×
×

Search in Mata Mata Musik

Lil Wayne Cerita Dulu Waktu Kecil Nyawanya Pernah Ditolong Polisi Kulit Putih

Posted on: 06/8/20 at 7:30 am

Lil Wayne.
Lil Wayne. (Foto: Gonzalo Marroquin/Getty Images for American Eagle).

Lil Wayne berbicara tentang beberapa pengalaman berbeda yang dia jalani dengan penegak hukum pada episode terbaru dari acara Young Money Radio milik Apple Music. Rapper kawakan itu menjelaskan perasaannya tentang polisi mengingat kematian tragis George Floyd dan protes nasional terhadap rasisme dan kebrutalan polisi yang terjadi setelahnya.

“Hidupku pernah diselamatkan ketika aku masih muda,” ujar Lil Wayne saat mengingatkan para pendengar di acaranya. “Aku waktu itu sepertinya berusia 12 tahun atau lebih. Aku menembak diri aku sendiri. Aku diselamatkan oleh polisi kulit putih, (bernama) Paman Bob. Jadi kamu harus mengerti… Kamu harus memahami cara aku memandang polisi, titik. Aku dulu diselamatkan oleh seorang polisi kulit putih”.

Baca Juga: Dulunya Seorang Rapper, George Floyd Warisi Scene Hip-Hop Di Houston, Texas

Lil Wayne kemudian melanjutkan, “Ada sekelompok polisi kulit hitam yang hanya melompatiku ketika mereka melihat aku di pintu itu, berbaring di lantai dengan lubang di dadaku. Mereka menolak (untuk menolong). Para polisi kulit hitam itu melompatiku, dan masuk menelusuri rumah, dan bilang, ‘Kami menemukan pistol, kami menemukan ini, kami menemukan itu’. Tetapi, dia (Paman Bob) mengatakan, ‘Aku menemukan anak ini di lantai. Aku harus membawanya ke rumah sakit’. Dia tidak menunggu ambulans. Dia mengambil mobilnya sendiri. Dia membuat seseorang mengemudikannya, dan dia memastikan bahwa aku hidup”.

Fans mungkin ingat saat Lil Wayne dulu berbicara tentang pengalamannya dengan mantan perwira “Paman Bob” (bernama asli Robert Hoobler) di masa lalu, terutama dalam pidatonya di BET Hip-Hop Awards 2018, ketika dia melanjutkan ceritanya: “Dia sendiri yang membawaku ke rumah sakit. Dia menolak untuk menunggu, dia menendang pintunya. Dia berujar, ‘Kamu lakukan apa yang harus kamu lakukan dan kamu pastikan anak ini bertahan hidup’… Tidak hanya dia menolak untuk duduk, tidak hanya sekedar menyerahkanku ke dokter dan pergi, (tapi) dia menolak untuk pergi, dia tetap tinggal dan memastikan bahwa aku bertahan hidup”.

Tapi pengalaman Lil Wayne dengan polisi tidak hanya satu sisi.

“Aku berasal dari New Orleans (AS), jalan 17th dan High Grove. Kami memiliki suatu istilah yang disebut Jump Out Boys, di pusat kota New Orleans. Itu (maksudnya adalah) polisi,” ujar Lil Wayne di Young Money Radio menjelaskan. “Mereka mendatangimu, mereka sudah membuka sedikit retakan di pintu (mobil), mereka sudah siap membukanya. Itu sebabnya kami memanggil mereka Jump Out Boys, karena kamu mungkin berpikir itu hanya mobil polisi yang mengelilingi blok/komplek – tidak, mereka akan (tiba-tiba) berhenti, boom. Itu seperti, kamu pernah melihat mobil badut ‘kan – ketika seorang badut muncul dengan mobil kecil dan ada 30 di antaranya yang keluar dari mobil, seperti ada 30 badut. Begitulah rasanya, itu seperti satu mobil polisi kecil berhenti, tetapi kedua pintu mereka sudah retak terbuka di kedua sisinya. Bop, segera setelah mereka berhenti, bop, mereka melompat keluar. Begitu banyak dari mereka yang melompat keluar, dan mereka tidak berlari menghampirimu untuk menanyakan kepada kamu siapa nama kamu dan bagaimana kabarmu dan bagaimana harimu. Tidak, mereka tidak mendatangimu karena itu. Mereka tidak membuka pintu mereka sia-sia. Mereka tidak sedang dalam perang atau apa lah, mereka hanya mengelilingi lingkungan. Mengapa pintu mereka perlu terbuka, aku tidak yakin. Itulah yang kami harus lalui saat tumbuh besar, hal-hal seperti itu”.

Lil Wayne kemudian berbagi pengalaman yang lebih baru mengenai rasisme, dan bagaimana polisi menangani situasi itu.

“Beberapa hari yang lalu aku sedang naik pesawat, pesawat pribadi, ingat ya, terima kasih Tuhan,” ujar sang rapper. “Aku menghabiskan begitu banyak (uang) untuk itu, dan aku telah bekerja keras untuk apa yang aku bisa hasilkan untuk membeli itu. Jadi sekarang aku punya pilot, [dan] aku membayar pilotku, jelas saja – ini adalah pesawat pribadi. Jadi aku punya semacam situasi di pesawatku. Pilotnya kebetulan orang Kaukasia (kulit putih). Aku pergi menghampirinya untuk berbicara dengannya. Dia memberi tahu aku, ‘Keluar dari lorong dan kembali ke tempat duduk kamu’. Dia pasti mengira dia sedang menerbangkan United Airlines atau semacamnya, dia pasti lupa bahwa itu pesawat aku. Dia pasti lupa. Aku pikir apa yang terjadi adalah bahwa dia lupa, dia lupa apa yang sedang terjadi. Tapi, kamu tahu apa yang terjadi? Dia menyiapkan polisi yang menungguku ketika kami mendarat, menunggu aku turun. Untungnya polisi itu, mereka tidak lupa apa yang sedang terjadi, dan mereka membiarkan aku pergi ke rumah”.

“Jadi… sebelum kalian ingin berspekulasi tentang apa pun, pahamilah bahwa aku juga pernah melalui berbagai situasi, dan kita semua mendapatkan situasi kita sendiri, jadi jangan menilai atau menghakimi siapa pun tanpa alasan, untuk karena bagaimana atau apa pun, jangan menghakimi. Urusi diri kamu sendiri. Jadi diri kamu sendiri. Membantu dengan cara apa pun yang kamu inginkan, apa pun yang kamu bisa,” ujar Lil Wayne.

Tonton cuplikan cerita Lil Wayne selama siaran Young Money Radio yang dimaksud di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Wiesa Tamin X Zoe Levana

    WTXZL: Wiesa Tamin X Zoe Levana Debutkan 'FRIENDS:)', Single Hip Hop C...

    Zoe Levana dan Wiesa Tamin. (Foto: dok. WTXZL). WTXZL merupakan nama inisial untuk kolaborasi "Wiesa Tamin X Zoe Levana" yang mewakili dua generasi pengusun

    on Mar 5, 2021
    Djenks

    Djenks & Barisan Lintas Genre Tampil Di Album Kompilasi Soundemic Vol....

    Seperti halnya menggarap sebuah album musik, membuat album kompilasi juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika konten album tersebut memuat banyak l

    on Mar 4, 2021
    Meek Mill

    Meek Mill Didamprat Janda Alm. Kobe Bryant Karena Lirik Lagunya Yang M...

    Vanessa dan Kobe Bryant (Foto: via Instagram/@vanessabryant) / Meek Mill. Vanessa Bryant, janda mendiang superstar bola basket Kobe Bryant, baru-baru ini me

    on Feb 24, 2021
    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021