×
×

Search in Mata Mata Musik

Madonna Diserang Netizen Setelah Cuitan Tribute Untuk George Floyd Secara Aneh

Posted on: 05/30/20 at 6:00 am

Madonna.
Madonna berpose di ruang pers Video Music Awards MTV 2018 di Radio City Music Hall pada 20 Agustus 2018 di New York City. (Foto: Paul Zimmerman / Getty Images).

Di tengah kemarahan yang semakin meluas secara global khususnya di Amerika Serikat (AS) ekses dari kematian George Floyd – seorang penjaga keamanan asal Minneapolis, banyak sekali dari kalangan artis yang turut merespons dan mendukung keadilan untuk George Floyd dari Cardi B, Snoop Dogg, Taylor Swift hingga Madonna. Namun, popstar berusia 62 tahun ini malah dikecam karena salah gerak di akun media sosialnya.

Baca juga: Madonna Klaim Bahwa Dia Memiliki Antibodi Covid-19 Dalam Tubuhnya

Seiring meningkatnya kemarahan netizen terhadap rekaman video yang memperlihatkan seorang petugas polisi menekan leher George Floyd dengan lututnya sehingga dia meninggal, pada hari Kamis lalu, Madonna mencuit (tweet) sebuah video berdurasi dua menit putra angkatnya, David Banda yang sedang berjoget diiringi lagu Michael Jackson ‘They Don’t Care About Us’.

Madonna menulis dalam keterangan postingannya: “Pembunuhan brutal sedang mengelilingi dunia dan anakku David sekarang akan berdansa untuk menghormati dan memberi tribute kepada George Floyd dan keluarganya dan semua tindakan rasisme dan diskriminasi yang terjadi setiap hari di Amerika. #Davidbanda #JusticeforGeorgeFloyd #MichaelJackson”.

Tetapi Ratu Pop itu malah diejek oleh beberapa netizen karena tanggapannya yang tidak sensitif terhadap kasus tersebut, yang saking parahnya hingga telah memicu berbagai protes dan kerusuhan di sejumlah kota besar.

Baca juga: Madonna Siap Donasikan 100,000 Masker Untuk Berbagai Penjara

“Tidak ada yang meminta Madonna untuk ikut-ikutan hari ini. Tidak ada satu pun orang. Kesalahan yang dibuat-buat sendiri di antara tokoh-tokoh public figure telah merajalela bulan ini,” tulis April Reign, sang pencipta kampanye #OscarsSoWhite.

Seorang penulis skrip acara TV, Akilah Green menambahkan bahwa video itu “lebih buruk daripada kaleng Pepsi yang dulu,” mengacu pada iklan tahun 2017 terkenal yang dibintangi supermodel Kendall Jenner yang menggunakan citra aksi protes untuk memasarkan minuman soda itu. Beberapa netizen lain secara sarkas berterima kasih kepada Madonna karena telah “mengakhiri rasisme”.

Rekaman video kematian George Floyd telah memicu dialog yang lebih memilukan tentang penyalahgunaan kekuatan dan kekuasaan oleh polisi AS terhadap warga Afrika-Amerika dan menyebabkan dipecatnya petugas polisi Derek Chauvin. Para pengunjuk rasa menginginkan para petugas yang terlibat atas kematian George Floyd untuk menghadapi pidana penjara dan semakin banyak aksi protes telah muncul di beberapa kota pada Kamis malam.

Video joget anaknya Madonna ini bukan pertama kalinya Madonna dikritik karena membuat komentar sosial yang canggung dalam beberapa minggu terakhir. Pada bulan Maret, Madonna mengatakan kepada para penggemar bahwa Covid-19 adalah “penyeimbang (manusia) yang hebat” sambil berbaring di bak mandi susu yang ditaburi kelopak mawar.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Madonna vogue

    Madonna Beberkan Detail Film Biopik Mendatangnya Bersama Diablo Cody

    Madonna dalam video musik 'Vogue'. Film biopik Madonna sudah masuk ke alur penulisan skenario bersama produser dan penulis Diablo Cody. Bulan lalu, kedua ar

    on Sep 14, 2020
    Dua Lipa

    Dua Lipa Gandeng Madonna dan Missy Elliott di Lagu ‘Levitating’ Ve...

    Madonna (Foto: Kevin Mazur/Getty Images), Dua Lipa (Foto: Trae Patton/NBC/NBCU Photo Bank/Getty Images), Missy Elliot (Foto: Josh Brasted/FilmMagic/Getty Image

    on Aug 15, 2020
    Madonna

    Madonna Didenda Rp 14 Miliar Oleh Pemerintah Rusia Karena Dukung LGBTQ...

    Madonna saat tampil di Pride Island - WorldPride NYC 2019. (Foto: Kevin Mazur/Getty Imges). Madonna mengatakan bahwa dia didenda US$ 1 juta (sekitar Rp 14 m

    on Jul 22, 2020
    Tony Iommi

    Tony Iommi Akui Pernah Usir Madonna Dari Ruang Latihan Black Sabbath

    Madonna (Foto: Steven Klein) / Tony Iommi (Foto: via Facebook: Tony Iommi). Dalam sebuah wawancara baru, gitaris Tony Iommi mengingat momen reuni singkat li

    on Jul 22, 2020