×
×

Search in Mata Mata Musik

Lizzo Kantongi 2 Titel Entertainer of the Year Sekaligus!

Posted on: 12/12/19 at 9:01 pm

Tahun lalu, mungkin hanya segelintir orang yang tahu tentang Lizzo. Tapi sekarang, kalau ada yang bertanya siapa Lizzo, kemungkinan mereka akan disuguhkan dengan lagu ‘Truth Hurts’ atau ‘Good as Hell’ sebagai jawabannya. Perubahan yang drastis dalam popularitasnya pun menjadikannya dinobatkan sebagai Entertainer of the Year.

Baca juga: Lizzo Bahas Nominasi Grammy, BTS-Halsey Tampil Memukau di Jingle Ball

2019 menjadi tahun yang luar biasa bagi Lizzo

Lizzo memulai tahun 2019 dengan level ketenaran yang bisa dibilang lumayan. Namun segalanya perlahan mulai berubah bagi penyanyi bernama asli Melissa Viviane Jefferson ini setelah dia diberi kesempatan tampil dengan Janelle Monae di Coachella. Dari ‘Truth Hurts’ – lagunya dari tahun 2017 – yang mendominasi tangga lagu hingga peluncuran album barunya, ‘Cuz I Love You’, Lizzo tiba-tiba menjadi artis ‘baru’ favorit semua orang.

Dari situ, semuanya menjadi lebih baik lagi. Lizzo sukses menggelar tur solonya, mempertahankan posisinya di puncak tangga lagu selama beberapa minggu, dan menjadi tamu wajib di berbagai acara penghargaan. Dia bahkan menyabet lebih banyak nominasi Grammy daripada musisi lain tahun ini, dengan total delapan nominasi. Orang-orang seolah terus haus akan kehadiran Lizzo.

Lizzo dinobatkan sebagai Entertainer of the Year oleh majalah Time

Jadi tidak mengherankan saat Lizzo dinamai sebagai Entertainer of the Year oleh majalah Time. Meskipun telah bertahun-tahun berusaha menembus pasar mainstream, pergerakan kariernya ke puncak kali ini sangat luar biasa. Samantha Irby, penulis yang belum lama ini mewawancarai Lizzo, memuji pesan positif di balik lirik-lirik Lizzo:

“Menghadiri konser Lizzo terasa seperti beribadah di gereja yang menyerukan kecintaan pada diri sendiri, kalau pengkhotbahmu adalah bintang pop yang hidup gembira dengan tubuh hitam besarnya, menyampaikan khotbah tentang penerimaan diri yang jujur dan mudah dicerna”.

Lizzo tentang ketenarannya di 2019

Memang, pesan Lizzo sangat jelas. Dan tidak ada yang berubah dari hal itu sejak awal. “Saya sudah lama membuat musik yang positif. Kemudian budayanya berubah,” ungkapnya dalam wawancara untuk Time.

Baca juga: Lizzo, Billie Eilish & Camila Cabello Akan Tampil di AMA 2019

“Ada banyak hal yang tidak populer tetapi eksis, seperti kepositifan tubuh, yang pada awalnya adalah bentuk protes terhadap tubuh gemuk dan perempuan kulit hitam dan sekarang menjadi hal yang trendy dan dikomersialkan. Sekarang saya menyaksikannya menjadi mainstream,” tambahnya.

Lizzo juga dinamai sebagai salah satu Entertainer of the Year versi Entertainment Weekly

Time baru mengumumkan Lizzo sebagai Entertainer of the Year pada 11 Desember kemarin. Anehnya, itu adalah tanggal yang sama di mana Entertainment Weekly memutuskan untuk mengungkap daftar Entertainer of the Year versi mereka. Dan di antara nama-nama itu, muncul pula nama Lizzo.

Selain Lizzo, sejumlah bintang fenomenal lainnya juga hadir, termasuk aktris Awkwafina, Renée Zellweger, Regina King, hingga aktor-sutradara Taika Waititi.

Lizzo tentang memancarkan kecintaan pada diri sendiri

Beberapa dari kita mungkin pernah bertanya-tanya apa yang menjadi inspirasi di balik pesan-pesan positif Lizzo. Belajar merangkul dirinya sendiri, dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. 

Baca juga: Lizzo Lagi-Lagi Kena Tuduhan Plagiarisme, Kali Ini untuk Lagu “Juice”

Dia membahas hal ini dalam wawancaranya dengan Entertainment Weekly, dengan mengatakan, “Kecintaan pada diri sendiri bukanlah delusi. Setiap hari saya harus mengingatkan diri saya untuk melihat diri di cermin fisik, cermin emosional dan cermin spiritual”.

Lizzo melanjutkan, “Tapi saya tidak merasa, ‘Apakah saya terlihat seperti model ini atau aktris ini?’ Saya harus mengikuti standar saya sendiri. Jadi, apakah saya Lizzo yang sama dengan tahun lalu saat saya melakukan juice cleanse dan berolahraga enam kali seminggu dengan pelatih saya? Tidak. Tapi apakah saya orang yang keren? Ya!”.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Saska Diandra

Solois Saska Diandra Visualkan Amarah & Anxiety Lewat MV ‘Doa Dicuku...

Saskia Diandra. Nggak butuh waktu lama bagi Saska Diandra untuk kembali merilis MV (Music Video) untuk lagunya yang berjudul ‘Doa Dicukupkan’. Hanya sel

on Dec 3, 2020
Orkes Kedai Sarinah

Orkes Kedai Sarinah, Unit Pop Era Indonesia Lawas Lepas Single Anyar '...

Orkes Kedai Sarinah. Orkes Kedai Sarinah adalah grup musik dengan konsep retrospektif dari Bekasi yang membawakan nuansa pop era 1950-an dan 1960-an dengan

on Dec 2, 2020
Mahen

Bintang Muda Mahen Kembali Ber-Pop Mellow Dengan Single Baru 'Cinta Se...

Mahen. (Foto: Indo Semar Sakti). Penyanyi muda dan salah satu best new comer, Mahen, belakangan memang menjadi perbincangan para penikmat musik Indones

on Dec 1, 2020
Fahem

Fahem Tenggelam Dalam 'Pool Of Regrets', Single Ke-4 Menuju EP Mendata...

Dua ribu dua puluh mungkin memang “tahunnya” Fahem. Produktivitas dan konsistensi dirinya menghasilkan karya patut diacungi jempol. Terbukti dalam wakt

on Dec 1, 2020