×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantan Dramer Misfits, Joey Image, Meninggal Dunia

Posted on: 06/2/20 at 6:00 am

Joey Image (eks-The Misfits).
Joey Image. (Foto: via GoFundMe).

Punk mania, nggak mungkin nggak tahu The Misfits, legenda horror punk rock yang eksis sejak akhir dekade 1970-an. Namun kabar duka datang dari scene hardcore punk, bahwa sang dramer lama Misfits, Joey Image, yang bergabung di awal karier pembentukan band ini, dilaporkan meninggal dunia di usia 63 tahun. Meskipun tidak ada penyebab kematian resmi yang disebutkan, diketahui bahwa Joey telah berjuang melawan penyakit kanker hati (liver) sejak tahun 2016.

Kematian Joey Image dilaporkan oleh fanpage Facebook The New York Hardcore Chronicles, yang hanya menyatakan, “Joey Image of The Misfits dead at 63. Rest in Peace”.

Sang penggebuk dram Joey Image adalah personil Misfits dari tahun 1978 hingga 1979, doi tampil di rekaman EP klasik Misfits, Horror Business, yang berisi lagu-lagu seperti ‘Teenagers from Mars’ dan ‘Children in Heat’. Dia juga mengisi rekaman di ‘Night of the Living Dead’ single vinyl 7-inci (juga berisi ‘Where Eagles Dare’ dan ‘Rat Fink’), ditambah lagu ‘Who Killed Marilyn?’ yang termasuk dalam album kompilasi Legacy of Brutality rilisan 1985.

Joey Image meninggalkan Misfits pada tahun 1979 setelah tur Inggris bareng The Damned yang diperpendek jadwalnya, dan kemudian doi bergabung dengan band-band seperti Whorelords, Human Buffet, Psychis Aster, The Mary Tyler Whores, The Strap-Ons, The Bell Ringers, Evil Doers, The Hooples, Jersey Trash, The Hollywood 77’s, dan The Undead. Banyak ye, kalau di sini, doi bakal “dicengin” dramer sejuta umat, hehe.

Pada tahun 2000, Joey Image sempat bergabung sebentar dengan “inkarnasi” Misfits yang dipimpin oleh sang bassis dan pendiri band, Jerry Only untuk satu pertunjukan di Florida setelah dramer Dr. Chud keluar dari band sehari sebelumnya.

Pada 2017, telah dibuat akun GoFundMe khusus untuk membantu mengumpulkan uang untuk biaya Joey Image selama pertempurannya dengan penyakit kanker hati. Menurut deskripsinya, Joey Image bekerja sebagai seorang supir pada saat itu. Halaman ini juga menampilkan berita perkembangan terbaru dari kesehatan Joey Image yang dia tulis sendiri hingga November 2018.

The Misfits telah menikmati kebangkitannya yang massif sejak 2016, dengan kembalinya sang vokalis paling kharismatik dan digemari oleh punk mania dan Misfits-Fiend (fanbase Misfits), yup, Mister Glenn Danzig! Glenn Danzig dan Jerry Only bersatu kembali untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun. Formasi band ini dianggap sebagai The Original Misfits, tur konser reuninya meraih sukses besar termasuk konser termegahnya di Madison Square Garden, New York pada musim gugur tahun lalu.

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga Joey Image, teman, dan teman band selama masa sulit ini. Video wawancara dengan Joey Image dari beberapa tahun yang lalu diposting di bawah ini, bersama dengan audio dari EP klasik Misfits, Horror Business.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Antartick & Bogorian Voices.

Antartick & 17 Musisi Bogor Serukan Bangkit Dari Pandemi Lewat ‘Indo...

Antartick & Bogorian Voices 'Indonesia Kita'. Perubahan kini terjadi di segala penjuru. Alih-alih mengeluh dan berhenti berkarya bukankah sebaiknya kita

on Jun 25, 2020
New Found Glory.

Album Baru New Found Glory, ‘FOREVER + EVER x INFINITY’ Bangkitkan...

New Found Glory. Pada 19 Juni, jawara pop-punk New Found Glory akhirnya merilis album studio full-length ke-10 mereka yang monumental, Forever + Ever x Infi

on Jun 22, 2020
Godless Symptoms

Godless Symptoms Bangkit Dari Pertapaan Dengan Single Baru 'Rengkuh Se...

Godless Symptoms. Pada 8 Mei 2020, Godless Symptoms kembali memuntahkan single terbaru yang berjudul 'Rengkuh Semadi'. Single yang dibuat setelah hampir 2 t

on Jun 16, 2020
Avenged Sevenfold.

Hell Yeah! Avenged Sevenfold Ternyata Sudah Punya Materi Album Baru

Avenged Sevenfold, 2019. (Foto: Kameron Pollock). Sudah hampir dua tahun sejak sang vokalis M. Shadows memberi tahu majalah Kerrang! bahwa band punk rock Av

on Jun 14, 2020