×
×

Search in Mata Mata Musik

Lil Nas X, Normani, Maluma Masuk Daftar 30 Under 30 Music Forbes

Posted on: 12/4/19 at 5:04 pm

Bagi Lil Nas X, jalan menuju ketenaran dan kekayaan bisa dibilang cukup singkat. Bulan Desember tahun lalu, dia mengunggah “Old Town Road” ke layanan musik independen Amuse. Lagu itu kemudian menjadi viral pada musim semi, dan memasuki musim panas, dia sudah mengantongi kontrak rekaman besar dan serangkaian remix yang semakin mendorong popularitas lagu dan menjadikannya jutawan muda.

Baca juga: Lagu Lil Nas X “Old Town Road” Kantongi Sertifikat Diamond RIAA

“Dia punya banyak potensi [untuk mencapai lebih banyak],” kata rapper 21 Savage. “Dia memecahkan semua jenis rekor dengan satu lagu—lagu pertamanya.”

Lil Nas X
Lil Nas X menghadiri American Music Awards 2019. (Foto: Emma McIntyre/Getty)

Jadi tidak mengherankan melihat nama Lil Nas X bersanding dengan bintang-bintang muda lainnya seperti Normani dan Maluma dalam daftar 30 Under 30 Music Class of 2020 versi Forbes. 

Tahun ini, daftar tersebut dipilih oleh panel juri alumni termasuk 21 Savage, The Chainsmokers, manajer Adriana Arce dan penulis lagu Michaela “Mickey” Shiloh. Agar dapat masuk daftar itu, kandidat harus berusia di bawah 30 tahun pada 31 Desember 2019, dan tidak pernah muncul di daftar Under 30 sebelumnya.

Baca juga: “Rodeo” Milik Lil Nas X & Cardi B Dituduh Melanggar Hak Cipta

Seperti Lil Nas X, Normani juga sudah memasuki status superstar. Setelah sukses berkolaborasi dengan alumni Under 30 seperti Khalid dan Calvin Harris, dia berduet dengan Sam Smith di “Dancing With a Stranger,” yang menjadi lagu yang paling banyak diputar di radio seluruh dunia di 2019. Sejak meluncurkan karier solonya tahun lalu, dia telah mengantongi lebih dari 3 miliar streams.

Normani
Bubarnya Fifth Harmony menjadi berkah bagi karier Normani. (Foto: Getty Images)

“Sementara sebagian besar bintang pop hanyalah boneka, Normani memiliki pengetahuan bisnis yang luar biasa dan pikiran kreatifnya sendiri,” jelas Shiloh.

Tidak hanya musisi, daftar tahun ini juga menghadirkan nama-nama dari profesi lainnya dalam bisnis musik, termasuk Brandon Silverstein (manajer Normani) dan Zachary Kardisch (manajer Lil Nas X) serta beberapa agen (Sarah Tehrani dari WME dan Joseph Harris dari CAA) dan eksekutif (Glenne Christiaansen dari Apple dan Gabz Landman dari Warner).

Baca juga: Umumkan Rehat dari Musik, Lil Nas X Batalkan 2 Pertunjukan Live

Dari segi genre, hip-hop sangat terwakili dengan hadirnya beberapa pendatang baru termasuk Megan Thee Stallion, DaBaby dan Tierra Whack. Sementara itu, Luke Combs dan Carly Pearce mewakili country.

Maluma
Maluma mewakili genre reggaeton dalam daftar 30 Under 30 Musik versi Forbes (Richard Shotwell/Invision/AP/REX/Shutterstock)

Daftar ini juga mencakup genre yang berasal dari luar AS. Maluma, penyanyi reggaeton berusia 25 tahun asal Kolombia, berhasil menembus daftar ini. Sejauh ini dia memiliki empat single di Top 10 tangga lagu Billboard, memenangkan satu Latin Grammy dan masuk nominasi Best Latin Pop Album pada Grammy Awards 2019. “Maluma adalah kekuatan yang harus diperhitungkan,” kata The Chainsmokers. “Kreativitas dan keterampilannya di atas panggung tidak tertandingi tahun ini.”

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DMX

    DMX, Rapper Legendaris New York Meninggal Dunia Di Usia 50 Tahun

    DMX (Foto: via Wikipedia). Berita duka menyelimuti kancah musik internasional terutama hip hop. Rapper legendaris New York DMX telah meninggal dunia setelah

    on Apr 10, 2021
    Maltha

    Maltha, Mantan Dramer Metal Lepas Single Ballad Solonya, 'But Why'

    Perkenalkan penyanyi pendatang baru dari kota Jember, Jawa Timur. Nama Maltha Hilda atau cukup dipanggil Maltha saja. Belum lama ini, doi merilis single te

    on Apr 9, 2021
    Lil Nas X

    Lil Nas X & MSCHF Dituntut Nike Karena Ilegal Merilis "Sepatu Setan"

    Lil Nas X dan "Satan Shoes". (Foto: MSCHF). Rapper muda Lil Nas X justru menyebabkan lebih banyak kontroversi menggunakan citra "satanik" daripada band blac

    on Apr 8, 2021
    Sindy Amani

    Sindy Amani Rilis EP "Never Good Enough" Setelah Sukses Di Spotify

    Setelah single 'Is It Wrong to Loving You' yang baru-baru ini meraih 1 juta streams di Spotify, Sindy Amani akhirnya melepas mini album alias EP perdananya

    on Apr 3, 2021