×
×

Search in Mata Mata Musik

Max Cavalera (Soulfly) dan 10 Album Yang Paling Berkesan Dalam Hidupnya

Posted on: 07/5/20 at 8:00 am

Max Cavalera (Soulfly) dan 10 Album Yang Mengubah Hidupnya
Max Cavalera. (Foto: Napalm Records).

Max Cavalera. Sebenarnya nama ini tidak perlu diperkenalkan lagi. Tapi what the hell, sekarang sudah tahun 2020, regenerasi sudah berjalan sekian kali dan pembaca MataMata Musik pun didominasi oleh “Younger Milennials”!

Okeh, seluruh dunia pertama kali mengenal (dan akan selalu mengenang) Max Cavalera sebagai vokalis merangkap gitaris ritem band thrash metal legendaris kelahiran Belo Horizonte, Brazil. Sepultura merupakan salah satu raksasa metal yang berhasil menaklukkan blantika musik cadas selama dekade 1990-an. Dan Sepultura adalah bagian dari sejarah musik Indonesia juga karena mereka telah “membakar” Jakarta dan Surabaya pada pertengahan tahun 1992 silam dalam rangkaian tur dunia untuk mempromosikan album Arise yang dilegitimasi sebagai mahakarya metal sepanjang masa. Sosok Max sudah melegenda di kalangan metalhead, terutama generasi 1990-an.

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

Namun sayangnya, Max terpaksa keluar dari Sepultura pada 1996 dan membentuk Soulfly yang dia tekuni sampai sekarang. Dan sebagai musisi yang berpengaruh, kita pasti penasaran artis atau album apa saja yang pertama kali memotivasi dia untuk bermain band dan menjual seluruh jiwanya ke Dewa Rock and Roll. Inilah 10 album yang mengubah hidup Max… Dari Black Sabbath, Slayer hingga… INXS, …eeiittt…apa?!

Album Pertama Yang Gue Beli Adalah…

Queen – Live Killers (1979)

“Sepupu gue membawa gue dan adik gue, Iggor untuk menonton konser Queen di São Paulo (Brazil) pada tahun 1981; Gue langsung suka. Keesokan harinya gue tuh yang kayak, ‘Gue harus membeli beberapa album Queen!’ Terus gue membeli kaset ini. Karena ini adalah album live, ini mengingatkan gue pada konsernya, yang benar-benar hebat”.

Cover Artwork Album Terbaik Adalah…

Led Zeppelin – Houses Of The Holy (1973)

“Gue selalu berpikir bahwa itu terlihat sangat keren, sangat mistik dan ikonik – itu terlihat sangat aneh, tetapi dengan cara yang aneh itu juga sangat menarik, ngerti ‘kan maksud gue? Cover itu selalu membuat gue tertarik, gue nggak tahu kenapa – hanya cocok banget dengan nuansa albumnya”.

Gue Pernah Lewati Batas Kecepatan Sambil Mendengarkan…

Discharge – Hear Nothing See Nothing Say Nothing (1982)

“Ini lagu demi lagu isinya benar-benar total cadas! Ini memiliki semacam sound gitar yang lebar dan semuanya sangat agresif; kalau gue sedang menyetir ini akan selalu menjadi album yang gue geber untuk berkendara lebih ngebut”.

Jika Seorang Anak Bertanya Apa Itu Metal. Gue Akan Kasih Mereka Album…

Slayer – Reign In Blood (1986)

“Sungguh menakjubkan bagaimana dalam 30 menit mereka dapat memasukkan begitu banyak kemarahan dan “setruman” ke dalamnya. Gagasan bahwa less is more; beberapa lagu bahkan tidak sampai dua menit – yang belum pernah terjadi dalam metal untuk sementara waktu. ‘Angel Of Death’ mungkin adalah lagu metal pembuka terbaik yang pernah ada!”.

Album Yang Bikin Gue Patah Hati Adalah…

Uriah Heep – Abominog (1982)

“Gue dan Iggor baru saja membeli (album) Iron Maiden karena kami menyukai cover albumnya, jadi kami melihat di sebelahnya ada Abominog dengan (gambar) setan ini yang memandangmu – itu adalah cover yang gila – dan gue bilang, ‘Gue yakin ini pasti super cadas!’ Tapi ketika kami sampai di rumah, itu benar-benar musik rock yang norak!”.

Album Yang Gue Harap Gue lah Pembuatnya Adalah…

Black Sabbath – Sabotage (1975)

“Tepat setelah Symptom Of The Universe – yang bagi gue merupakan riff terbaik yang pernah diciptakan, dan yang pernah dimainkan; Tommi Iommi benar-benar menguasai riff itu – semua yang ada di dalamnya sangat bagus. Black Sabbath sedang bagus-bagusnya ketika mereka membuat itu; mereka sudah tahu apa yang mereka inginkan. Semuanya dimainkan dengan sempurna, suara Ozzy Osbourne luar biasa… itu hanya album yang sangat luar biasa”.

Gue Ingin Dikenang Melalui Album…

Soulfly – Soulfly (1998)

“Ini adalah album tersulit yang pernah gue buat dan gue rasa karena ini, ini juga menjadi salah satu yang terbaik. Ini terasa seperti lagu ‘No Hope, No Fear’ – sikap gue semacam seperti itu. Gue baru saja kehilangan semua harapan pada saat itu; Gue baru saja diusir dari Sepultura dan gue harus memulai dari awal lagi. Gue seperti, ‘Gue tidak peduli lagi, gue hanya harus melakukan apa yang harus gue lakukan dan jika orang-orang menyukainya, mereka menyukainya, dan jika mereka tidak… persetan dengan mereka!’”.

Saat Pemakaman Gue, Gue Ingin Orang-orang Untuk Memainkan Album…

Nailbomb – Point Blank (1994)

“Ini hanyalah album yang sangat mengesalkan! Gue dan Alex (Newport, Fudge Tunnel) kesal pada semuanya dan memutuskan untuk membuat sebuah proyek penuh kebencian yang sangat ‘persetan dengan dunia’. Ini adalah salah satu album yang paling ‘persetan denganmu’ sepanjang masa; ini bertujuan untuk segalanya, dan menghancurkan segalanya. Jadi, itu keren – untuk diingat sebagai orang yang muncul ke sini hanya untuk mengacau, sempurna ala Nailbomb!”.

Album Terbaik Untuk Didengarkan Saat Seks Adalah…

Bob Marley – Catch A Fire (1973)

“Itu (yang cocok saat seks) harus seperti musik Ray Charles atau jazz atau semacamnya. Bob Marley bisa cocok juga, album seperti Catch A Fire yang terasa bagus dan lembut; itu memasukkanmu ke dalam suasana hati yang tepat tetapi tidak mengalihkan perhatianmu dari apa yang seharusnya kamu lakukan!”.

Tidak Ada Yang Akan Percaya Bahwa Gue Memiliki Album…

INXS – INXS (1980)

“Gue benci (album ini) saat itu. Gue adalah penggemar metal, jadi jika ada apa pun yang (ber-genre) new wave gue akan seperti, ‘Singkirkan omong kosong itu dari gue!” Tapi sekarang karena gue sudah lebih tua dan gue mendengarkan beberapa lagunya, itu sebenarnya bagus! Mereka berpakaian konyol dan memiliki potongan rambut yang konyol – itu adalah segala trend dari tahun 1980-an ‘kan – tetapi musiknya sebenarnya agak bagus”.

Sumber: Metal Hammer
Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The Osbournes & Aimee Osbourne

Aimee Osbourne Ungkap Alasannya Tidak Pernah Ikut di Serial TV ‘The ...

Foto: via The Osbournes/MTV, Aimee Osbourne/YouTube. Bagi kalian yang suka banget dengan keluarga The Osbourne pasti karena2 ketika reality show mereka yang

on Aug 7, 2020
The Wheelblocks

Nita Strauss, Chris Jericho, Johnny Christ, Phil Demmel Bikin Band Met...

Chris Jericho, Nita Strauss, Johnny Christ. Sederet musisi cadas telah berkumpul dan bersepakat untuk membentuk sebuah "supergrup" bernama The Wheelblocks.

on Aug 5, 2020
Tony Costanza

Mantan Dramer Machine Head dan Crowbar, Tony Costanza, Tutup Usia

Tony Costanza. (Foto: via Facebook). Tony Costanza, dramer formasi awal Machine Head yang juga pernah memperkuat formasi Crowbar, dilaporkan telah meninggal

on Aug 5, 2020
Motorhead X Triple H

WWE Resmi Rilis Vinyl ‘Triple H x MOTÖRHEAD’ dan Aneka Merchandis...

Triple H X Motorhead Evolution Of The Game vinyl. Beberapa bulan yang lalu, legenda atlet gulat WWE (World Wrestling Entertainment) Triple H mengungkapkan b

on Aug 2, 2020