×
×

Search in Mata Mata Musik

Mariah Carey Diam-Diam Pernah Membuat Album Alternative Rock!

Posted on: 09/29/20 at 9:30 am

Mariah Carey Diam-Diam Pernah Membuat Album Alternative Rock!
Mariah Carey circa 1995. (Foto: via Frank Micelotta Archive/Getty Images).

Hari ini, 29 September, Mariah Carey meluncurkan buku baru sekaligus buku memoar pertamanya yang berjudul The Meaning of Mariah Carey. Dan tanpa disangka di dalam buku ini terdapat satu anekdot yang cukup mencengangkan, yang sebelumnya belum diketahui dari karier legendaris sang Diva Pop, yaitu pada 1995, ternyata doi diam-diam pernah membuat sebuah album bergenre alternative rock!

Baca juga: Memoar Mariah Carey, ‘The Meaning of Mariah Carey’ Telanjangi Kisah Sang Diva

Mariah Carey mengungkapkan berita gembira itu pada hari Minggu melalui postingan Twitter saat mempromosikan buku barunya. “Aku membuat album alternatif rock di tengah pembuatan (album) Daydream,” tulis penyanyi pemenang multi-Grammy itu. “Hanya untuk bersenang-senang, tapi hal itu membuatku melewati masa-masa yang kelam”.

Termasuk dalam postingan Twitter-nya adalah kutipan dari memoar yang berisi detail lebih lanjut tentang proyek rahasia tahun 1990-an itu. “Aku membawakan sedikit lagu alternative rock-ku ke band dan menyenandungkan riff gitarnya yang lucu. Mereka mengambilnya dan kami segera merekamnya,” kata Mariah Carey mengutip dari bukunya. “Lagu-lagunya (terdengar) nggak sopan, mentah, dan mendesak, dan band menyukainya. Aku sebenarnya mulai menyukai beberapa lagu. Aku akan berkomitmen penuh pada karakterku”.

Bagi penggemar yang hanya mengetahui Mariah Carey sebagai salah satu penyanyi pop terbaik di zaman kita, karakter lain dari doi tentu membuat penggemar bingung. Mariah Carey menjelaskan lebih lanjut:

“Aku bermain dengan vokalis cewek yang memiliki gaya grunge-ceria, sedikit-punk yang populer saat itu. Kamu tahu orang-orang yang tampak begitu riang dengan perasaan dan citra mereka. Mereka bisa marah, gelisah, dan berantakan, dengan sepatu lawas, rok yang berkeriput, dan alis mata yang kacau, sementara setiap film yang aku buat sangat diperhitungkan dan terawat. Aku ingin membebaskan, melepaskan, dan mengungkapkan penderitaanku, tetapi aku juga ingin tertawa, setiap malam aku benar-benar berharap untuk melakukan sesi band “alter-ego” aku selepas (sesi rekaman) Daydream“.

Mariah Carey bahkan memberikan potongan singkat musik dari sesi rekaman album itu, sambil meneriaki seorang teman bernama Clarissa yang menjadi vokalis utama lagu ‘with me as a hidden layer’. Cuplikan tersebut juga menampilkan band Clarissa, Chick dan album mereka, Someone’s Ugly Daughter.

Baca juga: Mariah Carey Hadiahi Fans Setelah Album ‘E=MC2’ Tiba-Tiba Naik Chart iTunes

Dalam suatu pernyataan kepada Pitchfork, perwakilan Mariah Carey mengkonfirmasi bahwa Mariah Carey memang menulis, memproduksi, dan merekam vokal latar untuk album Chick Someone’s Ugly Daughter rilisan 1995 ini, serta mengarahkan salah satu video musik mereka. Sayangnya, Someone’s Ugly Daughter nggak tersedia untuk streaming. Namun beberapa lagunya, termasuk yang berjudul ‘Demented’ yang disebutkan oleh Mariah Carey, telah masuk ke YouTube. Dalam tweet lanjutannya pada hari Senin, Mariah Carey mengatakan bahwa doi sekarang dalam “pencarian untuk menemukan versi album ini dengan vokal utama aku dan nggak akan berhenti sampai kami menemukannya”.

Musim dingin ini, Mariah Carey akan membintangi acara eksklusif Apple TV + Natal. Program liburan Natal ini hadir kurang dari setahun setelah lagu legendarisnya, ‘All I Want for Christmas is You’ akhirnya menduduki puncak tangga lagu untuk pertama kalinya sejak rilisan awalnya.

Ok, inilah video musik ‘Demented’, lagunya Chick dari album Someone’s Ugly Daughter yang diproduseri oleh Mariah Carey.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Alex Porat

    Alex Porat Rilis Single & MV 'dimension' Sebagai Simbol Surga-Neraka

    Penyanyi asal Kanada, Alex Porat, pada hari Rabu, 5 Mei merilis single terbarunya, 'dimension' bersamaan dengan video musik yang disutradarai oleh kolabo

    on May 6, 2021
    Red Hot Chili Peppers

    Red Hot Chili Peppers Jual Katalog Lagunya Ke Hipgnosis Rp 1,4 Triliun

    Red Hot Chili Peppers. (Foto: Getty Images). Red Hot Chili Peppers menjadi artis baru yang bergabung di klub "Jual Putus Katalog Gegara Pandemi". Band funk

    on May 4, 2021
    Juliette

    Juliette Comeback Dengan Album "Istimewa" Fitur 3 Penyanyi Top Muda

    Juliette. (Foto: GMI Records). Setelah sekian tahun mengalami resesi tuna karya, band pop Juliette kembali membuktikan taji mereka di kancah musik nasional.

    on Apr 25, 2021
    Maltha

    Maltha, Mantan Dramer Metal Lepas Single Ballad Solonya, 'But Why'

    Perkenalkan penyanyi pendatang baru dari kota Jember, Jawa Timur. Nama Maltha Hilda atau cukup dipanggil Maltha saja. Belum lama ini, doi merilis single te

    on Apr 9, 2021