×
×

Search in Mata Mata Musik

Macklemore Jadi Penerus Mariah Carey dengan Lagu Natal Barunya

Posted on: 12/17/19 at 2:21 pm

Macklemore sangat dikenal dengan komposisi rapnya yang murni dan unik. Namun, rilisan barunya—hasil kolaborasi dengan Dan Caplen—menunjukkan sisi dirinya yang jauh berbeda. Dengan Natal yang tinggal dalam hitungan hari, Macklemore percaya meluncurkan lagu Natal baru berjudul ‘It’s Christmas Time’ adalah ide yang menguntungkan. 

Menjelang akhir tahun, banyak orang yang mencari lagu Natal baru dan orisinil untuk membangkitkan semangat liburan. Lagu Natal tradisional seperti ‘Santa Claus is Comin’ to Town’ akan selalu mengisi soundtrack Natal, tapi generasi kita sepertinya perlu lagu klasik baru yang segar untuk membuat semangat Natal semakin terasa. Dan ‘It’s Christmas Time’ bisa jadi jawabannya.

Lagu ini dimulai dengan baris (kalimat) dari Caplen, di mana ia berharap bisa kembali ke masa kecilnya pada musim Natal ini. Suara Caplen yang catchy namun sedikit asing di telinga menjadi pembuka yang manis untuk lagu ini. 

Menjelang klimaks dari lagu yang asyik ini, pendengar mungkin akan menyadari kalau lagu ini bercerita tentang menjadi anak-anak pada waktu Natal. 

Beberapa verse-nya mengacu pada berbagai film dan lagu Natal klasik, misalnya saat Macklemore melantunkan, “Turn on that one movie about the kid who licked the telephone on the Blu-Ray,” dan “Turn on that Michael Bublé.” Mendengar baris singkat yang penuh makna ini mengingatkan kita pada komponen yang benar-benar menonjolkan suasana Natal.

Macklemore jelas tidak dikenal sebagai artis yang menyanyikan lagu Natal yang penuh ceria. Terlebih, pada hari perilisan ‘It’s Christmas Time’, pria bernama asli Benjamin Haggerty ini lanjut membuat postingan di media sosial yang menjelaskan bagaimana dia selalu ingin membuat lagu Natal dan tahun ini, dia cukup berani untuk melakukan itu. 

“Setiap tahun sekitar waktu Natal saya berpikir, ‘Lakukan saja, Ben. Buat lagunya. Kamu bisa menjadi Mariah Carey yang baru.’ Dan tahun ini, saya akhirnya melakukannya,” tulis Macklemore di Instagram. Tekadnya untuk keluar dari zona nyamannya sangat menginspirasi, apalagi mengingat lagu ini didedikasikan khusus untuk kedua putrinya.

Kalau kamu familiar dengan single Macklemore yang meroket di 2012, ‘Thrift Shop,’ kamu mungkin ingat lagunya dimulai dengan suara anak kecil yang mengucapkan “Hey Macklemore, can we go thrift shopping?” Kalimat yang menjadi viral itu pun kembali muncul di lagu baru ini. 

Tapi di lagu ini, kata-kata yang diucapkan adalah “It’s Christmas time!” dari anak kecil yang penuh dengan semangat Natal. Ketiga kata itu kembali hadir di akhir lagu untuk menciptakan sentuhan akhir yang indah.

Nuansa keseluruhan ‘It’s Christmas Time’ lebih dari sekadar menggembirakan. Mengingat ini adalah eksekusi single Natal pertama Macklemore, single ini pantas mendapat dukungan besar. Bahkan, lagu baru ini bisa jadi menandingi lagu Mariah Carey sebagai lagu wajib Natal ke depannya.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Widi Mulia

    Widi Mulia Sunarya Rilis Penguasa Paling Sederhana

    Lama tidak mengeluarkan karya, Widi Mulia Sunarya, Vokalis Be3 mengeluarkan karya solo terbarunya. Judulnya adalah Penguasa Paling Sederhana. Lagu pop ini menc

    on Jun 21, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Blow Up

    Mari Kita Sambut Blow Up: Konspirasi Rock Pas Band, Dewa 19, Purpose, ...

    Blow Up. (Foto: dok. Blow Up). Empat musisi dari band rock yang berperan penting pada genre spesifiknya masing-masing, berkonspirasi untuk mengibarkan bende

    on Jan 28, 2021
    Rage Against The Machine

    Rage Against The Machine Rilis "Killing In Thy Name", Film Dokumenter ...

    Rage Against The Machine. (Foto: dok. band). Musik Rage Against The Machine (RATM) telah menjadi latar yang sangat pas untuk peristiwa sosial-politik yang g

    on Jan 16, 2021