×
×

Search in Mata Mata Musik

Lil Nas X & MSCHF Dituntut Nike Karena Ilegal Merilis “Sepatu Setan”

Posted on: 04/8/21 at 12:00 pm

Lil Nas X & MSCHF Dituntut Nike Karena Ilegal Merilis "Sepatu Setan"
Lil Nas X dan “Satan Shoes”. (Foto: MSCHF).

Rapper muda Lil Nas X justru menyebabkan lebih banyak kontroversi menggunakan citra “satanik” daripada band black metal mana pun dalam beberapa dekade terakhir. Sejak peluncuran lagu barunya, ‘Montero (Call Me By Your Name)’, yang menampilkan adegan rapper gay itu melakukan lap dance kepada raja setan.

Baca juga: Lil Nas X Didukung Gereja Setan Untuk “Satan Shoes” Yang Kontroversial

Sebagai bagian dari tema lagu bernuansa neraka tersebut, Lil Nas X merilis 666 pasang edisi terbatas “Sepatu Setan”. Yang merupakan sepatu kets Nike yang dimodifikasi desainnya oleh MSCHF Product Studio.

Gara-gara itu, Nike mendapat publisitas bercitra buruk karena terkait erat dengannya dan memutuskan untuk menuntut Lil Nas X. Untungnya sekarang, masalah tersebut telah diselesaikan dan penarikan kembali tuntutannya pun telah diperintahkan.

Nike merasa terdapat gelombang kebingungan dan publisitas yang negatif terkait dengannya. Brand sepatu kets legendaris itu lantas menggugat dengan mengatakan bahwa Lil Nas X telah menciptakan kebingungan di arena pasar. Dan kemudian mengajukan mosi untuk perintah penahanan sementara dan perintah pendahuluan.

Pengacara berpengaruh kuat dari pihak MSCHF berpendapat bahwa sepatu itu “bukan sepatu kets biasa, melainkan karya seni bernomor individual yang dijual kepada kolektor masing-masing seharga US$ 1.018”.

Nike membalas dengan mengatakan bahwa mereka “menyerahkan bukti bahwa ‘sneakerhead’ (penggemar sepatu kets) yang cerdas pun bingung”. Dengan mengatakan bahkan ada pemboikotan terhadap Nike yang dimulai. “Kami telah mengirimkan banyak bukti bahwa beberapa konsumen mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah membeli sepatu Nike lagi. Tidak ada garis terang selain brand-nya yang lebih terkenal. Dan menurut kami swoosh Nike adalah salah satu brand paling terkenal sepanjang masa – semakin banyak perlindungan yang diberikan”.

MSCHF x Lil Nas X Mengalah

Penyelesaian hukumnya dicapai di luar pengadilan. Dan sekarang MSCHF bersedia memberikan pengembalian dana kepada pembeli yang mengirim kembali sepatu kets setan mereka.

“MSCHF mengubah sepatu ini tanpa izin Nike,” kata perusahaan itu dalam suatu pernyataan yang dilaporkan oleh The Verge. “Sebagai bagian dari penyelesaian, Nike telah meminta MSCHF, dan MSCHF telah setuju, untuk memulai penarikan kembali secara sukarela untuk membeli kembali Sepatu Setan… untuk menghapusnya dari peredaran”.

Jika ada pembeli yang bingung, Nike mengatakan mereka dapat mengembalikan sepatu mereka untuk mendapatkan pengembalian uang penuh. “Pembeli yang memilih untuk tidak mengembalikan sepatu mereka dan kemudian menghadapi masalah produk, cacat, atau masalah kesehatan harus menghubungi MSCHF, bukan Nike. Saya yakin mereka tidak khawatir”.

MSCHF kemudian membuat pernyataan. “Setelah mencapai tujuan artistiknya, MSCHF menyadari bahwa penyelesaian adalah cara terbaik untuk memungkinkannya mengajukan gugatan ini di belakangnya sehingga dapat mendedikasikan waktunya untuk proyek artistik dan ekspresif baru”.

Baca juga: Rihanna Rekrut A$AP Rocky dan Lil Nas X Untuk Kampanye Skincare Fenty Beauty

Ya sudah sih, kenapa enggak Nike dan MSCHF resmi berkolaborasi saja? Produksi Sepatu Setan secara lebih massal dan didistribusikan ke seluruh dunia. Sudah terbukti sukses ‘kan sudah walau limited edition. Cek foto-foto detail sepatu setan di bawah ini deh, desainnya ajib.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lil Nas X

    Lil Nas X Didukung Gereja Setan Untuk "Satan Shoes" Yang Kontroversial

    Lil Nas X bersama Satan Shoes. (Foto: MSCHF). Sepatu Setan berisi setetes darah manusia karya Lil Nas X terus memicu reaksi keras dari tokoh-tokoh konservat

    on Mar 31, 2021
    Billie Eilish - Lizzo - Taylor Swift - Lil Nas X

    Silakan Intip Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

    Dua minggu sebelumnya, iHeartMedia telah mengumumkan bahwa pemenang iHeartRadio Music Awards 2020 akan diumumkan untuk pertama kalinya pada siaran akhir pe

    on Sep 7, 2020
    Rihanna

    Rihanna Rekrut A$AP Rocky dan Lil Nas X Untuk Kampanye Skincare Fenty ...

    Rihanna. (Foto: Samir Hussein/Getty Images). Rihanna secara resmi mengumumkan peluncuran koleksi skincare alias perawatan kulit terbarunya bernama Fenty Ski

    on Jul 21, 2020
    TikTok

    Pemerintahan Donald Trump Pertimbangkan Akan Melarang TikTok di AS

    Menurut Sekretaris Negara Mike Pompeo, Administrasi Pemerintahan Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk melarang penggunaan TikTok di Amerika Serikat (

    on Jul 8, 2020