×
×

Search in Mata Mata Musik

Lizzo Hadapi Klaim Plagiarisme Kedua atas “Truth Hurts”

Posted on: 10/17/19 at 9:30 am

Justin Raisen mengatakan Lizzo dan produser Ricky Reed tidak mencantumkan namanya ataupun nama pembuat baris “100% that bitch” di kredit lagu dari 2017 tersebut.

Baca juga: Justin Timberlake Sebut Kolaborasi dengan Lizzo ‘Sangat Keren’

Penyanyi/rapper Lizzo (Melissa Vivianne Jefferson) dikenai tuduhan plagiarisme oleh Justin Raisen, menurut laporan The Guardian

Di Instagram, Raisen mengeklaim dirinya, Melissa Vivianne Jefferson, Jeremiah Raisen, Jesse Saint John, dan Yves Rothman menulis baris “I just took a DNA test, turns out I’m 100 percent that bitch,” untuk demo berjudul “Healthy.” Lirik yang sama muncul di single viral Lizzo, “Truth Hurts.”

“Kami tidak pernah dihubungi tentang kredit untuk penggunaan bagian ‘Healthy’ (melodi, lirik dan chord) yang muncul di ‘Truth Hurts,’” tulis Raisen. 

“Setelah menghubungi [penulis dan produser ‘Truth Hurts’] Ricky Reed dan tim rapper wanita ini tentang memperbaiki hal itu, kami mempersoalkan lagu itu di 2017 saat lagu itu keluar. Kami sudah coba menyelesaikan hal ini dengan diam-diam selama dua tahun terakhir, hanya meminta masing-masing [lima persen] tapi selalu ditolak.”

Baca juga: Lizzo Berjaya di Puncak Billboard Hot 100 dengan “Truth Hurts”

Raisen melanjutkan, “Hal terakhir yang ingin kami lakukan adalah membawa negativitas apa pun ke dalam momentum dan gerakan Lizzo sebagai tokoh budaya.” 

Dia juga membagikan klip yang membandingkan demo “Healthy” dengan “Truth Hurts.” Lihat postingan lengkapnya berikut ini.

Dalam pernyataan yang ditujukan ke The New York Times, Cynthia S. Arato (pengacara Lizzo) menegaskan, “Raisen bersaudara bukan penulis ‘Truth Hurts.’” 

Arato melanjutkan, “Mereka tidak berkolaborasi dengan Lizzo atau siapa pun untuk menciptakan lagu ini, dan mereka tidak membantu menulis materi apa pun yang sekarang mereka coba dapatkan bagiannya. Itu sebabnya mereka dengan tegas menolak klaim atas karya tersebut, secara tertulis, beberapa bulan lalu.”

Dalam postingannya, Justin Raisen menyebutkan cuitan dari bulan Februari 2017 milik penyanyi Mina Lioness yang berbunyi, “I did a DNA test and found out I’m 100% that bitch.” Raisen mengatakan, “Meme itu muncul dalam sesi penulisan kami dan menginspirasi lirik dan melodi yang kami tulis bareng.”

Baca juga: Lizzo & AB6IX Bersatu di Remix Baru “Truth Hurts”

Pada Feburari 2018, Mina Lioness menegur Lizzo di Twitter, “Kita tidak punya ide yang sama, itu cuitan saya yang diambil dari Twitter dan dimasukkan ke dalam lagu,” dan, “Sekarang orang-orang percaya itu kata-katamu, padahal sebenarnya itu punya saya. Kreativitas saya, kecerdasan saya dan komedi saya.”

Lizzo kemudian membalas, “Omong-omong, ‘Truth Hurts’ ditulis bulan Juni— seseorang membuat meme di IG yang mengatakan ‘I’m 100% that bitch’ dan kami terinspirasi, saya memberikan meme itu kredit ketika saya membahas tentang pembuatan lagu itu. Saya tidak pernah melihat cuitan viralmu tapi saya senang itu ada.”

Bulan Juni lalu, menurut laporan The Blast, Melissa Vivianne Jefferson mengajukan permohonan untuk memberikan trademark ke frasa “100% That Bitch.”

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Onomastika

Onomastika Rilis Video Musik 'Bukan Pelacur' Ode Untuk Kaum Terstigma ...

Onomastika. Pandemi melanda nyaris di semua bidang termasuk scene musik. Panggung-panggung menjadi kosong tanpa performa musisi. Namun  bagaimanapun pr

on Sep 29, 2020
Mariah Carey

Mariah Carey Diam-Diam Pernah Membuat Album Alternative Rock!

Mariah Carey circa 1995. (Foto: via Frank Micelotta Archive/Getty Images). Hari ini, 29 September, Mariah Carey meluncurkan buku baru sekaligus buku memoar

on Sep 29, 2020
Dhora Bongs dan Murei

Dhira Bongs & Murei Kampanyekan Rasa Syukur Lewat 'Not an Ordinary Fai...

Dhira Bongs dan adiknya, Murei. Setelah November 2019 lalu, Dhira Bongs merilis single 'Sungguh Terlalu', Dhira kembali merilis single kedua pada 25 Septemb

on Sep 25, 2020
Sangkara

Sangkara Lampiaskan Kegeramannya Lewat 'Oh Corona', Single Teranyarnya

Gerry Anake dan Alvin Silalahi. Duo pop Sangkara kembali merilis single terbarunya yang berjudul 'Oh, Corona' pada tanggal 11 September 2020, hanya berjarak

on Sep 25, 2020