×
×

Search in Mata Mata Musik

Madonna Diserang Netizen Setelah Cuitan Tribute Untuk George Floyd Secara Aneh

Posted on: 05/30/20 at 6:00 am

Madonna.
Madonna berpose di ruang pers Video Music Awards MTV 2018 di Radio City Music Hall pada 20 Agustus 2018 di New York City. (Foto: Paul Zimmerman / Getty Images).

Di tengah kemarahan yang semakin meluas secara global khususnya di Amerika Serikat (AS) ekses dari kematian George Floyd – seorang penjaga keamanan asal Minneapolis, banyak sekali dari kalangan artis yang turut merespons dan mendukung keadilan untuk George Floyd dari Cardi B, Snoop Dogg, Taylor Swift hingga Madonna. Namun, popstar berusia 62 tahun ini malah dikecam karena salah gerak di akun media sosialnya.

Baca juga: Madonna Klaim Bahwa Dia Memiliki Antibodi Covid-19 Dalam Tubuhnya

Seiring meningkatnya kemarahan netizen terhadap rekaman video yang memperlihatkan seorang petugas polisi menekan leher George Floyd dengan lututnya sehingga dia meninggal, pada hari Kamis lalu, Madonna mencuit (tweet) sebuah video berdurasi dua menit putra angkatnya, David Banda yang sedang berjoget diiringi lagu Michael Jackson ‘They Don’t Care About Us’.

Madonna menulis dalam keterangan postingannya: “Pembunuhan brutal sedang mengelilingi dunia dan anakku David sekarang akan berdansa untuk menghormati dan memberi tribute kepada George Floyd dan keluarganya dan semua tindakan rasisme dan diskriminasi yang terjadi setiap hari di Amerika. #Davidbanda #JusticeforGeorgeFloyd #MichaelJackson”.

Tetapi Ratu Pop itu malah diejek oleh beberapa netizen karena tanggapannya yang tidak sensitif terhadap kasus tersebut, yang saking parahnya hingga telah memicu berbagai protes dan kerusuhan di sejumlah kota besar.

Baca juga: Madonna Siap Donasikan 100,000 Masker Untuk Berbagai Penjara

“Tidak ada yang meminta Madonna untuk ikut-ikutan hari ini. Tidak ada satu pun orang. Kesalahan yang dibuat-buat sendiri di antara tokoh-tokoh public figure telah merajalela bulan ini,” tulis April Reign, sang pencipta kampanye #OscarsSoWhite.

Seorang penulis skrip acara TV, Akilah Green menambahkan bahwa video itu “lebih buruk daripada kaleng Pepsi yang dulu,” mengacu pada iklan tahun 2017 terkenal yang dibintangi supermodel Kendall Jenner yang menggunakan citra aksi protes untuk memasarkan minuman soda itu. Beberapa netizen lain secara sarkas berterima kasih kepada Madonna karena telah “mengakhiri rasisme”.

Rekaman video kematian George Floyd telah memicu dialog yang lebih memilukan tentang penyalahgunaan kekuatan dan kekuasaan oleh polisi AS terhadap warga Afrika-Amerika dan menyebabkan dipecatnya petugas polisi Derek Chauvin. Para pengunjuk rasa menginginkan para petugas yang terlibat atas kematian George Floyd untuk menghadapi pidana penjara dan semakin banyak aksi protes telah muncul di beberapa kota pada Kamis malam.

Video joget anaknya Madonna ini bukan pertama kalinya Madonna dikritik karena membuat komentar sosial yang canggung dalam beberapa minggu terakhir. Pada bulan Maret, Madonna mengatakan kepada para penggemar bahwa Covid-19 adalah “penyeimbang (manusia) yang hebat” sambil berbaring di bak mandi susu yang ditaburi kelopak mawar.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mariah Carey & Nicki Minaj.

Hacker Ancam Akan Lelang Dokumen Legal Mariah Carey, Nicki Minaj dan B...

Mariah Carey dan Nicki Minaj. (Foto: Getty Images). Dalam drama terbaru dalam kasus peretasan data yang melibatkan firma hukum hiburan terkemuka Grubman Shi

on Jun 26, 2020
Anahid M.O.P.

Vokalis Cewek Ini Ubah Refrain Lagu Madonna Jadi Death Metal di Acara ...

Anahid M.O.P. (Foto: YouTube). Ada seorang vokalis cewek yang sangat unik di Turki yang berani melakukan teknik vokal growling di TV nasional, menambahkan g

on Jun 19, 2020
Madonna Coronavirus Antibodies

Madonna Klaim Bahwa Dia Memiliki Antibodi Covid-19 Dalam Tubuhnya

Madonna memiliki antibodi Covid-19. (Foto: Instagram). Madonna memang tidak pernah menghindar dari kontroversi, dan hidup dalam masa karantina ternyata meru

on May 3, 2020
Madonna

Madonna Siap Donasikan 100,000 Masker Untuk Berbagai Penjara

Madonna. (Foto: iHeart.com). Dengan banyaknya penjara dan fasilitas penahanan yang berjuang untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona, pada

on Apr 24, 2020