×
×

Search in Mata Mata Musik

Melanie Fontana, Sosok di Balik “Boy With Luv”

Posted on: 04/22/19 at 12:45 pm

Tidak bisa dipungkiri kalau BTS banyak meroketkan single sukses. Tapi sekarang, saatnya berkenalan dengan salah satu penulis single sukses tersebut.

Setelah lebih dari satu tahun menunggu, penggemar BTS akhirnya mendapatkan apa yang sudah mereka tunggu-tunggu: album baru dalam bentuk Map of the Soul: Persona.

Dalam beberapa jam setelah dirilis, video pertama untuk single pertama album “Boy With Luv” bersama Halsey berhasil memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton dalam 24 jam.

Baca Juga: Kurt Vile Hadirkan Cover “No Expectations”

Tetapi lagunya sendiri, yang ditulis oleh penulis lagu asal AS Melanie Fontana yang pernah bekerja sama dengan sejumlah artis termasuk Justin Bieber, Britney Spears, dan artis Korea lainnya, hampir tidak terwujud.

Fontana (32) mengatakan pada BuzzFeed News, bahwa seseorang dari BigHit—perusahaan hiburan dari Korea yang mengelola BTS—menghubunginya via Instagram untuk membahas kesempatan mengerjakan album yang akan datang, tetapi karena kotak pesannya penuh, tawaran kerja sama tersebut tidak terbaca selama berbulan-bulan.

“Ternyata BigHit menghubungi saya, label rekaman itu menghubungi saya, di Instagram, dan karena banyak penggemar BTS yang menghubungi saya, saya tidak bisa selalu membalas semua orang,” kata Fontana pada BuzzFeed News. “Saya punya begitu banyak permintaan pesan yang tidak terbaca yang saya lewatkan, saya melewatkan A&R ini di kotak pesan saya selama berbulan-bulan.”

Meskipun dia melewatkan pesan tersebut, pihak A&R terus mencoba dan akhirnya menemukan Fontana melalui media lain. Saat ditanya apakah dia ingin bergabung, jawabannya adalah “tentu saja”, ujar Fontana. Dan, selain menulis lagu itu, dia juga menyumbangkan vokalnya di latar lagu dan bergabung dengan BTS saat mereka tampil di Saturday Night Live.

Fontana sebelumnya ikut menulis “Euphoria” untuk Jungkook BTS di album Love Yourself yang meraih No. 2 di daftar lagu Billboard World Music, yang memulai kemitraan suksesnya dengan BigHit.

Dia menuturkan, “Saya dipanggil untuk menulis bersama dengan seorang produser bernama Candace Nichole Sosa dan partnernya, DJ Swivel.

“Kami pada dasarnya ditugaskan menulis lagu pop dengan harapan lagu itu akan sampai ke seseorang yang luar biasa, dan orang yang luar biasa itu akan mendengarnya dan mengambilnya, dan itulah yang terjadi dengan Euphoria dan Jungkook.”

Saat mengerjakan “Boy With Luv,” Fontana, yang menulis lagu itu bersama suaminya, Michael “Lindgren” Schulz, mengatakan dirinya menerima banyak instruksi dari BigHit dan BTS dalam hal penyusunan lagu.

Mereka menulis liriknya dalam Bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke Bahasa Korea. Fontana menjelaskan, BTS memiliki “identitas yang kuat dan visi yang kuat” dan meskipun tidak mudah menulis lagu itu, tetap mudah baginya bekerja sama dengan BTS.

“Mereka tahu persis apa yang mereka inginkan jadi sebagai penulis lagu itu adalah sebuah anugerah,” tutur Fontana. “Jadi saya hanya mengambil ide mereka dan menaruh puisi saya ke ide mereka dan begitulah cara kerjanya.” Fontana mengaku tujuannya adalah untuk menciptakan sesuatu yang “berkesan.”

Meski begitu, pada saat itu, Fontana masih tidak tahu kalau itu akan menjadi lagu utama sampai Grammy Awards saat perwakilan label mengatakan: “Omong-omong, kamu punya single BTS berikutnya.”

“Saya dan Lindgren hanya saling bertatapan, seperti mengisyaratkan tetap tenang, tetap tenang, tetap tenang. Tetapi kami tidak tenang, kami sangat senang,” imbuh Fontana.

Sejak single itu dirilis, Fontana merasa kewalahan dengan respons yang didapat. “Saya tahu akan selalu ada orang yang mungkin mengatakan hal-hal negatif tapi sejauh yang saya lihat di internet – yang adalah tempat paling keren di dunia – tidak ada hal lain selain kebaikan dan kata-kata indah yang dilontarkan untuk lagu ini,” ujarnya.

“Saya merasa terhormat karena kolaborasi seperti ini bisa dipandang sebagai [mereka] menjauh dari fondasi Korea mereka, latar belakang mereka. Tetapi, ternyata tidak, ini adalah kolaborasi yang sangat halus dan indah. Ini tidak seperti, ‘hei, ini Halsey’. Ini seperti ‘hei, ini kami, kami adalah tim, Halsey adalah bagian dari keluarga kita.”

Di dunia maya, ada begitu banyak curahan dukungan untuk Fontana. Banyak penggemar yang membuat fan art untuknya, dan dia bahkan diajak berfoto bersama oleh para penggemar yang menunggu mendapatkan tiket ke penampilan historis BTS di Saturday Night Live. Fontana mengatakan, dia menonton video reaksi penggemar BTS menonton video musik “Boy With Luv” namun dia menjadi emosional dan menangis, jadi dia harus berhenti menonton.

Ada juga diskusi online tentang beberapa lirik di Map of the Soul: Persona yang bersifat netral terhadap gender karena para penggemar percaya liriknya tidak condong ke gender penyanyinya.

Fontana mengatakan: “Bagi saya, saya suka karena itu sedikit tidak merujuk pada gender mana pun. Saya suka kalau orang-orang bisa mendengarkan lagunya dan merasakan bagaimana perasaan mereka tanpa harus menetapkan apa gender orangnya.

“Dan yang saya suka dari BTS adalah, mereka benar-benar bergaya androgini, mereka berkembang di tempat di mana mereka tidak takut menyanyikan melodi feminine dan kemudian juga bernyanyi rap 30 detik kemudian, seperti hip-hop, hard hip-hop rap. Jadi, bagi saya, tidak mengejutkan kalau teori-teori ini keluar karena BTS memang bermaksud menginspirasi semua komunitas untuk menjadi diri mereka sendiri secara menyeluruh.”

Fontana melanjutkan: “Saya sangat suka menyatukan semua orang, dan saya pikir itulah kekuatan BTS sebagai artis, mereka menyatukan semua orang dari semua lapisan masyarakat. Mereka punya sedikit dari setiap genre, dari setiap suasana di setiap album.

“Dan bahkan sejujurnya di setiap lagu, ada rap, ada nyanyian, ada saat-saat memilukan, ada saat-saat halus seperti ekstasi nyanyian.”

Fontana mengatakan, dia sangat terkejut saat diminta menyumbangkan vokalnya oleh BigHit di SNL. “Kamu tahu Ariana Grande membawa Victoria Park dan Taylor Monet ke mana pun dan mereka menulis semua lagu hit terbesarnya bersamanya jadi saya pikir mereka berada di level ‘ini semua adalah cara pikir keluarga’ di mana saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari itu.”

Fontana mengungkapkan, BTS membuat penampilan mereka mudah “karena mereka adalah artis profesional.” “Mereka hanya berjalan ke atas panggung dan melakukan aksi mereka dan mereka sangat baik dan keren.”

Saat ditanya apakah dia akan tur bersama BTS seperti Park dan Monet menjalani tur dengan Ariana Grande, dia mengatakan: “Saya suka itu. Maksud saya, itu belum dikonfirmasi tetapi saya akan benar-benar menyukainya.”

Fontana juga mengaku, bekerja sama dengan BTS telah mengubah hidupnya. “Saya merasa terhormat berada di posisi ini karena saya telah melalui banyak rintangan, saya sudah dijanjikan banyak hal dan banyak dari hal itu yang belum benar-benar kesampaian.”

“Yang saya suka dari BTS dan label mereka adalah, mereka terus terang dan jujur dengan saya dan kesempatan terbuka bagi saya untuk ada di lagu mereka dan saya merasa sangat bersyukur bisa menjadi bagian kecil dari perjalanan mereka. Mereka sekarang menggandeng Halsey, jadi ini adalah sesuatu yang mengubah karier saya. Saya sudah banyak menangis selama saya berada di New York.”

“Semua personil [BTS] luar biasa,” Fontana menambahkan. “Mereka adalah manusia yang luar biasa, sangat mudah diajak bicara dan bekerja sama.”

Keterangan Foto Utama: Melanie Fontana, penulis lagi yang tempati posisi puncak di Billboard. (Foto: dok. Melanie Fontana)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

Semua Prestasi Terbesar BTS Terangkum dalam #BTSPavedTheWay

Hari Minggu kemarin (13/10) ARMY turun ke Twitter untuk merayakan kesuksesan BTS lewat serangkaian cuitan bertagar #BTSPavedTheWay yang menyoroti semua pencap

on Oct 15, 2019
Peta pembagian wilayah Nakamda atau ‘United Nation of ARMY’

Sejarah Hari Kemerdekaan BTS ARMY!

Hari ini, satu tahun yang lalu, para BTS ARMY dengan penuh keberanian menyatakan ‘merdeka’ dari komunitas K-pop. Bagi kalian yang ‘kudet’ alias kura

on Oct 14, 2019
Konser BTS di Arab Tuai Banyak Kekecewaan

Konser BTS di Arab Tuai Banyak Kekecewaan

Konser BTS di Arab Saudi tetap digelar di Riyadh meskipun ada banyak seruan dari kelompok pembela HAM dan penggemarnya sendiri. Konser bersejarah yang dila

on Oct 14, 2019
Ulang Tahun Jimin BTS ke-24

Ulang Tahun Jimin BTS ke-24 Tiba, 5 Momen Istimewa Ini Hadir!

Tanggal 13 Oktober merupakan tanggal bersejarah bagi BTS, dan Army karena pada tanggal itu salah satu anggota BTS yang bernama Jimin berulang tahun. Pada tahun

on Oct 13, 2019