×
×

Search in Mata Mata Musik

Lagu Lil Nas X “Old Town Road” Kantongi Sertifikat Diamond RIAA

Posted on: 10/25/19 at 1:24 pm

Lagu country-trap milik Lil Nas X bersama Billy Ray Cyrus menjadi salah satu dari hanya 32 lagu yang mendapat sertifikat Diamond dari Recording Industry Association of America.

Baca juga: “Rodeo” Milik Lil Nas X & Cardi B Dituduh Melanggar Hak Cipta

Lil Nas X terus mencatatkan pencapaian gemilang di industri musik. Lagu viralnya “Old Town Road,” yang menampilkan Billy Ray Cyrus, kini dinobatkan sebagai lagu tercepat yang meraih sertifikat Diamond dari Recording Industry Association of America (RIAA), menurut lansiran Billboard.

Lagu beraliran country-trap itu berhasil mencapai angka penjualan sebesar 10 juta unit (termasuk penjualan setara streaming) sehingga memenuhi syarat untuk mendapat sertifikat Diamond.

Seperti yang diungkapkan juru bicara RIAA, “Old Town Road” menjadi lagu ke-32 yang meraih status Diamond dalam lebih dari 60 tahun berjalannya program Gold dan Platinum RIAA. 

“Old Town Road” mengantongi status bergengsi ini hanya dalam enam bulan sejak dirilis pada April lalu.

Lil Nas X merilis versi orisinal “Old Town Road” pada Desember 2018.

Lagu yang menjadi viral setelah beredar di aplikasi TikTok ini kemudian memicu bahasan besar tentang rasisme di kancah musik country setelah dihapus dari tangga lagu Hot Country Songs Billboard pada bulan Maret. 

Baca juga: Umumkan Rehat dari Musik, Lil Nas X Batalkan 2 Pertunjukan Live

Billboard mengeklaim lagu ini tidak “merangkul cukup banyak elemen musik country saat ini,” dan kemudian membantah bahwa keputusan itu ada hubunganya dengan isu ras. 

Menyusul kontroversi seputar penghapusan “Old Town Road” dari tangga lagu country Billboard, Cyrus terang-terangan melontarkan dukungannya terhadap Lil Nas X. Keduanya lalu berkolaborasi untuk merilis remix lagu yang menampilkan vokal veteran musik country itu pada bulan April.

Bulan Juli, “Old Town Road” memecah rekor sebagai lagu dengan minggu berturut-turut terlama di puncak tangga lagu Billboard Hot 100.

Selamat buat Lil Nas X serta Billy Ray Cyrus!

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Vinyl Revival

Vinyl Revival: Akhirnya Mengalahkan Penjualan CD Sejak 34 Tahun Silam ...

Foto: Andrey Danilovich/Getty Images/iStockphoto. Setelah vinyl sempat lama punah digantikan oleh CD dan kemudian semua album rekaman fisik tersebut tergeru

on Sep 11, 2020
Billie Eilish - Lizzo - Taylor Swift - Lil Nas X

Silakan Intip Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

Dua minggu sebelumnya, iHeartMedia telah mengumumkan bahwa pemenang iHeartRadio Music Awards 2020 akan diumumkan untuk pertama kalinya pada siaran akhir pe

on Sep 7, 2020
Clayton Gardner

Penyanyi Country Clayton Gardner Dibatuki Oleh Fan Cewek Saat Konser

Clayton Gardner. (Foto: via Twitter/@ClaytonGardner). Pada tanggal 17 Juli lalu, penyanyi country Clayton Gardner melakukan konser outdoor untuk audiens kec

on Jul 23, 2020
Rihanna

Rihanna Rekrut A$AP Rocky dan Lil Nas X Untuk Kampanye Skincare Fenty ...

Rihanna. (Foto: Samir Hussein/Getty Images). Rihanna secara resmi mengumumkan peluncuran koleksi skincare alias perawatan kulit terbarunya bernama Fenty Ski

on Jul 21, 2020