×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantan Bassis D.R.I., Josh Pappe Meninggal Dunia Di Usia 53 Tahun

Posted on: 01/31/20 at 5:36 pm

D.R.I. 1987
D.R.I. ketika muda pada 1987 bersama Josh Pappe (pakai topi merah putih) (Foto: YouTube)

Josh Pappe, bassis lawas pionir crossover thrash legendaris D.R.I. selama masa kejayaan 80-an mereka, telah meninggal dunia pada usia 53 tahun. Berita itu dilaporkan oleh gitaris pendiri band Spike Cassidy, hari ini, Jum’at (31/1/2020). Penyebab kematiannya masih belum jelas.

“RIP JOSH PAPPE. Kami seperti saudara pada waktu itu. I love you man,” tulis Spike Cassidy di akun Facebook-nya.

Josh Pappe adalah anggota D.R.I. (singkatan dari Dirty Rotten Imbeciles) dari tahun 1983 hingga 1989, kecuali sebentar ia keluar dari band selama tahun 1984 hingga 1985 sebelum bergabung kembali. Selama masa jabatannya di band, ia tampil di album Crossover (1987), yang menampilkan masa transisi D.R.I. dari band hardcore punk menjadi band crossover thrash dan membantu menciptakan istilah untuk genre “crossover thrash”. Dia juga muncul di EP Violent Pacification (1984) dan 4 of a Kind (1988).

Sang bassis meninggalkan D.R.I. pada 1989 untuk bergabung dengan band Gang Green, ia muncul di album Can’t LIVE Without It (1990). Dia hanya bertahan bersama band itu sampai 1991.

D.R.I. yang dibentuk pada 1982 di Houston, Texas, Amerika Serikat tetap menjadi band yang aktif sampai sekarang, dipimpin oleh anggota asli band, yakni gitaris Spike Cassidy dan vokalis Kurt Brecht. Meski sudah cukup lama tidak merilis album baru, mereka terlihat sangat aktif tur ke berbagai benua dan negara.

Yang pasti, D.R.I. adalah band yang tidak pernah meraih audiens mainstream, tetapi integrasi akar hardcore punk mereka dengan pengaruh thrash metalnya adalah katalis gaya untuk band-band sezaman mereka – terutama Suicidal Tendencies, Corrosion Of Conformity, S.O.D., Cro-Mags, Nuclear Assault, dan Cryptic Slaughter. Bersama mereka yang dianggap sebagai salah satu pelopor utama dari apa yang kemudian disebut “crossover thrash”, begitu juga dengan Adrenalin OD, dengan kedua band tersebut memiliki pengaruh besar pada thrash metal modern.

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga Josh Pappe, teman, dan anggota band selama masa sulit ini. Rest in peace, Josh.

Dengarkan album Crossover D.R.I. dan tonton video musik D.R.I. ‘Suit and Tie Guy’ dan konser penuh tahun 1987 di The Ritz, semuanya menampilkan Josh Pappe, di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter