×
×

Search in Mata Mata Musik

Mantic Ritual Bangkit Dari Kubur, Kembali Nge-Thrash Via ‘Crusader’

Posted on: 10/9/21 at 2:00 pm

Mantic Ritual Bangkit Dari Kubur
Foto: via Facebook Mantic Ritual.

Mantic Ritual telah reuni dan meluncurkan single baru mereka, ‘Crusader’. Lagu baru pertama dalam 12 tahun sejak kuartet thrash metal ini bubar. Band asal Pittsburg, Amerika Serikat ini reuni dengan formasi orisinal, yani Dan Wetmore (vokal/gitar), Jeff Potts (gitar), dan Ben Mottsman (bass) bersama dramer baru Carlos Cruz (Warbringer, Exmortus, Power Trip). Lagu ini telah tersedia di semua platform streaming. Pre-order juga telah dibuka untuk vinyl 7-inci edisi terbatas (300 kopi) ‘Crusader’. Berisi lagu ini di side-A dan lagu cover klasik Mercyful Fate ‘Black Funeral’ di side B yang akan dirilis pada awal 2022. Silakan klik tautan ini.

Baca juga: Thulcandra Rayakan Esensi Black/Death Metal Via Album “A Dying Wish”

Vokalis/gitaris Dan Wetmore mengungkapkan antusiasnya tentang comeback Mantic Ritual.

“Apa kabar, para metalhead? Gue dengan senang hati mengumumkan rilisan Mantic Ritual pertama sejak debut 2009 kami di Nuclear Blast. Meskipun sudah lama, nyala api metal kami tidak pernah mati. Kami tidak merilis album saat ini, melainkan merilis beberapa rilisan yang lebih kecil sebagai antisipasi. Sudah lama dan kami menyalakan api, bangkit, mengumpulkan serpihan kami. Melalui M-Theory Audio, 7-inci ini hanyalah sedikit rasa dari apa yang akan datang, dan membuka jalan bagi penerus yang layak untuk album Executioner, memadatkan pengaruh thrash metal, death metal, dan punk kami menjadi sesuatu yang kompeten dan tajam”.

“Ketika gue berusia 18 tahun, kebangkitan thrash tampak seperti titik loncatan yang bagus untuk metalhead bajingan yang kesal. Gue masih kesal, mungkin masih brengsek, tetapi omong kosong telah mendarat dan jauh lebih ringkas, dan gue pikir, jauh lebih baik. Apapun tagline heavy metal penuh kata sifat yang lo pilih, gue berjanji Mantic Ritual baru akan memberikannya. Tentu, 7-inci bukan rilisan besar, tetapi gue yakin itu lebih besar dari kebanyakan dari kalian… pantau terus, teman-teman!”

Mantic Ritual, Salah Satu Gerombolan “Thrash Revival”

Sejak berdiri pada tahun 2005, mereka awalnya bernama Meltdown. Band ini mulai membangun gebrakan dengan scene heavy metal di wilayah Amerika Utara selama dua tahun berikutnya dengan kombinasi antusiasme dan musikalitas thrash yang tidak terbatas. Mereka kemudian tur ke seluruh negeri hingga ke Los Angeles pada tahun 2007, di mana konser bareng para pemimpin “Thrash Revival” California Selatan yang sedang berkembang seperti Warbringer, Fueled By Fire, dan Merciless Death mendapatkan perhatian besar audiens metal. Dan hingga berakhir dengan kontrak rekaman dengan Nuclear Blast Records.

Sejak itu mereka mengubah nama bandnya menjadi Mantic Ritual, dan merilis album full-length perdana mereka, Executioner pada Maret 2009. Album ini menerima pujian kritis pada saat dirilis, dengan MetalSucks memuji “kemampuan” band untuk menampilkan karya lagu yang solid sambil mempertahankan tingkat cadas yang tinggi. Sementara Blabbermouth mencatat “gairah, chemistry, dan intensitas” mereka, dan Washington Post mencatat bahwa “sensibilitas ‘old school’ Mantic Ritual bertindak seperti kelompok yang merangkul dan membawa punkers dan headbangers bersama-sama”.

Mantic Ritual menindaklanjuti perilisan Executioner dengan tur bersama para dedengkot metal seperti Rotting Christ and Destruction, sebelum bubar pada 2010. Potts dan Mottsman kemudian bergabung dengan Warbringer untuk album tahun 2013 mereka, IV: Empires Collapse. Sementara Potts sendiri juga tampil di album tahun 2018-nya Gygax, 2nd Edition. Potts, Mottsman, dan Wetmore mulai bersama-sama menulis dan merekam musik baru dengan Cruz pada awal tahun 2021.

Baca juga: BONGABONGA ‘Suara Sudra’: Thrash Metal Apaan Neh??!!

Selamat headbanging, bray!

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Kerry King

    Kerry King Mengaku Menyesal Bilang Slayer "Pensiun Terlalu Dini"

    Foto: Johnny Perilla. Kerry King, gitaris Slayer bertampang sangar baru-baru ini mengungkapkan pernyataan yang mengejutkan. Slayer merayakan perpisahannya d

    on Oct 13, 2021
    Trivium

    Trivium 'In The Court Of The Dragon': Salah Satu Lagu Metal Terepik 20...

    'In The Court Of The Dragon' menjadi pembuka jalan menuju album full length terbaru TRIVIUM yang diberi judul sama di tahun 2021. Kuartet metal garda terde

    on Sep 29, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021