×
×

Search in Mata Mata Musik

MALIQ & D’Essentials Membawa Atmosfer Baru Karya Milik Ahmad Dhani

Posted on: 08/16/21 at 12:00 pm

MALIQ & D’Essentials Membawa Atmosfer Baru Lagu-Lagu Milik Ahmad Dhani
MALIQ & D’Essentials.

“Jika ini lari estafet, Ahmad Dhani tidak pernah meleset saat memberikan tongkat ke pemain lain. Namun, musik bukanlah perlombaan meskipun ceritanya selalu berangkat dari garis awal. Sekencang-kencangnya gerakan kaki, ada yang perlu diseimbangkan. Dewa 19 hidup dalam keabadiaan, dan sekarang giliran MALIQ & D’Essentials”.

MALIQ & D’Essentials membawakan ulang lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani lewat peluncuran tiga single terbaru. Yakni ‘Aku Di Sini Untukmu’, ‘Kamulah Satu-satunya’, dan ‘Aku Cinta Kau dan Dia’.

Baca juga: Dewa 19 X Pamungkas, Kolaborasi Dua Generasi Yang Inter-Simpatik

Band beranggotakan Angga, Indah, Widi, Jawa, Lale, dan Ilman itu mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam rencana besar kenduri selamatan Dewa 19 ke-30 yang bakal digelar 2022.

Ahmad Dhani mengaku, MALIQ salah satu artis yang masuk dalam radar panitia kecil perayaan tersebut. Mantan suami Maia Estianty itu sangat puas dengan hasil lagu-lagu yang diaransir ulang oleh mereka.

“Ternyata MALIQ bisa mengubah lagu-lagu Dewa 19 menjadi sesuatu yang berbeda daripada lagu aslinya. Sehingga tidak hanya menjadi lagu cover biasa karena yang dihindari menjadi lagu cover biasa. Alhamdulillah sampai saat ini artis-artis yang kami pilih artis yang kreatif sehingga lagu yang dinyanyikan menjadi cover tidak biasa,” ungkap Ahmad Dhani.

Pertemuan antara kedua kolaborator tersebut berlangsung pertama kali di bulan Mei. Setelah menjalani latihan untuk menentukan lagu ciptaan Ahmad Dhani mana yang sesuai. Tiga lagu inilah yang dirasa paling tepat dengan karakter band.

Lagu-lagu yang MALIQ bawakan ulang, ‘Aku Di Sini Untukmu’ dan ‘Kamulah Satu-satunya’ diambil dari album Pandawa Lima milik Dewa 19. Serta ‘Aku Cinta Kau dan Dia’, lagu dari album Ideologi Sikap Otak (1998) yang menghiasi karier bermusik Ahmad Dhani saat doi menjalankan proyek Ahmad Band.

Tantangan Bagi MALIQ & D’Essentials

Mengaransir ulang lagu-lagu yang sudah lebih dulu populer memiliki tantangan tersendiri bagi MALIQ. Bak rezeki yang membahagiakan, sekaligus membuat hati para personelnya berdebar karena lagu-lagunya sudah mendekati sempurna.

“Jadi, kayak ada beban untuk, gimana caranya bisa bikin lagu enak dari lagu yang udah enak. Harapannya, lagu-lagu yang kami udah aransemen ulang ini bisa diterima oleh banyak orang untuk Baladewa dan D’Essentials. Semoga bukan cuma dapat esensi lagunya Ahmad Dhani. Tapi juga esensi dari lagu-lagunya MALIQ,” kata Lale.

Proses rekaman, mixing, dan mastering ketiga lagu dilakukan MALIQ di studio rekaman musik mereka, kecuali untuk mastering ‘Aku Di Sini Untukmu’ dan ‘Kamulah Satu-satunya’ digarap oleh Dimas Pradipta. Pemain trumpet yang kerap hadir di panggung MALIQ, Jordy Waelauruw juga berkontribusi menyumbangkan nafasnya di lagu ‘Aku Disini Untukmu’.

Ilustrasi yang disuguhkan di setiap cover art single-nya memadukan warna yang representatif. Pengerjaannya dilakukan Toma & Kako, yang memang sudah menjadi kolaborator langganan MALIQ setahun belakangan ini. Menambah risalah baru musik Indonesia, single ‘Aku Di Sini Untukmu’, ‘Kamulah Satu-satunya’, dan ‘Aku Cinta Kau dan Dia’ sudah bisa didengarkan melalui berbagai layanan streaming musik. Selamat menikmati, gengs…

Baca juga: Mari Kita Sambut Blow Up: Konspirasi Rock Pas Band, Dewa 19, Purpose, After Coma

MALIQ & D’Essentials - aku cinta kau dan dia
MALIQ & D’Essentials - aku di sini untukmu
MALIQ & D’Essentials - kamulah satu-satunya

Sumber: Siaran Pers
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dewa 19

    Dewa 19 X Pamungkas, Kolaborasi Dua Generasi Yang Inter-Simpatik

    Dewa 19 telah menjadi contoh band legendaris yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yang membuat Ahmad Dhani dkk tetap relevan di sepanjang kari

    on Jul 2, 2021
    Blow Up

    Mari Kita Sambut Blow Up: Konspirasi Rock Pas Band, Dewa 19, Purpose, ...

    Blow Up. (Foto: dok. Blow Up). Empat musisi dari band rock yang berperan penting pada genre spesifiknya masing-masing, berkonspirasi untuk mengibarkan bende

    on Jan 28, 2021
    Dul Jaelani

    Tepat Di HUT Ke-20, Dul Jaelani Rilis 'Sang Pemuja', EP Perdana Yang R...

    Dul Jaelani. Tanggal 23 Agustus 2020 merupakan momentum yang tepat untuk merilis karya terbaru musisi muda yang sudah nggak asing lagi, Dul Jaelani, salah s

    on Aug 24, 2020
    Once Mekel

    Once Mekel Dedikasikan Single 'Musisi' Untuk Perjuangan Semua Musisi I...

    Once Mekel. Vokalis Dewa 19 "Mark II" yang juga memiliki karya solo, Once Mekel kini kembali hadir dan merilis sebuah lagu berjudul 'Musisi' yang pada tahun

    on Jul 29, 2020