×
×

Search in Mata Mata Musik

Tentang Protes Hong Kong, Rapper China Tunjukkan Nasionalisme Mereka

Posted on: 08/18/19 at 6:30 pm

Lewat platform digital, Higher Brothers bersatu dengan rapper China lainnya untuk bela negara.

Tetapi di China, para rapper dengan nama besar, termasuk beberapa yang memiliki fanbase global, berbaris untuk mendukung negara, setelah penyerangan terhadap seorang reporter selama protes anti-pemerintah di Hong Kong memicu kemarahan patriotik.

Pada Selasa malam, Fu Guohao, reporter yang bekerja untuk tabloid nasionalis Global Times, diserang dan diikat oleh demonstran di Bandara Internasional Hong Kong, sebelum diselamatkan oleh paramedis. Pengunjuk rasa kemudian meminta maaf dan mengatakan mereka mengira Fu adalah agen China yang sedang menyamar. 

Fu Guohao diikat oleh pengunjuk rasa ke troli bagasi saat demonstransi berlangsung di bandara Hong Kong pada Selasa malam. (Foto: Reuters/Tyrone Siu)

Beberapa jam kemudian, dua rapper Tionghoa dari grup rap terkemuka, Higher Brothers, menanggapi berita penyerangan Fu dengan mengunggah foto bendera merah berbintang lima China di Instagram.

Reaksi mereka tersebut adalah bagian dari gerakan nasionalis online yang jauh lebih besar di daratan China, yang menjamur menyusul kampanye propaganda yang dipimpin negara untuk mendiskreditkan protes di Hong Kong, yang sekarang memasuki minggu ke-10.

Salah satu rapper Higher Brothers, Melo, menulis dalam bahasa Inggris: “Sekali lagi. Saya bangga saya orang China.” Rekan segrupnya DZ Know memposting foto yang sama. Komentar dengan likes paling banyak di bawah postingan Melo yaitu “Saya orang Hong Kong, tetapi pertama-tama saya orang China. Berjaya, China,” yang mana dijawab Melo dengan emoji hati. 

View this post on Instagram

Once again.I'm proud i'm a Chinese.

A post shared by MELO 谢宇杰 (@melo0729) on

Higher Brothers adalah grup beranggotakan empat rapper dari Chengdu, kota yang terletak di barat daya Tiongkok. Mereka memadukan lirik dalam bahasa Mandarin dan Inggris dengan soundtrack trap.

Nama grup ini mencuat ke level internasional dengan bantuan dari 88rising, label Amerika yang mempromosikan orang Asia dalam musik hip-hop. Mereka rutin menggelar tur di AS dan Eropa. Shaun Rein, direktur konsultasi China Market Research di Shanghai, mengatakan para selebriti memilih untuk menentang protes di Hong Kong, yang telah memicu gelombang kemarahan nasionalistis di daratan China. 

“Selebriti harus menunjukkan mereka super patriotik,” jelasnya, “Kalau tidak, mereka juga akan dikritik oleh konsumen sehari-hari.”

Higher Brothers adalah salah satu grup rap paling berpengaruh di China. (Foto: Handout)

Setidaknya ada tujuh rapper populer di China yang telah terang-terangan menentang protes di Hong Kong. Miss Vava, rapper yang lagunya muncul di OST Crazy Rich Asians, mengunggah sebuah meme yang mendukung polisi Hong Kong dengan keterangan: “Hong Kong adalah bagian dari China selamanya.” 

Dia mulai dikenal publik pada tahun 2017 saat mengikuti kompetisi The Rap of China, sebuah reality show yang memperkenalkan genre musik yang dulu dianggap niche ke audiens mainstream di Negeri Tirai Bambu itu.

Miss Vava dan rapper lainnya memposting meme yang sama di media sosial yang menampilkan kutipan dari Fu, “Saya mendukung polisi Hong Kong, kalian bisa memukul saya sekarang” dalam bahasa Mandarin dan “Sungguh memalukan bagi Hong Kong” dalam bahasa Inggris.

View this post on Instagram

Hong Kong is part of China forever

A post shared by Vava (@vava.mis) on

Meme itu sudah menjadi seruan yang menyatukan di internet China. 

Seiring protes terus berlanjut di Hong Kong tanpa ada ujung yang pasti, tuntutan untuk demokrasi dan akuntabilitas yang lebih baik yang ditekankan gerakan ini sebagian besar ditafsirkan di daratan China sebagai kampanye anti-China yang dipimpin oleh para ekstremis brutal. 

Steve Tsang—direktur China Institute di School of Oriental and African Studies London—mengatakan, berlawanan dengan konteks itu, sikap yang ditunjukkan para rapper ini sebenarnya tidak mengejutkan.

“Sudah diduga semuanya dimobilisasi untuk mendukung garis propaganda resmi seperti yang ditetapkan oleh departemen propaganda Partai Komunis,” ujarnya.

Keterangan Foto Utama: Higher Brothers. (Foto: dok. 88rising)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Stormzy

Stormzy Kecam Politisi Inggris yang Memandang Rendah Rapper

Rapper asal Inggris Stormzy mengkritik keras para politisi yang memandang rendah artis muda setelah dia diejek oleh seorang menteri dari Partai Konservatif, Mi

on Dec 17, 2019
Daddy Yankee

Konser Daddy Yankee Tetap Berlangsung Setelah Penembakan di Coliseo de...

Daddy Yankee tampil di atas panggung di iHeartRadio Fiesta Latina 2019 di AmericanAirlines Arena pada 2 November 2019 di Miami. Foto: Theo Wargo/Getty Images f

on Dec 10, 2019
John Legend

John Legend Perpanjang Perkelahiannya dengan Donald Trump

John Legend menghidupkan kembali pertikaiannya dengan Donald Trump, dengan menyebut presiden AS itu “picik dan narsis.” Ia juga membahas kekhawatirannya t

on Oct 28, 2019
Zico

Zico Mengaku Pernah Alami Rambut Rontok Karena Stres

Zico buka-bukaan tentang musik dan kekhawatirannya saat menjadi tamu di acara Kim Shin Young‘s Hope Song At Noon pada 8 Oktober kemarin. Baca juga: Crush

on Oct 10, 2019