×
×

Search in Mata Mata Musik

Matt Heafy Gandeng Nergal Dan Ihsahn Di Proyek Album Black Metal

Posted on: 09/2/21 at 10:00 am

Matt Heafy (Trivium) Gandeng Nergal (Behemoth) Dan Ihsahn (Emperor) Di Proyek Album Black Metal
Matt Heafy tampil live bersama Trivium (Foto: Getty Images).

Setelah merilis 9 album studio dan sedang berkutat juga dalam penggarapan album ke-10 yang berjudul In The Court Of Dragon, vokalis sekaligus gitaris kuartet metal Trivium, Matt Heafy, baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk merilis album bergenre black metal yang akan rilis tahun depan.

Baca juga: Trivium ‘In The Court Of The Dragon’ Salah Satu Single Metal Terepik 2021

Dalam sesi wawancara terbarunya bersama Jamey Jasta dalam acara The Jasta Show, Matt mengungkapkan “Selama lockdown gue bisa menyelesaikan rekaman lagu-lagu black metal yang gue kerjakan bersama Ihsahn dari Emperor. Dia sudah bareng-bareng gue hampir 11 tahun dalam memproduksi dan menulis lagu. Estimasinya album ini akan keluar di pertengahan tahun depan. Pasti ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan,” ungkap Matt kepada Jasta.

Awalnya band ini akan diberi nama Mrityu namun setelah berdiskusi bersama Ihsahn, Matt memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Ibaraki. Mengenai nama ini Matt menjelaskan, “Dulu diberi nama Mrityu, nama tersebut didapatkan dari Yoga Ashtanga. Secara arti kata tersebut diartikan sebagai konsep hidup dan mati, sama halnya seperti Ouroboros, sama seperti sebutan Enso di Jepang. Gagasan hidup dan mati selalu bersimbiois satu dengan lainnya”.

Mitologi Jepang menjadi topik penulisan lirik proyek album Matt Heafy

“Awalnya gue berdiskusi cukup panjang dengan Ihsahn. Secara pribadi gue menyukai kisah-kisah mitologi Skandinavia, mitologi Nordik dan Swedia. Gue juga punya bayangan untuk menulis tentang Thor dan Jörmungandr”. Namun Ihsahn memberikan pandangan lain, menurutnya hal tersebut sudah banyak dilakukan dan Ihsahn menanyakan, “lo mempunyai sejarah yang luas dan kaya untuk dimanfaatkan dari sisi ke-Jepang-an lo, men”.

Sontak statement tersebut membuat Matt menyetujui usulan dari Ihsahn dan sepakat untuk menggunakan nama Ibaraki. Nama ini dinilai cocok karena secara lirik nantinya akan banyak bercerita mengenai sejarah dan peristiwa yang terjadi di seputar masyarakat Jepang.

Baca juga: Trivium Umumkan Detail Album Baru & Rilis MV Single ‘Feast Of Fire’

Selain Ikhsan, pentolan vokalis yang merangkap sebagai gitaris di Behemoth, Nergal, juga akan turut serta dalam proyek kolaborasi di album ini. Sangat bisa dipastikan ini akan menjadi proyek kolaborasi penting yang pernah ada dalam kancah metal internasional. Sembari menanti albumnya tahun depan, kita simak detail obrolan Matt Heafy bersama Jamey Jasta dalam acara The Jasta Show.

Penulis, Penerjemah & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Thulcandra

    Thulcandra Rayakan Esensi Black/Death Metal Via Album "A Dying Wish"

    Foto: dok. Napalm Records. Thulcandra kembali membawa berita gembira. Setelah pengumuman album baru mereka, A Dying Wish, bersama dengan single pertamanya '

    on Oct 6, 2021
    Limp BIzkit

    Limp Bizkit Merilis Lagu 'Dad Vibes' Setelah Debut Live Di Lollapalooz...

    Sampul lagu terbaru Limp Bizkit. Panggung perdana Limp Bizkit setelah sekian lama tertunda akibat pandemi akhirnya dipecahkan di gelaran festival Lollapaloo

    on Oct 1, 2021
    David Bowie

    David Bowie Merilis Album "Toy" Yang Sempat Dilupakan Tahun 2011

    David Bowie (Foto: Frank W. Ockenfels 3). Sebuah album studio milik David Bowie yang tidak pernah dirilis sebelumnya akhirnya akan dirilis secara resmi seha

    on Sep 30, 2021
    Ad Infinitum

    Ad Infinitum Merilis MV 'Afterlife' Jelang Album "Chapter II - Legacy"

    Ad Infinitum, mungkin nama yang asing bagi sebagian orang. Tetapi tidak bagi kalangan penggemar heavy metal. Band symphonic metal ini merilis lagu kedua me

    on Sep 30, 2021