×
×

Search in Mata Mata Musik

Manjakani Luncurkan Album “Saura” Sebagai Geliat Kreasi Dari Pontianak

Posted on: 09/23/21 at 11:00 am

Manjakani Luncurkan Album "Saura" Sebagai Geliat Kreasi Dari Pontianak

Manjakani adalah duo pengusung folk yang terdiri dari sepasang suami istri,Muhammad Taufan Eka Prasetya dan Nabilla Syafani. Eksistensi mereka mungkin mengingatkan duo pasangan menikah lainnya seperti Endah N Rhesa atau Scaller yang lahir dan tumbuh di kota metropolitan. Persamaan di antara mereka adalah mimiliki chemistry musikal yang kuat. Satu-satunya perbedaan adalah Manjakani berasal dari luar Pulau Jawa.

Baca juga: MMM Playlist Mei 2021 #4: 20 Lagu Hits Indonesia Pencakar Chart

Pandemi ternyata tidak memudarkan geliat aksi musik di luar Pulau Jawa. Dengan semakin banyaknya rilisan lokal di ranah digital, keberagaman serta kualitas mereka pun semakin tampak. Seperti yang terjadi di Kalimantan. Pulau tersebut di satu masa identik dengan bebunyian ‘pop melayu’ sebagai imbas dari grup-grup musik yang dihasilkan, sebut saja Radja atau Arwana. Kini bisa dibilang lain cerita. Selera musik di tanah tersebut diasosiasikan dengan festival akbar Rock In Borneo atau aksi berkualitas seperti duo folk asal Pontianak, Manjakani.

Album Baru Manjakani, Saura

Manjakani baru saja merilis album penuh perdananya yang bertajuk Saura melalui demajors, label rekaman yang berbasis di Jakarta.

“Kancah musik di Kalimantan kini semakin dinamis, karya-karya hasilnya pun semakin variatif. Di kota Pontianak geraknya begitu seru, dari mulai komposer Nursalim Yadi Anugerah hingga tentunya Manjakani. Karya-karyanya berkelas dan menantang,” ujar David Tarigan dari divisi A&R demajors menjelaskan. “Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan Manjakani, semoga lebih banyak lagi aksi musik dari luar Pulau Jawa yang bisa naik ke permukaan,” tambahnya.

Album Saura berisikan tujuh komposisi bernuansa folk yang teduh, dengan lagu-lagu andalan seperti ‘Asam Pedas’, ‘Sabda Rindu’, serta singel terakhir ‘Tali Jiwa’. Umumnya berangkat dari perjalanan hidup Taufan dan Nabilla sejak pertama kali bertemu hingga mengarungi kehidupan sebagai keluarga yang lengkap.

“Judul album ini diinspirasi oleh kehadiran anak kami, Saura Ajar. Album Saura juga merupakan sebuah representasi dari kelahiran, buah dari perjalanan dan ketulusan bermusik kami sejak awal,” ucap Taufan menjelaskan. “Tentang hakikat kehidupan, dan berbagai hal sederhana yang mendampinginya,” jelasnya lagi.

Di Balik Saura

Untuk urusan produksi rekaman, Manjakani bekerja sama dengan seorang produser satu kota yang cukup aktif di dunia perfilman yaitu McAnderson. Hadir pula kontribusi teman-teman sejawat penggerak kancah musik kota Pontianak, seperti Nursalim Yadi Anugerah, Angga Khasbullah, Fian Williem Hoogendyk, Ardy Prastiawan, dan Cendry Tri Juniar. Artwork untuk album pun hasil kolaborasi dengan seniman kolase asal kota Singkawang, Elys ‘Ulyzm’.

Manjakani sempat melakukan tur pertunjukan di pulau Sumatera pada tahun 2019 lalu. Kini, setelah sekian lama terhambat pandemi, mereka akan kembali bertandang ke luar pulau untuk memenuhi undangan sebagai salah satu penampil di Prambanan Jazz Festival 2021.

Baca juga: Noni Padukan House Music dan R&B Via Lagu Barunya Fitur Basboi

Album Saura dari Manjakani sudah tersedia dalam format CD dan secara digital di semua platform digital streaming. Selamat mendengarkan, gengs.

Manjakani saura
Artwork sampul album Saura.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Limp BIzkit

    Limp Bizkit Merilis Lagu 'Dad Vibes' Setelah Debut Live Di Lollapalooz...

    Sampul lagu terbaru Limp Bizkit. Panggung perdana Limp Bizkit setelah sekian lama tertunda akibat pandemi akhirnya dipecahkan di gelaran festival Lollapaloo

    on Oct 1, 2021
    David Bowie

    David Bowie Merilis Album "Toy" Yang Sempat Dilupakan Tahun 2011

    David Bowie (Foto: Frank W. Ockenfels 3). Sebuah album studio milik David Bowie yang tidak pernah dirilis sebelumnya akhirnya akan dirilis secara resmi seha

    on Sep 30, 2021
    Ad Infinitum

    Ad Infinitum Merilis MV 'Afterlife' Jelang Album "Chapter II - Legacy"

    Ad Infinitum, mungkin nama yang asing bagi sebagian orang. Tetapi tidak bagi kalangan penggemar heavy metal. Band symphonic metal ini merilis lagu kedua me

    on Sep 30, 2021
    Converge

    Converge X Chelsea Wolfe Merilis Album Kolaborasi "Blood Moon"

    Converge x Chelsea Wolfe (Foto: Emily Birds). Inilah kolaborasi yang memang layak untuk dinanti sejak lama. Akhirnya secara resmi Converge dan Chelsea Wolfe

    on Sep 29, 2021