×
×

Search in Mata Mata Musik

Madonna Kembali Dengan Alter Ego Barunya, Madame X

Melalui teaser album barunya yang diunggah ke Instagram kemarin, Madonna mengaku sebagai mata-mata.

Bintang pop Madonna merilis cuplikan pertama dari albumnya yang akan datang dan persona terbarunya di media sosial pada Minggu kemarin. Album dan persona ini diberi nama Madame X, dan kali ini, dia mengusung tema agen rahasia.

Di teaser-nya—yang diisi kutipan dari musik baru di albumnya—Madonna tampil dalam berbagai kostum yang mengarah pada personanya dulu, dengan penutup mata dan dasi dari eranya sebagai “Mistress Dita” hingga topi koboi di video “Music”.

Baca Juga: Coachella, Selamat Datang di Era Blackpink!

Dia juga tampak sangat hati-hati untuk tidak meninggalkan sidik jari: Videonya menampilkan dia menggunakan mesin ketik vintage sambil mengenakan sarung tangan kulit berwarna hitam dan bermain gitar—bersenar besi!—dengan sarung tangan berenda.

Madonna berulang kali menemukan kembali dirinya sehingga hampir semua koleksi pakaian yang dia kenakan tampak menghadirkan beberapa detail dari persona lamanya, dan voiceover-nya mengisyaratkan bintang pop ini memang menyatukan semua alter ego lamanya itu. Ternyata, selama ini dia adalah mata-mata!

“Saya memutuskan untuk menamai album saya Madame X. Madame X adalah seorang agen rahasia yang berkeliling dunia. Mengubah identitas. Membawa cahaya ke tempat yang gelap. Madame X adalah penari. Profesor. Kepala negara. Penunggang kuda. Tawanan. Pelajar. Ibu. Anak. Guru. Biarawati. Penyanyi. Orang suci. Pelacur. Dan mata-mata di rumah cinta. Saya lah Madame X.” 

Teaser yang diunggah ke Instagram kemarin tersebut adalah pertama kalinya Madonna menyatakan diri sebagai Madame X, tetapi dia bukan wanita pertama yang mengaku sebagai Mesdames X. Virginie Amélie Avegno Gautreau tidak punya pilihan dalam masalah ini—John Singer Sargent menamai lukisannya seperti itu—tetapi drama Alexandre Bisson di 1908 dengan nama Madame X dan begitu banyak adaptasinya berarti bahwa untuk sekian waktu, ada Madame X baru dalam beberapa tahun sekali.

Namun, Madame X ciptaan Bisson bukanlah sosok yang penuh aspirasi: Dia diusir dari rumah oleh suaminya dan dipisahkan dari putranya setelah terbukti berselingkuh. Bertahun-tahun kemudian, putranya—yang tidak mengenalnya—menjadi Jaksa Agung, yang kemudian tanpa sadar ditugaskan untuk menuntutnya karena pembunuhan yang dilakukan untuk melindungi anaknya dari skandal.

Tetapi meskipun karakter Madame X tidak terlalu aspiratif, Madame X sebagai peran utama adalah sesuatu yang diinginkan semua orang. Saat melodrama masih populer, lakon itu menjadi teks yang sangat populer untuk diadaptasi ke layar lebar: film-film yang dibuat di tahun 1910, 1916, 1918, 1920, 1929, 1931, 1937, 1948, 1952, 1955, 1956, 1966, dan 1981—dan itu bahkan belum termasuk versi panggung atau radio.

Mesdames X sebelum Madonna antara lain Oda Nielsen, Dorothy Donnelly, Emilia Márkus, Pauline Frederick, Ruth Chatterton, María Fernanda Ladrón de Guevara, Gladys George, Mara Russell-Tavernan, Gloria Romero, Lale Oraloglu, Kyveli, Lana Turner, dan Tuesday Weld.

Beginilah cara Lana Turner mengumumkan dirinya adalah Madame X:

Madonna juga bukan Madame X pertama dalam musik, setidaknya dengan sedikit perbedaan di bagian ejaan. Ada juga Madam X, band hair metal di balik lagu wajib klasik para remaja, “High in High School.” Videonya dibintangi oleh Peter Dinklage yang masih sangat muda, beberapa tahun sebelum membintangi Game of Thrones.

Menilai dari musik di postingan Madonna, album barunya mungkin bukan perjalanan sonik ke zaman hair metal, juga tidak akan dilengkapi dengan serangkaian video di mana pelajar SMA diselamatkan dari kebosanan ketika Madonna menggebrak ruang kelas atau ruang makan dan mengajarkan semua orang—termasuk guru atau orang tua yang galak, yang mungkin juga diperankan oleh Madonna—untuk berpesta.

Di sisi lain, musik barunya terdengar sangat apik! Belum ada tanggal rilis yang diumumkan, tetapi mengingat bakat penyamaran Madame X yang seperti bunglon, kita semua harus tetap siaga.

Keterangan Foto Utama: Pakar intelijen kini percaya bahwa tur dunia Madonna sebenarnya adalah kisah yang dibuat-dibuat untuk menutupi misi rahasia dari Madame X. (Foto via Slate)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Twin Peaks Kembali Dengan Lookout Low September Ini-1

Twin Peaks Kembali Dengan Lookout Low September Ini

Band indie rock asal Chicago ini juga memperpanjang tur musim gugur mereka di Amerika Utara. Twin Peaks mengumumkan album studio keempat mereka dan yang per

on Jul 19, 2019
Wilco

Jelang Album Baru, Wilco Rilis “Love Is Everywhere (Beware)”

"Love Is Everywhere (Beware)" diambil dari album ke-11 Wilco yang akan rilis di kuartal akhir tahun ini. Baca Juga: Green Day Rilis Buku Pertamanya Akhir Ok

on Jul 18, 2019
Pharrell Ikut Kerjakan Album Mendatang Rihanna

Pharrell Ikut Kerjakan Album Mendatang Rihanna?

Tapi nampaknya beberapa penggemarnya justru memberikan reaksi tidak suka dengan (asumsi) keterlibatan Pharrell Williams di album baru Rihanna ini. Meski be

on Jul 16, 2019
Karier Groove Armada Dirangkum dalam GA21

Karier Groove Armada Dirangkum dalam GA21

Album berisi 4 CD ini akan menampilkan beberapa musik baru dan ‘live edit’ yang belum pernah dirilis. Sehari setelah perayaan Fourth of July, Groove Arm

on Jul 16, 2019