×
×

Search in Mata Mata Musik

MC Abdul, Rapper Cilik Palestina Debut Single ‘Shouting At The Wall’

Posted on: 07/1/21 at 12:00 pm

MC Abdul, Rapper Cilik Palestina Debut Single ‘Shouting At The Wall'

MC Abdul, rapper cilik kelahiran Gaza, Palestina berusia 12 tahun, telah merilis single debutnya, ‘Shout at the Wall’. Lagu doi telah tersedia di platform streaming beserta video musiknya yang direkam di Gaza dengan latar pemandangan puing-puing sisa perang. Dilansir dari The National News, rapper ini memenuhi janjinya untuk merilis lagu lain tentang kehidupan di Palestina yang diokupasi dan diinvasi Israel.

Baca juga: MMM Playlist Juni 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

Anthem Untuk Perlawanan Palestina

“Aku lelah. Tadi malam aku tidak bisa tidur dan ketika aku tidur, aku mendengar bom dalam tidurku,” ucap MC Abdul saat doi nge-rap dalam lagunya. Lagu ini dibantu aransemennya oleh produser Irlandia GMC Beats, yang menampilkan nada ratapan tajam.

Dalam bait pertama, MC Abdul yang bernama asli Abdalrahman Alshantti, merinci kecemasan dan ketidakpastian yang dialami keluarganya di Palestina selama pemboman Gaza pada bulan Mei, yang menewaskan sekitar 200 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang.

“Meringkuk di sudut kamarku, mencoba melindungi adik laki-lakiku,” ucap doi saat nge-rap. “Saat bangunan bergetar seperti kesurupan, tetapi tidak ada yang lebih kuat dari keinginan orang yang tertindas”.

Bait kedua didedikasikan untuk ketahanan Palestina. “Bangunan berubah menjadi abu tetapi pikiranku terbuat dari baja, jadi tidak perlu banyak waktu untuk menyembuhkanku,” lanjut doi nge-rap.

MC Abdul juga menyentuh bagaimana hip-hop adalah hiburannya selama masa-masa sulit. “Kekuatan yang aku miliki di penaku, ketika aku sedang menulis, aku tidak terbendung. Mikrofon adalah satu-satunya jalan keluar yang memungkinkan,” tulis doi dalam bait lirik lainnya.

Lagu tersebut merupakan gabungan bagian chorus-nya yang anthemic dan sekaligus berfungsi sebagai seruan perang ala hip-hop untuk perlawanan Palestina. “Aku ingin kebebasan bagi penduduk, dua juta tahanan yang tinggal di lokasi ini,” lantun chorus lagu itu melanjutkan. “Berteriak ke dinding tapi tidak ada yang berubah. Itulah kehidupan di bawah okupasi (invasi)”.

Direkam dalam satu kali pengambilan, kamera terus mengikuti MC Abdul saat doi nge-rap melintasi reruntuhan di Gaza dalam video musik lagunya.

Awal Karier MC Abdul

‘Shouting at the Wall’ adalah lagu pertamanya dengan label rekaman Empire. Perusahaan label musik dan distribusi ini didirikan pada 2010 oleh Ghazi Shamiand. Pria berdarah Palestina-Amerika dan berkantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat. Dalam roster Empire terdapat sederet hits dari bintang hip-hop besar seperti Tyga ‘Taste’, Fat Joe ‘All the Way Up’, dan XXXTentacion ‘Look at Me’.

Eksistensi MC Abdul berhasil tertangkap radar Empire setelah lagunya, ‘Palestina’, menjadi viral. Dirilis pada bulan Mei di tengah konflik Palestina-Israel terakhir, lagu tersebut membuatnya nge-rap tentang masalah Palestina melalui beat dari lagu Eminem ‘Cleanin’ Out My Closet’.

“Karena satu-satunya misiku adalah membuat orang mendengarkan,” demikian yang tertulis di liriknya. “Yang ini untuk Sheikh Jarrah, berharap bisa membuat perbedaan”.

Lirik tanpa kompromi dan bakat Abdul menghasilkan videonya meraih lebih dari lima juta penayangan di Instagram dalam empat hari pertama, serta repost dari produser top berdarah Palestina-Amerika, DJ Khaled.

Tokoh musik lain yang menunjukkan cinta kepada video Abdul termasuk manajer The Weeknd, Wassim ‘Sal’ Slaiby dan artis hip-hop Palestina Suhell Nafar dan Anees the Rapper.

“Aku sangat bersemangat untuk menunjukkan kepada kalian rilisan resmi pertamaku,” tulis Abdul di Instagram untuk mempromosikan ‘Shouting at the Wall’. “Aku mencurahkan banyak perasaanku ke dalam yang satu ini”.

Baca juga: Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat ‘Crossover’ Hip Hop & Aksi Viral TikTok

Dilihat dari antisipasi publik di seputar lagu tersebut, sepertinya dunia siap untuk mendengarkan karya Abdul. Selamat menyimak rapper muda berbakat yang satu ini. Semoga ada perubahan yang lebih baik bagi masa depan Palestina.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Edamame

    'Edamame' bbno$ & Rich Brian, Melting Pot Hip Hop Yang Asoy

    Kolaborasi musikal antara bbno$ (dibaca: baby no money) dengan Rich Brian, di lagu ‘Edamame’ ternyata berhasil membuat heboh serta menghasilkan respons

    on Oct 9, 2021
    G-Eazy

    G-Eazy Rilis Album Baru "These Things Happen Too", Sekuel Album Debut

    Foto: Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic. G-Eazy akhirnya merilis album baru pada hari Jum'at, 24 September 2021. Sebuah album sekuel yang berjudul These Thing

    on Sep 26, 2021
    bbno$

    bbno$ Rilis Single 'I Remember' Seraya Umumkan Album "eat ya veggies"

    Foto: Mats Schram. bbno$ (dibaca: baby no money), rapper Kanada yang grafik kariernya kian menanjak merilis single terbarunya, 'I Remember'. Doi juga sembar

    on Sep 24, 2021
    bbno$ & Rich Brian

    'Edamame' Viral, bbno$ & Rich Brian Rilis Video Lirik Bahasa Indonesia

    Rich Brian, rapper kebanggaan Indonesia yang memiliki karier internasional kembali jadi sorotan. Berkat kolaborasi musikal antara rapper Kanada bernama bbn

    on Sep 18, 2021