×
×

Search in Mata Mata Musik

Lihat Lebih Dekat Beberapa Penampil SXSW 2019!

Festival musik di SXSW adalah dimana kalian bisa menemukan banyak sekali band atau musisi yang terkurasi dengan baik dan memberikan suguhan menarik dengan gaya musik yang beraneka ragam. 

Oleh: Redaksi MataMata Musik. 

South by Southwest atau disingkat dengan SXSW disebut sebagai sarangnya indie rock — pada tahun 80an lebih akrab dengan sebutan alternative rock. Apa pun namanya, kalian akan banyak menemukan band atau musisi yang menyuguhkan musik-musik yang menarik  selama SXSW berlangsung, terutama di Red River District. Kami berikan lima penampil yang layak untuk dilihat lebih dekat! 

Laura Carbone

(Foto: Helen Sobiralski)

Berasal dari Berlin, Lauren Carbone merilis album keduanya, Empty Sea, di 2018 kemarin, yang waktu itu langsung hangat dibicarakan. Di album keduanya tersebut, Lauren Carborne memberikan komposisi musik yang lebih menghanyutkan — melodi pop dengan reverb berat, riff gitar berciri rock, bunyi noise sebagai latar.

Singkat kata, bayangkan Mazzy Star, Sonic Youth, dan The Doors berbagi tumpangan lift tanpa akhir dari kedalaman jurang menuju lapisan kedua atmosfer bumi dan kembali lagi.

Kidsmoke

(Foto: Google Images)

Dengan single “Take Me To The River” yang ditampilkan pada musim empat seri Black Mirror milik Nerflix, Kidsmoke mendobrak tahun 2018 dengan “Sister Sadness” yang berhasil membuat mereka masuk The Sunday Times sebagai “Breaking Act” dan diundang oleh Robert Smith untuk tampil di Festival Meltdown.  

Band asal Wales ini baru saja mengeluarkan “Rising Sun” sebagai jalan menuju LP pertama mereka yang rencananya akan dirilis tahun ini. Suguhan dreamy pop dari Lance, James, Sophie dan Ash ini sarat akan detail pop yang indah, progresi nada sempurna berpadu selaras dengan lirik-lirik manis yang membuat mabuk kepayang. 

Fontaines D.C.

Foto: via Instagram Fontaines D.C)

Debut album mereka, Dogrel akan dirilis lewat Partisan Records pada 12 April mendatang, tetapi lima sekawan ini sudah banyak menarik perhatian sejak setahun belakangan dengan beberapa kali melepas single, dan berkembang makin kuat di setiap rilisan tersebut. 

Suguhan post-punk otentik dilengkapi balutan lirik-lirik puitis yang menggambarkan kecintaan mereka terhadap akarnya, ditambah dengan Dan Carey sebagai produser Dogrel — dia juga menjadi produser Bloc Party, Bat for Lashes dan lainnya — Fontaines D.C adalah unit yang tidak bisa diabaikan! 

Suzan Köcher

(Foto: via Facebook Suzan Köcher)

Sementara Moon Bordeaux masih bersinar terang sejak dirilis dua tahun yang lalu, nampaknya pagi baru sudah datang bagi Suzan Köcher dan bandnya. “Peaky Blinders,” diambil dari bab kedua perjalanan psikedelik mereka, Suprafon yang saat ini masih disiapkan untuk pelepasannya. 

“Peaky Blinders” sedikit banyak menjadi gambaran seperti apa rilisan album mereka yang berikutnya, kental akan Krautrock, Psych-Folk dan French Pop — undangan ke sebuah dunia yang masih memiliki waktu untuk pengalaman yang tak terlupakan. Mari pergi ke tempat jauh yang terdekat bersama Suzan Köcher dan musiknya. 

Go Fever

(Foto: Google Images)

Sebagian besar musik mereka dipengaruhi oleh New Wave akhir 70-an, tetapi ada juga yang menggambarkan Go Fever sebagai titik pertemuan antara Courtney Barnett dan Tennis. Band yang merilis self-titled debut albumnya di tahun 2017 ini, kini tengah disibukan oleh rangkaian tur untuk EP mereka yang baru rilis awal Februari kemarin, Daydream Hawker. 

EP yang berisi  lima trek tersebut direkam di Public Hi-Fi, Austin, rekamannya dilakukan oleh Brad Bell — mengerjakan rekaman War On Drugs dan Arcade Fire — sedangkan proses mixing-nya dikerjakan oleh Ali Chant — pernah bekerja dengan PJ Harvey. 

Keterangan Foto Utama: SXSW 2019 digelar pada 8-17 Maret 2019 di Austin, Texas. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mumford & Sons dan HONNE Jadi Penampil Utama Neon Lights 2019-1

Mumford & Sons dan HONNE Jadi Penampil Utama Neon Lights 2019

Dijadwalkan berlangsung pada akhir pekan tanggal 23-24 November di Fort Canning Green, kedua band ini akan tampil di hari pertama festival. Tiket single da

on Jul 19, 2019
Pulau Di Video Promosi Fyre Festival Dijual

Pulau Di Video Promosi Fyre Festival Dijual

Pulau ini ditawarkan seharga $11,8 juta... Pulau pribadi di Kepulauan Bahama yang digunakan dalam video promosi Fyre Festival siap dijual. Diposting oleh ag

on Jul 14, 2019
Lagi-Lagi, Woodstock 50 Gagal Dapat Izin Venue!

Lagi-Lagi, Woodstock 50 Gagal Dapat Izin Venue!

Upaya festival untuk mendapatkan izin tampil di lokasi baru yang diusulkan, Vernon Downs di kota Vernon, Oneida County, New York, telah ditolak. Dan sedang men

on Jul 13, 2019
Woodstock di 3 Perayaan Paling Tak Terlupakannya

Woodstock di 3 Perayaan Paling Tak Terlupakannya

Berkumpul di lapangan terbuka dengan band favorit dan 100.000 orang lainnya, momen yang pasti dirindukan para penggila musik. Bayangkan lapangan luas, sound

on Jul 13, 2019