×
×

Search in Mata Mata Musik

Mastodon Rilis Cover “Stairway to Heaven” di Record Store Day!

Posted on: 03/1/19 at 5:00 pm

“Dari titik tertinggi sampai titik terendah kami, dia selalu ada”

 Oleh: Spencer Kaufman. (Consequence of Sound)

Kematian manajer lama Mastodon, Nick John, meninggalkan duka mendalam bagi band metal ini, yang membatalkan keseluruhan tur musim gugur mereka bersama Dinosaur Jr. tepat sebelum John tutup usia pada bulan September. Band ini kini memberi penghormatan kepada sang manajer yang telah membantu membimbing karier mereka dengan merekam cover lagu klasik Led ZeppelinStairway to Heaven.”

Pada 30 Agustus 2018, Mastodon mengumumkan akan membatalkan tur mereka karena “situasi kritis yang dialami anggota keluarga Mastodon.” Tidak lama kemudian, John, yang juga memanajeri Gojira, dilaporkan berjuang melawan kanker pankreas. Dan hanya beberapa hari setelahnya, gitaris-penyanyi Brent Hinds menginformasikan berita kematian John kepada para penggemar.

Baca Juga: Slipknot Ungkap Kemungkinan Tanggal Rilis Album & Jadwal Tur

Kali ini, sebagai rilisan khusus untuk Record Store Day, Mastodon memutuskan untuk membawakan lagu “Stairway to Heaven,” yang mereka namai “Stairway to Nick John.” Seperti yang dijelaskan band ini dalam sebuah pernyataan, Zeppelin adalah salah satu band favorit John:

“Di awal bulan September 2018 kami kehilangan salah satu teman terdekat kami dan penggemar terbesar kami, manajer kami Nick John. Dia pada dasarnya adalah ayah dari band ini. Dari titik tertinggi sampai titik terendah kami, dia selalu ada. Setiap langkah yang kami ambil melaluinya terlebih dulu karena kepercayaan kami kepadanya sangat dalam. Band favoritnya selain kami dan Gojira, adalah Led Zeppelin. Kami diminta untuk membawakan ‘Stairway to Heaven’ di acara pemakamannya. Setelah itu, saat mengetahui seseorang telah merekamnya, kami memutuskan harus melakukan rekaman versi studio dan merilisnya di RSD sebagai bentuk penghormatan kepada Nick dan seluruh penghasilannya akan disumbangkan ke penelitian kanker pankreas. Kami tidak akan menjadi band seperti ini tanpa bantuan Nick John. Kami sangat merindukannya dan selalu memikirkannya. Kami menyanyangimu, sobat!”

Baca Juga: Weezer Garap Dua Album Baru Lainnya!

Perilisan terbatas sebanyak 1.500 unit vinyl yang berisi versi studio di Side A dan versi live di Side B akan tersedia di Record Store Day pada 13 April. Lagu tersebut kemudian akan bisa diunduh secara digital dan diputar di layanan streaming mulai bulan Mei.

Mastodon baru-baru ini mengumumkan tur bersama Coheed and Cambria, yang akan dimulai pada 28 Mei di Louisville, Kentucky. Mereka akan membawakan album mereka dari tahun 2009, Crack the Skye, secara keseluruhan di setiap konser dalam tur tersebut. Dapatkan tiketnya di sini.

Keterangan Foto Utama: Mastodon. (Foto: Jimmy Hubbard)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Chromatics Rilis Cover Lagu Jackson C. Frank “I Want to Be Alone”

Chromatics Rilis Cover Lagu Jackson C. Frank “I Want to Be Alone”

Cover ini hadir dengan video psikedelik garapan Johnny Jewel Chromatics merilis “I Want to Be Alone” dengan video psikedelik yang disutradarai oleh John

on Aug 26, 2019
Dave Grohl

Dave Grohl Ungkapkan Them Crooked Vultures Masih Mungkin Reunian!

Dave Grohl secara halus mengisyaratkan kemungkinan reuni Them Crooked Vultures. Baca Juga: Personil Foo Fighters Mengaku Diintimidasi Dave Grohl Supergroup

on Aug 19, 2019
2 Tahun Lalu, Prophets of Rage Plesetkan Lagu Beastie Boys Jadi “No Sleep Til Cleveland”

2 Tahun Lalu, Prophets of Rage Plesetkan Lagu Beastie Boys Jadi “No ...

Rekaman live lagu ini diputar perdana di Beats 1 Apple Music dan akan muncul di EP debut mereka, The Party’s Over. Supergrup rock-rap Prophets of Rage—y

on Aug 5, 2019
Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Kasus terkait kemiripan lagu Marvin Gaye “Let’s Get It On” dan “Thinking Out Loud” dari Ed Sheeran ditunda sampai hasil kasus Led Zeppelin diputuskan

on Jul 8, 2019