×
×

Search in Mata Mata Musik

Mau Dengar Musik Korea Selain K-Pop? Inilah 10 Rekomendasi Band Keren!

Posted on: 08/3/20 at 7:30 am

Bursters. (Foto: Facebook Bursters).

Mungkin sebagian dari kita, terutama kalian para milenial mengenal musik dan artis Korea melalui invansi K-pop ke seluruh dunia. Dengan terus meningkatnya kesukaan orang terhadap K-pop, sayangnya menjadi menutupi fakta bahwa Korea Selatan bukan hanya memiliki idol-idol boyband atau girlband K-pop, tapi juga merupakan rumah bagi banyak band-band keren mulai dari genre pop punk hingga alternative rock. Dominasi K-pop membuatnya sulit untuk membayangkan bagaimana genre seperti rock bisa berkembang di industri musik negara itu. Buka mata kalian lebar-lebar.

Jika lo menyukai K-pop tetapi juga ingin menyelam dan mengeksplorasi lebih dalam dan melihat ada apa saja yang ditawarkan oleh kancah musik Korea Selatan, lihat band-band di bawah ini mulai dari yang mengusung pop punk, alternative rock, hingga metal.

Baca Juga: 6 Momen Jungkook (BTS) Buktikan Cintanya Kepada Justin Bieber

1. DAY6

DAY6 mengalami peningkatan yang stabil menuju ketenarannya sejak debut mereka pada tahun 2015. Dengan sound yang memadukan unsur-unsur balada soft-rock dan lagu-lagu pop-punk, band ini mendapatkan tempat mereka untuk menjadi salah satu grup yang lebih populer di kancah musik rock Korea. Pada tahun 2017, band ini memulai proyek Every Day6 mereka, serangkaian single yang dirilis setiap bulan sepanjang tahun dengan tema-tema seperti cinta, kehilangan, dan persahabatan. DAY6 terus berputar sekeliling konsep tahun 1980-an dalam video musik terbaru mereka, ‘Days Gone By’. Mereka terus menulis lagu pahit-manis yang penuh dengan lirik emotif dan instrumental yang cerdas.
Gaya musiknya seperti: The Aces, PVRIS

2. Bursters

Bursters, juga dikenal sebagai Burstered dalam beberapa terjemahan, pertama kali melakukan debut mereka pada tahun 2014 di ajang unjuk bakat TV Korea Selatan, Superstar K. Setelah menjalankan tugas mereka di acara itu, band beranggotakan lima orang ini dengan cepat menjadi tenar setelah perilisan single screamo mereka, ‘Lost Child’. Band ini terus membuat musik emo rock yang menarik perhatian dan telah menjalankan tur dunia pada bulan Mei lalu dengan rekan artis sesama label musik mereka, Broken Valentine dan AIVAN.
Gaya musiknya seperti: Black Veil Brides, Escape The Fate

3. Nell

Band indie-rock yang berbasis di Seoul ini adalah para veteran di kancah musik rock Korea Selatan, dianggap oleh banyak orang sebagai arsitek pengembangan dan pertumbuhan genre tersebut. Gaya penulisan lagu kuartret ini yang gelap digabungkan dengan akar psikedelik mereka telah menjadi ciri khas mereka dan membuat mereka mendapat perhatian luas di Korea Selatan, mengantarkan era kreatif baru untuk musik rock di negara itu. Baru-baru ini, Nell tampil di mixtape mono milik RM dari BTS dan merilis album terbaru mereka, Let’s Part, pada tahun 2018.
Gaya musiknya seperti: Muse, Radiohead

4. FTISLAND

Sejak tahun 2007, FTISLAND — kependekan dari Five Treasure Island — telah bereksperimen dengan hampir semua genre rock. Band ini sukses menghindari standar musik mainstream dengan terus-menerus menciptakan lagu anthemic yang diisi dengan lirik-lirik emosional dan instrumental yang dinamis. Setelah merilis album debut mereka, Cheerful Sensibility, FTISLAND menemukan kesuksesan besar tidak hanya di negara asal mereka tetapi juga di Jepang, menghasilkan lebih dari selusin album, termasuk Where’s The Truth? pada tahun 2016 dan Everlasting pada bulan Maret lalu.
Gaya musiknya seperti: Bring Me the Horizon, 30 Seconds To Mars

5. Inlayer

Kuartet progressive metal Inlayer secara kreatif mencampurkan unsur-unsur nü-metal dengan djent untuk menancapkan kuku mereka di kancah musik metal Korea Selatan. Sound mereka yang bombastis membuat mereka diperhatikan oleh SM Entertainment, menghasilkan dua penampilan pada proyek digital perusahaan manajemen artis itu, SM Station pada 2016. ‘Mindjack’ menampilkan keterampilan instrumental band tersebut, sementara lagu ‘Nightmare’ menghadirkan unsur-unsur hip-hop, elektronik dan vokal dasar yang kuat untuk terjun ke wilayah rapcore.
Gaya musiknya seperti: Linkin Park, Of Mice & Men

6. Hyukoh

Dikenal karena sound indie mereka yang sinematik dan seringkali melankolis, Hyukoh menjadi terkenal setelah tampil di acara TV Korea Selatan Infinite Challenge dan telah menolak untuk bersantai-santai. Band ini adalah contoh utama dari kombinasi genre yang ciamik, video musik yang kuat dan konsep lirik yang liar yang dibuat lebih mudah dikonsumsi untuk pendengar berkat kelancaran sang vokalis Oh Hyuk dalam bahasa Korea, Mandarin dan Inggris. Setelah merilis album studio pertama mereka 23 pada tahun 2017, band ini melanjutkan tur dunia pertama mereka dan lagu mereka ‘Citizen Kane’ ditampilkan dalam iklan komersial untuk iPhone X pada tahun berikutnya. Baru-baru ini, Hyukoh telah tampil di seluruh dunia dan bahkan sempat mampir ke AS untuk tampil di festival musik Coachella tahun 2019.
Gaya musiknya seperti: Arcade Fire, Muse

7. South Club

South Club secara resmi terbentuk ketika vokalis/gitaris utama mereka Nam Taehyun, sebelumnya dari grup K-pop Winner, memutuskan untuk meninggalkan kehidupan sebagai idol K-pop untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan kreatif dan kontrol artistik. Fondasi kuat vokalis itu di berbagai genre seperti blues, grunge dan indie rock menetapkan sound EP tahun 2017 South Club, 90, yang mengambil inspirasi dari kebangkitan Brit-pop rock era tahun 1990-an. Dalam lagu mereka ‘OUTCAST’, band itu memainkan bass dan riff gitar yang klimaks, dihiasi dengan suara synthesizer, distorsi dan instrumen organ untuk membuat sebuah lagu yang terasa baru dan nostalgia.
Gaya musiknya seperti: The 1975, Yungblud

8. Wetter

Pada bulan November 2016, Wetter muncul ke scene musik dengan kekuatan penuh, merilis single pertama mereka ‘Who’ dan menindaklanjutinya dengan debut EP mereka, Romance In A Weird World, enam bulan kemudian. Ini menjadikan Wetter sebagai grup yang terbuka untuk bereksperimen, tidak pernah menetapkan satu sound tertentu sebagai ciri khas mereka. Dalam ‘Who’, band ini menggunakan melodi upbeat yang diulang-ulang dan suara gitar sederhana yang didukung oleh dram yang santai, sementara lagu ‘Lucy’ mencakup nada yang lebih kompleks dan lebih gelap serta lambat. Tahun 2019 lalu, kuartet itu merilis video musik untuk single mereka ‘GGONDAE’ dan tampil di festival Sound City di Liverpool, Inggris.
Gaya musiknya seperti: Arctic Monkeys

9. The Rose

Meskipun mereka secara resmi memulai debutnya pada tahun 2017, penggemar lama dari The Rose mungkin lebih akrab dengan masa-masa mereka di scene pengamen jalanan Korea. Single pertama mereka, ‘Sorry’, adalah lagu balada emosional tentang kehilangan cinta, menawarkan pengantar yang fantastis terhadap nuansa soft-rock band itu. Sang vokalis Kim Woosung memiliki kontrol yang sangat besar terhadap gaya vokalnya yang serak yang menyentuh berbagai tema seperti kesepian, hubungan cinta yang tidak stabil, dan keraguan. Karenanya, gaya itu menciptakan sound pop-rock yang berbeda ketika dikombinasikan dengan lirik introspektif mereka.
Gaya musiknya seperti: The Script

10. Guckkasten

Rocker psikedelik Guckkasten telah menjadi tokoh utama di kancah musik eksperimental Korea Selatan sejak didirikan pada tahun 2007. Menarik inspirasi dari rocker-rocker AS seperti Metallica, Arcade Fire dan Red Hot Chili Peppers, kuartet itu terus mengeluarkan album demi album yang terdiri dari sound mereka yang dreamy namun eksplosif, yang terbaru adalah album STRANGER dari tahun 2017. Mereka menghabiskan tahun 2018 dengan memainkan berbagai konser di seluruh negeri, dan sang vokalis Ha Hyun-woo bahkan tampil sebagai performer untuk seremoni Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.
Gaya musiknya seperti: Red Hot Chili Peppers

Band-band Korea ini ada yang lo suka nggak? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BUZZ

Amarah Trio Grunge BUZZ Meledak Melalui 'Awas!!!', Lagu Tentang Kemerd...

BUZZ. Setelah beberapa waktu lalu single kedua BUZZ 'Tanah Semburat' mengudara, kali ini trio alternative rock kelahiran kota Malang ini kembali melancarkan

on Sep 17, 2020
Glory Of Love Vs The Rang-Rangs

Turnamen Babak 2 – Side B: Glory Of Love Vs The Rang-Rangs. Vote Sek...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Sep 15, 2020
Toast Vs Better Think Of Somethings

Turnamen Babak 2 – Side A: Toast Vs Better Think Of Somethings. Vote...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Sep 15, 2020
98 Chaos vs Uncle Bendoth

Turnamen Babak 2 – Side B: 98 Chaos Vs Uncle Bendoth. Vote Sekarang!

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Sep 15, 2020