×
×

Search in Mata Mata Musik

'Mantra Bentala' Kado Natal dari DownForLife

Posted on: 12/29/19 at 11:09 am

'Mantra Bentala' Kado Natal dari DownForLife
Foto: DownForLife

Jawara metal kota Solo, DownForLife (DFL) meluncurkan video lirik dari single barunya yang berjudul ‘Mantra Bentala’ melalui platform YouTube tepat pada 25 Desember lalu sebagai kado Natal untuk para Pasukan Babi Neraka – sebutan fans DownForLife.

Kehadiran video lirik lagu tersebut merupakan awal dari rencana peluncuran album keempat band asal Solo yang akan dirilis tahun 2020 di bawah panji indie label Jakarta ‘berbahaya’, Blackandje Records.

Video ini dikerjakan oleh Aditya Alamsyah alias Pepeng, seorang editor yang banyak mengerjakan beberapa film nasional dan Erik Setiawan Bhulut.

Mereka mengumpulkan dan menyunting footage penampilan DownForLife di berbagai panggung dari kurun waktu 2016 sampai 2019 dari beberapa fotografer dan videografer, yakni Tebby Wibowo, Iwan Siregar, Tossa Rahardiyan, Chandra Bedjo dan Anggula.

Mitra Ananda Rizki, bos Blackandje Records menjadi produser eksekutif dan vokalis DownForLife, Stephanus Adjie bersama Adria Sarvianto sebagai produser untuk rekaman lagu tersebut yang dikerjakan di DarkTones Studio, Cijantung, Jakarta, markas Blackandje Records.

Proses pembuatan lagu ini agak berbeda dengan lagu-lagu DownForLife di album sebelumnya yang digarap secara jamming saat latihan.

Kondisi sosial politik menjadi inspirasi Stephanus Adjie dalam menulis lirik lagu ‘Mantra Bentala’ yang kemudian dikemas dalam balutan kosakata spiritual khas DownForLife.

Mantra yang berarti doa dan Bentala dalam bahasa Jawa berarti bumi atau tanah. Dalam ajaran Jawa (Kejawen), Bentala digambarkan dalam warna hitam yang sering menggambarkan sifat keserakahan dan keburukan manusia.

Selamat ber-headbang ria menikmati lagu baru DownForLife!

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Burgerkill Siap Menggempur Nepal Mulai 14 Desember Besok!

E-flyer Mini Tour Burgerkill di Nepal (dok. Burgerkill) Belum begitu lama menuntaskan tour Amerika Serikat sebanyak 16 show selama Oktober 2019 lalu, mesin

on Dec 10, 2019
Mötley Crüe

Mötley Crüe Reuni, Rencanakan Tur 2020 Bareng Poison & Def Leppard

Kemarin (18/11), Mötley Crüe merilis video yang secara resmi mengumumkan reuni mendatang mereka tahun depan, di mana mereka akan tur bersama Poison dan De

on Nov 19, 2019
Hatebreed

Hatebreed Mulai Olah Album Baru yang Akan Meluncur Musim Semi 2020

Awal tahun ini, pionir musik hardcore Hatebreed merayakan ulang tahun ke-25 mereka sebagai band dengan tur anniversary besar-besaran. Sekarang band ini tampak

on Nov 18, 2019
Creative Waste

Creative Waste Gelar Pertunjukan Metal Pertama di Arab Saudi

Sejarah baru tercatat di Arab Saudi, saat band beraliran grindcore Creative Waste mengadakan pertunjukan metal pertama di ruang publik dalam sejarah negara ter

on Nov 18, 2019