×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantan Idol 2018, Ayuenstar Jadi Diri Sendiri Via ‘Swagger’, Single Hip-Hop Ke-2

Posted on: 11/18/20 at 10:00 am

Mantan Idol 2018, Ayuenstra Jadi Diri Sendiri Via 'Swagger', Single Hip-Hop Ke-2
Ayuenstar.

Banyak penyanyi hebat Indonesia lahir dari berbagai ajang pencarian bakat di televisi. Mereka hadir dengan talenta dan ciri khas mereka masing-masing. Salah satunya yang cukup mencuri perhatian adalah Ayu Idol yang sejak merilis single perdananya yang berjudul ‘Terbaik Untukmu’ pada 2019 lalu, sudah melepas embel-embel Idol di belakang namanya dan mengubah nama panggungnya menjadi Ayuenstar.

Baca juga: Usung Reggae Hip Hop, SMVLL Kembali Dengan ‘Let’s Go’ Fitur Saint Yowzha

Nama Ayuenstar sebenarnya sudah dikenal publik saat dirinya mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol tahun 2018 lalu. Perempuan cantik berhijab yang memiliki nama lengkap Ayu Putri Sundari ini memang sangat mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena memiliki gaya ‘swag’ yang khas serta kualitas vokal yang luar biasa namun dengan cara bernyanyi yang sangat fun. Saat itu Ayuenstar berhasil masuk sampai di Top 4 Indonesian Idol 2018.

Kecintaan Ayuenstar terhadap musik rupanya dimulai saat dirinya masih kecil. Diawali dengan mengenal alat musik kibord, Ayuenstar kecil belajar vokal saat masih kelas 3 SD dan mengikuti banyak lomba menyanyi, hingga membawanya ke ajang bergengsi Indonesian Idol. Ayuenstar juga kerap membuat video cover lagu-lagu hits di akun YouTube-nya. “Dari dulu aku sudah ikut banyak ajang pencarian bakat. Aku memang senang nyanyi sih dari kecil, senang saja gitu ditonton banyak orang dan diberi tepuk tangan sama yang nonton,” ucap Ayuenstar soal kesukaannya pada dunia tarik suara.

Kini di tahun 2020, Ayuenstar kembali merilis karya terbarunya. Kali ini sebuah lagu yang diciptakannya sendiri berjudul ‘Swagger’ dipilih menjadi single ke-2. Lagu ini ternyata dibuat Ayuenstar berdasarkan pengalaman hidupnya sendiri dan banyak pesan yang ingin doi sampaikan di lagu ini.

Artwork single 'Swagger' oleh Ayuenstar.
Artwork single ‘Swagger’ oleh Ayuenstar.

“Lagu ini lebih kayak perjalanan hidup aku sih. Di sini aku sedikit cerita tentang masa lalu aku yang dulu pernah jadi korban bullying. Walaupun begitu, aku bukan orang yang gampang menyerah atau minder. Justru karena adanya kejadian itu, aku jadi pengen nunjukin ke mereka yang dulu lihat aku ‘nothing’ tapi sekarang aku bisa jadi ‘something’. Selain itu, di sini juga aku pengen ceritain bahwa aku memang enggak terlalu punya banyak teman, dan dari dulu temanku lebih ke musik. Dulu setiap hari pas pulang sekolah atau kuliah, aku pasti langsung pegang kibord dan nyanyi. Bener-bener aku banyak menghabiskan waktuku di depan kibord dan menyanyi deh pokoknya,” ungkap Ayuenstar tentang alasannya menulis lagu ini.

“Dari segi lirik, sebenernya di sini aku juga pengen kasih power ke orang-orang untuk bisa melakukan apa saja yang positif buat diri mereka, misalnya kayak aku ‘kan berhijab, aku pengen nunjukin bahwa kita yang berhijab bisa kok buat karya apa saja, bisa buat sesuatu atau jadi sesuatu untuk orang lain,” tambah Ayuenstar.

Lagu yang hadir dengan genre Hip Hop, R&B dengan sedikit sentuhan Reggae ini adalah karya orisinil dan mandiri dari seorang Ayuenstar. Bagaimana nggak, bukan hanya menulis lagu ini sendiri, Ayuenstar juga membuat konsep besar dan aransemen musik sendiri untuk lagu ini, dibantu oleh rekannya sesama musisi yaitu Gunz dan Arsyih Idrak.

“Di sini aku bener-bener bikin liriknya, bikin notasinya sendiri, sampai aku yang kasih ide-ide instrumen apa aja yang mau dimasukin di lagu ini. Aku juga yang buat aransemen musiknya. Demo kasarnya sudah aku buat sendiri lalu diperindah oleh temanku yaitu Gunz dan Arsyih Idrak. Kalau kendala selama proses pembuatan lagu ini mungkin pada komunikasi yah, karena kak Arsyih tinggal di Manado jadi kita banyak revisi via WA. Ada ide lagu langsung kita komunikasikan saja sih, terus kita saling kirim revisi materi lagunya lewat WA aja,” kata Ayuenstar.

Ayuenstar mengatakan dirinya cukup puas dengan lagu ini. Baginya banyak hal dan perjuangan yang doi lalui sampai bisa membuat karya orisinil buatannya sendiri. Tentunya Ayuenstar berharap karyanya ini bisa diterima oleh para pencinta musik Indonesia. “Aku cukup bangga dengan diriku sendiri karena dari awal aku enggak berekspektasi bisa bikin lagu sekeren ini. Ini benar-benar enggak mudah bisa sampai di titik ini dengan potensi yang aku punya ini. Mungkin belum ada yah lagu seperti ini yang dibawakan oleh penyanyi dengan karakter seperti aku. Aku yang berhijab tapi agak barbar dan tengil ini …hahaha. Harapannya sih bisa diterima dengan lagu dan karakter aku yang kayak gini. Semoga juga bisa mewarnai musik Indonesia. Intinya aku berkarya karena aku tulus ingin berkarya, aku berkarya karena musik adalah passion aku dan aku berkarya untuk orang-orang yang sudah support aku,” tutup Ayuenstar.

Baca juga: Fourtwnty Dan Marion Jola Sukses Tampil Memukau Di Indonesian Idol Top 6

Ok, let’s check this one out, yow!

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The Weeknd

Nominasi Grammy 2021 Dianggap Lalai Karena The Weeknd Sama Sekali Ngga...

The Weeknd di AMA 2020. (Foto: Emma McIntyre/AMA2020/Getty Images for dcp). Boleh dibilang, After Hours adalah album full length terbaik selama karier The W

on Nov 25, 2020
toRa rapper

Rapper 'Lara Ati' Tora Kembali Rayakan Kegalauan Via 'Special', Single...

toRa. Setelah hiatus selama pandemi, rapper "baper" spesialis lagu patah hati toRa merilis single terbaru berjudul 'Special' yang kembali mer

on Nov 24, 2020
NONI

Solois Muda R&B Noni Ungkap Sisi 'Childish' Dalam EP Perdananya, "BOYI...

Noni. Setelah merilis single berjudul 'Boyish' bulan lalu dan sukses menjadi pusat perhatian, penyanyi muda R&B Noni, kini merilis mini albumnya (EP) be

on Nov 24, 2020
Glorious Friends

Pandemi Nggak Hentikan Glorious Friends Tampil Di Dua Festival Ska Int...

Glorious Friends. Mengusung musik ska dan reggae dengan khas anak muda Indonesia, Glorious Friends kembali mengejutkan pencinta musik Indonesia. Setelah di

on Nov 22, 2020