×
×

Search in Mata Mata Musik

Low Pink Kembali Dengan EP “Dominance” Yang Mengusung Psychedelic Pop

Posted on: 09/28/20 at 10:30 am

Low Pink Kembali Dengan EP  "Dominance" Yang Mengusung Psychedelic Pop
Low Pink. (Foto: Peter George).

Setelah empat tahun sejak mini album perdana Phases EP, proyek music bedroom bergenre psychedelic pop asal Jakarta, Low Pink kini mengumumkan rilisan terbarunya Dominance pada Jum’at, 25 September 2020. Berisi dua lagu baru yang berjudul ‘Keep Yourself Away’ dan ‘Feelings’, Dominance merupakan titik balik perubahan musikal Low Pink yang cukup signifikan. Jika dalam Phases EP Low Pink bermain-main dengan psychedelic rock yang mentah dan kasar, Dominance kini hadir lebih lembut dalam nuansa bedroom pop dengan sentuhan elektronik dan pop R&B yang kental namun tetap berhasil mempertahankan rasa psikadelia yang menjadi identitas Low Pink.

Baca juga: Bangkutaman Perkenalkan ‘Dinamika’, Single Baru Instrumental Jazz Psychedelia

Raoul Dikka, satu-satunya otak di balik proyek ini mengungkapkan dalam empat tahun jarak di antara materi-materinya, telah terjadi begitu banyak perubahan baik pada selera musiknya, visi dan pendekatan bermusiknya sebagai musisi dan produser, serta perjalanan Low Pink itu sendiri yang telah mengalami lima kali perubahan formasi, hingga kini berakhir dengan bentuk sejatinya: Raoul dan Raoul seorang diri.

Artwork cover mini album Low Pink Dominance.
Artwork cover mini album Low Pink Dominance.

Dalam Dominance, Raoul nggak mencoba menceritakan apa pun secara khusus, hanya catatan personal tentang orang-orang terdekat di kehidupannya. Dua lagu ini pun awalnya merupakan bagian dari empat lagu lain yang direncanakan sebagai mini album kedua Low Pink. Namun progresivitas Raoul dan segala perubahan-perubahan yang disebut sebelumnya, membuat doi memutuskan hanya merilis ‘Keep Yourself Away’ dan ‘Feelings’ karena dianggap merupakan dua lagu yang paling merepresentasikan musikalitasnya sekarang.

Raoul juga secara sadar memilih pendekatan baru dalam menulis dan memproduksi musiknya dengan harapan menjangkau lebih banyak pendengar baru yang nggak hanya berada di dalam negeri, selain juga karena besarnya pengaruh musisi-musisi seperti Steve Lacy, BOYO, Mk.gee, dan Clairo yang menginspirasinya saat ini.

Baca juga: Tame Impala “The Slow Rush”: Kolase Indah Fusi Elemen Jadul

Dominance dirilis secara digital oleh Kolibri Rekords dan juga format kaset edisi terbatas oleh label butik asal Jakarta, Gabe Gabe Tapes dengan satu tambahan lagu. Lagu pertama ‘Keep Yourself Away’ telah lebih dahulu diumumkan sebelumnya, pada 18 September 2020 bersama sebuah video lirik. Ilustrasi sampul dibuat oleh ilustrator asal Jakarta, Fraw dan didesain oleh Ratta Bill. Showcase daring untuk merayakan Dominance telah dijadwalkan dalam waktu dekat.  

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Tame Impala

Tame Impala "The Slow Rush": Kolase Indah Fusi Elemen Jadul

Cover 'The Slow Rush' oleh Tame Impala. (Gambar: Interscope). TAME IMPALAThe Slow Rush(2020, Modular/Interscope) Oleh Dharma Samyayogi Fakta: Mastermi

on Feb 21, 2020