×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantan Vokalis Bad Company Brian Howe Tutup Usia

Posted on: 05/8/20 at 6:30 am

Brian Howe, eks-vokalis Bad Company.
Brian Howe, eks-vokalis Bad Company. (Foto: Chloe Friedman).

Brian Howe, mantan vokalis grup hard rock Bad Company, telah meninggal dunia di usia 66 tahun. Mengutip seorang sumber dari keluarganya, TMZ melaporkan bahwa Brian Howe meninggal pada Rabu (6 Mei) di rumahnya di Florida, Amerika Serikat (AS) karena serangan jantung.

Brian Howe paling dikenal sebagai penyanyi yang menggantikan Paul Rodgers di Bad Company, meskipun terobosan besar pertamanya muncul pada tahun 1984 ketika penyanyi asal Inggris itu menyanyikan vokal utama dalam album Penetrator milik Ted Nugent. Dua tahun kemudian, Brian Howe digaet oleh Mick Ralphs dan Simon Kirke untuk memimpin Bad Company. Dia menjalani peran itu selama satu dekade, dengan berkontribusi dalam album Fame and Fortune, Dangerous Age, Holy Water, dan Here Comes Trouble. Selama periode ini, Bad Company juga sukses meraih lima lagu hit Top 10 di chart alias tangga lagu Rock Billboard, termasuk lagu ‘Shake It Up’, ‘No Smoke Without a Fire’, dan ‘Holy Water’.

Brian Howe meninggalkan Bad Company pada tahun 1994, dengan alasan perselisihan kreatif dengan anggota band lainnya. “Meninggalkan Bad Company bukanlah keputusan yang sulit,” ujar Brian Howe pada saat itu. “Itu telah sampai pada titik di mana tidak ada yang berkontribusi sama sekali dalam segi penulisan lagu dan terus terang saja, band ini menjadi sangat sangat ceroboh. Aku cukup lelah melakukan semua pekerjaan dan kemudian tidak mendapatkan apa-apa selain rasa dendam dari Mick dan Simon”.

Di bagian akhir kariernya, Brian Howe merilis beberapa karya solo dan meluncurkan label rekamannya sendiri. Musik solo terbarunya, sebuah single berjudul ‘Hot Tin Roof’, dirilis pada 2017 lalu.

Selamat jalan, Om Brian, rest in peace.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter