Saudara laki-laki kami, pemimpin, vokalis, Chief Rebel Angel kita melakukan perjalanan lain tadi malam. Dengan kesedihan terdalam kami harus mengumumkan bahwa Lars-Göran Petrov telah meninggalkan kami. Dia adalah teman yang luar biasa, dan orang yang telah menyentuh begitu banyak orang. Dia telah mengubah begitu banyak kehidupan dengan suaranya, musiknya, karakternya, dan kepribadiannya yang unik. Senyuman LG adalah sesuatu yang akan kami bawa selamanya di hati kami. Ketika ditanya dalam suatu wawancara apa yang ingin dia tulis di kuburannya dan bagaimana dengan warisannya, dia mengatakan: “Saya tidak akan pernah mati, itu tidak akan pernah mati”. Dan kamu tidak mati. Kamu akan hidup selamanya di hati kami. ⁣⁣⁣⁣
⁣⁣
MENINGGAL DUNIA. LG Petrov.

⁣We are devastated to announce that our beloved friend Lars-Göran Petrov has left us.⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ Our brother, leader,…

Posted by Entombed A.D. on Monday, March 8, 2021

Pada 9 Agustus 2020, Entombed A.D. telah mengumumkan berita menurunnya kesehatan LG karena kanker melalui media sosial.

“Berita sedih… LG Petrov telah terkena kanker dan dia menjalani perawatan chemo untuk mencoba dan mengendalikannya. Pikiran dan kekuatan kami ditujukan untuk saudara kami. Jika kamu ingin mendukungnya di masa sulit ini, klik link berikut dan jangan ragu untuk berdonasi. #fuckcancer #fightforlifeandmetal”

Sad news.. LG Petrov has been struck by cancer and he is undergoing chemo treatment to try and control it. Our thoughts…

Posted by Entombed A.D. on Sunday, August 9, 2020

Dalam pesan di halaman GoFundMe-nya, LG menulis: “Saya telah terkena kanker yang tidak bisa disembuhkan (gallvägscancer dalam bahasa Swedia), dan telah berjuang melawannya selama beberapa saat sekarang. Penyakit itu tidak dapat dihapus tetapi para dokter mencoba untuk mengendalikannya dengan terapi chemo. Hidup berubah menjadi aneh…”.

LG saat itu sedang berjuang melawan kanker saluran empedu (juga disebut “kolangiokarsinoma”), yang sangat jarang terjadi. Pada kebanyakan pasien, tumornya tidak dapat diangkat seluruhnya dengan pembedahan dan tidak dapat disembuhkan. Tindakan paliatif seperti reseksi, terapi radiasi atau prosedur stenting dapat mempertahankan drainase bilier yang memadai dan memungkinkan peningkatan kualitas hidup.

LG Petrov, Vokalis Sejati Entombed

Formasi Entombed album Left Hand Path circa 1990. (Foto: Earache Records).

LG Petrov adalah tokoh penting dalam pembentukan sejarah extreme metal khususnya death metal di Eropa dan dunia. Nama LG paling dikenal di seluruh dunia selama menjabat sebagai vokalis Entombed, band death metal legendaris yang terbentuk di Stockholm, Swedia pada tahun 1987 dengan nama Nihilist.

Sebelum direkrut menjadi vokalis Nihilist, LG merupakan dramer Morbid, band yang dimotori oleh vokalis Per Yngve Ohlin alias Dead, yang kemudian bergabung dengan komplotan black metal sensasional Norwegia, Mayhem sebelum akhirnya mati bunuh diri secara tragis.

Nama LG yang lahir 17 Februari 1972 ini melesat seiring dengan meledaknya album perdana Entombed, Left Hand Path yang dirilis oleh Earache Records pada 1990. Album yang masuk dalam daftar 10 besar “Album Death Metal Terbaik dan Esensial Sepanjang Masa” oleh banyak sekali majalah metal terkemuka.

Artwork sampul album Left Hand Path yang digambar oleh Dan Seagrave.

Namun pada tahun 1991, LG dipaksa untuk berhenti dari Entombed, karena sempat ada “gesekan” dengan dramer Nicke Andersson. Walhasil, di album kedua, Clandestine, Entombed tampil dengan vokalis baru, Johnny Dordevic. Selama absennya, LG sempat berkontribusi vokal untuk album debut milik sesama band death metal Swedia, Comecon, Megatrends in Brutality. Pada tahun 1992, LG kembali ke Entombed.

Pada 2014, Entombed A.D. dibentuk oleh formasi Entombed yang tersisa pada saat itu, minus gitaris Alex Hellid, yang memutuskan untuk berpisah dengan personel band lainnya.

LG juga merupakan vokalis dari supergrup death metal bernama Firespawn, yang menampilkan Victor Brandt (juga dari Entombed A.D.), dan personel Necrophobic, Unleashed, dan Dark Funeral.

“(Entombed dan Entombed A.D. adalah) hal yang sama, hanya beberapa komplikasi kecil dalam perjalanan (kami),” kata LG kepada Rauta Finlandia. “Tetapi kami di sini dan bermain musik dan headbanging, dan itu yang paling penting. Tetapi sama saja kok. Sama saja”.

LG menambahkan bahwa doi dan rekan bandnya “tidak memikirkan” sedikit perubahan pada nama bandnya. “Kami biarkan saja. Selama kami keluar, enggak ada yang bisa menghentikan kami”.

Ditanya apa yang menginspirasi LG untuk membuat musik dan menulis lirik akhir-akhir ini, sang vokalis menjawab: “Membosankan untuk duduk di rumah. Haha, enggak kok, lo selalu bisa produktif dan ikut tur dan enggak tidur. Tetapi itu semua enggak penting ketika lo datang ke konser dan lo melihat saudara-saudara lo pakai baju metal. Maka itu semua sepadan”.

Mengenai topik evolusi musik Entombed selama bertahun-tahun, LG mengungkapkan: “Seiring perjalanan hidup, lo mengalami hal-hal baru, lo ingin mencoba hal-hal lain, dan Entombed selalu berusaha melakukannya. Mungkin lebih dari untuk kebaikan kami sendiri kadang-kadang, tapi sekarang kami hanya akan terus terang dan kami melakukannya lagi-lagi dan lagi. Dan selama lo enggak bosan, lanjutkan saja. Jika lo bosan, lo harus berhenti. Lo enggak melakukannya karena… Jika lo enggak menyukainya, minggir dan biarkan saja”.

Baca juga: 12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Selamat beristrahat dengan damai, terima kasih atas semua karyamu, LG Petrov, vokalis sejati Entombed.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ed Sheeran bad habbits

    Ed Sheeran Enggak Nolak Bikin Album Death Metal, Suka Cradle Of Filth

    Ed Sheeran di dalam video klip 'Bad Habits' (Foto: via YouTube). Ed Sheeran, sang bintang pop beken kebangsaan Inggris yang mengcover lagu metal terdengar s

    on Jul 15, 2021
    Obscura 2021

    Obscura Bakar Semangat Fans Via 'Solaris' Untuk Album "A Valediction"

    Obscura (Foto: Vincent Grundke). Obscura meluncurkan konsep trilogi di album barunya yang memukau, A Valediction. Album studio keenam sekaligus yang pertama

    on Jul 3, 2021
    Obvurt

    Obvurt, Band Death Metal Kanada Konser Edukasi Pada Anak-Anak SD

    Obvurt saat konser di depan anak-anak SD (Foto: via YouTube). Obvurt, band death metal kelahiran Quebec, Kanada, membuat gebrakan yang tidak umum. Pasalnya,

    on Jul 2, 2021
    Carcass

    Carcass Umumkan Album Baru "Torn Arteries" dan Rilis Single Utamanya

    Carcass 2021 (Foto: Hannah Verbeuren/dok. Nuclear Blast). Carcass telah mengumumkan album studio ketujuh mereka yang telah lama ditunggu-tunggu, Torn Arteri

    on Jun 18, 2021