×
×

Search in Mata Mata Musik

Mark Stone, Bassis Pertama dan Salah Satu Pendiri Van Halen, Tutup Usia

Posted on: 09/28/20 at 9:00 am

Mark Stone, Bassis Pertama dan Salah Satu Pendiri Van Halen, Tutup Usia
Mark Stone. (Foto: via Radio Rock).

Kabar duka kali ini datang dari scene rock mainstream internasional. Bassis pertama legenda hard rock Van Halen, Mark Stone, telah meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker. Berita ini dikonfirmasi oleh saudaranya, Brad, yang memposting kabar duka tersebut melalui Instagram, dan oleh Van Halen News Desk, yang melaporkan bahwa Mark Stone belum lama ini dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Godsmack Samai Rekor Van Halen Pada Chart Mainstream Rock Billboard

Mark Stone merupakan salah satu anggota pendiri Van Halen, namun masa jabatannya di band hard rock legendaris itu hanya seumur jagung. Doi adalah anggota dari formasi pertama Van Halen pada 1972, bersama dua bersaudara gitaris Eddie Van Hale dan dramer Alex Van Halen, dan kemudian vokalis David Lee Roth. Awalnya, Van Halen menamakan diri mereka Genesis, tetapi mengubahnya menjadi Mammoth setelah mengetahui bahwa ada band lain bernama Genesis. Pada 1974, band ini mengganti nama mereka menjadi Van Halen saat berpisah dengan Mark Stone pada tahun yang sama dan Michael Anthony masuk menggantikan posisinya.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Mark Stone, doi pada saat itu harus fokus mengerjakan tugas sekolahnya, dan itu memengaruhi performanya dengan band. “Gue adalah murid bernilai ‘A’ di sekolah dan gue bergabung dalam band, dan gue harus memisahkan kedua hal ini, dan pada dasarnya, gue nggak bisa mengikuti mereka (band),” ungkap Mark Stone dalam film dokumenter The Van Halen Story: The Early Years.

Doi kemudian lanjut menjelaskan, “Kami bertemu suatu hari, dan mereka benar-benar meminta gue untuk pergi. Untuk waktu yang lama itu terasa sangat sulit. Sangat sulit untuk meninggalkan band itu karena gue tahu mereka ditakdirkan untuk menjadi hebat. Mereka mengatakan, ‘Jangan pergi sebelum keajaibannya terjadi,’ dan gue melakukan hal itu”.

Meski Mark Stone nggak pernah muncul dalam karya rilisan resmi Van Halen, doi berkontribusi pada beberapa demo band dari tahun 1973 hingga 1974. Demo itu bisa lo dengar di bawah ini, diikuti oleh film dokumenter Van Halen di mana doi membahas kepergiannya dari band.

Baca juga: Isteri Eddie Van Halen Buat Pesan Menyentuh di Instagram

Kami doakan semoga memiliki hati yang tegar dan ikhlas kepada keluarga, teman, dan rekan band Mark Stone selama masa sulit ini.

Rest in peace, Mark Stone.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sang Juara Turnamen Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Sang Juara Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Akhirnya kita tiba di penghujung Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik setelah selama sebula

    on Mar 2, 2021
    Turnamen Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik Babak Final

    Babak Final: Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Selamat mendarat di Babak Final Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik! Setelah tiga hari

    on Feb 28, 2021
    Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik

    Babak 4: Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik –...

    Wahai Kaum ORI (Orang Rock Indonesia)! Selamat mendarat di Babak Keempat Turnamen 32 Lagu Hard Rock & Heavy Metal Indonesia Klasik! Setelah lima har

    on Feb 25, 2021
    Edane Vs Pythagoras

    Turnamen Babak 3 – Side A: Edane Vs Pythagoras. Yuk Vote Sekarang!

    Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

    on Feb 20, 2021