×
×

Search in Mata Mata Musik

Mengenang Kenny Rogers, Ikon Musik Pop-Country Amerika yang Tutup Usia

Posted on: 03/21/20 at 9:00 am

Kenny Roger, sang legenda musik pop-country Amerika.

Kenny Rogers, ikon musik pop-country Amerika ini dikabarkan telah meninggal dunia. Siapa yang tidak mengenal penyanyi yang telah mendominasi tangga lagu pop dan country selama dekade 1970-an dan 1980-an dengan serangkaian lagu hit yang dirancang dengan rapi dan memenangkan tiga penghargaan Grammy ini di jamannya. Dia menghembuskan nafas terakhirnya pada Jum’at (20/3) kemarin di usia 81 tahun.

Kenny Rogers “meninggal dengan damai di rumahnya karena sebab-sebab alamiah di bawah perawatan rumah sakit dan dikelilingi oleh keluarganya,” kata seorang wakil penyanyi itu dalam sebuah pernyataan. Karena keadaan darurat COVID-19 nasional, keluarganya merencanakan pemakaman memorial publik dalam skala kecil.

Beberapa tahun sebelumnya, Kenny Rogers telah mengumumkan tur perpisahan pada 2015 dan mampu mempertahankannya hingga Desember 2017. Pada April 2018, tak lama sebelum dia menghabiskan beberapa bulan untuk menyelesaikan tur setelah istirahat, dia mengumumkan bahwa dia harus membatalkan tanggal yang tersisa (termasuk penampilan yang direncanakan di Stagecoach Festival di California), karena “tantangan kesehatan” yang tidak ditentukan. “Saya tidak ingin mengambil selamanya untuk pensiun,” kata Rogers dari pernyataannya pada April 2018. “Saya benar-benar menikmati kesempatan ini untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para penggemar selama dua tahun terakhir dalam tur ‘The Last Gambler’s Last Deal’. Saya sangat berterima kasih kepada mereka atas dorongan dan dukungan yang telah mereka berikan kepada saya sepanjang karier saya dan kebahagiaan yang saya alami sebagai hasil dari itu”.

Kenny Roger memang penyanyi yang terbilang legendaris lantaran dampak karya-karyanya yang berhasil menyatukan musik pop dan country ke seluruh dunia. Dia juga seorang penulis lagu, aktor, produser rekaman, dan wirausahawan.

Dia adalah salah satu pendiri rantai restoran Kenny Rogers Roasters bekerja sama dengan mantan CEO Kentucky Fried Chicken John Y. Brown Jr. Termasuk semua gerai restoran Kenny Rogers Roasters di Indonesia.

Dia juga tercatat sebagai anggota Country Music Hall of Fame. Meski ia paling sukses dengan audiens musik country, Rogers memetakan lebih dari 120 hit single di berbagai genre musik, menduduki puncak tangga lagu country dan pop album selama lebih dari 200 minggu secara individual di Amerika Serikat saja, dan menjual lebih dari 100 juta kopi album rekaman di seluruh dunia, membuatnya salah satu artis musik terlaris sepanjang masa.

Pada akhir dekade 1950-an, Kenny Rogers memulai karier rekamannya dengan penyanyi jazz Bobby Doyle, dan bergabung dengan ansambel rakyat New Christy Minstrels pada tahun 1961, bermain bass dan gitar serta menyanyi. Pada tahun 1967, ia dan beberapa anggota New Christy Minstrels hengkang dari grup tersebut dan bergabung bersama grup First Edition. Bersama grup baru ini, ia mencetak lagu hit besar pertamanya, ‘Just Dropped In (To See What Condition My Condition Was In)’, sebuah lagu rock psychedelic yang memuncak di nomor lima di tangga lagu Billboard. Ketika Rogers mengambil peran kepemimpinan yang meningkat di First Edition, dan mengikuti kesuksesan ‘Ruby, Don’t Take Your Love to Town’ tahun 1969, band ini secara bertahap mengubah gaya musiknya menjadi lebih banyak nuansa country.

First Edition bubar pada 1975-1976, dan kemudian Kenny Rogers memulai karier solo yang panjang dan sukses, yang mencakup beberapa kolaborasi yang sukses, termasuk duet dengan penyanyi Dolly Parton dan Sheena Easton, dan kemitraan penulisan lagu dengan Lionel Richie. Lagu andalannya, ‘The Gambler’ tahun 1978, merupakan lagu “cross-over” antara pop dan country yang memenangkannya penghargaan Grammy pada tahun 1980 dan terpilih pada tahun 2018 untuk pelestarian di National Recording Registry oleh Library of Congress. Dia telah mengembangkan persona ‘Gambler’ menjadi karakter untuk serangkaian film televisi yang sukses dimulai dengan Kenny Rogers as The Gambler yang dinominasikan Emmy Awards tahun 1980.

Dua albumnya, The Gambler dan Kenny, ditampilkan dalam jajak pendapat About.com dari “The 200 Most Influential Country Albums Ever”. Dia terpilih sebagai “Penyanyi Favorit Sepanjang Masa” dalam jajak pendapat bersama tahun 1986 oleh para pembaca dari USA Today dan People. Dia telah menerima banyak penghargaan seperti AMA, Grammy, ACM, dan CMA, serta penghargaan prestasi seumur hidup untuk karier selama enam dekade pada tahun 2003. Keberhasilan selanjutnya termasuk rilis album 2006, Water & Bridges, yang mencapai Top 5 di tangga lagu Billboard Country Albums, juga masuk dalam 15 Besar Billboard 200. Single pertama dari album, ‘I Can’t Unlove You’, juga merupakan hit grafik yang cukup besar. Sisa waktunya sebagai penghibur populer di seluruh dunia, ia melanjutkan tur secara teratur hingga pensiun pada tahun 2017.

Cover album ‘The Gambler’ dari Kenny Rogers.

Kenny Rogers menikah lima kali (dengan masing-masing pernikahan berlangsung lebih lama dari yang sebelumnya) dan memiliki lima anak. Dia menikahi Janice Gordon pada 15 Mei 1958; mereka bercerai pada April 1960 dengan satu anak. Rogers menikahi Jean Rogers pada Oktober 1960 dan menceraikannya pada 1963. Ia menikahi Margo Anderson pada Oktober 1964 dan menceraikannya pada 1976 dengan satu anak. Rogers menikahi Marianne Gordon pada 1 Oktober 1977, dan menceraikannya pada 1993 dengan satu anak. Rogers menikah untuk yang kelima dan terakhir kalinya ketika ia menikahi Wanda Miller pada 1 Juni 1997. Pasangan itu memiliki putra kembar.

Selamat jalan, Om Kenny, rest in peace.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

John Legend

John Legend Sempat Nasihati Kanye West Karena Mendukung Donald Trump

John Legend bersama sohibnya, Kanye West. (Foto: Jeff Kravitz/MTV1415/FilmMagic). Hubungan pertemanan John Legend dan Kanye West kini sedang berada di "temp

on Jun 3, 2020
Adele

Adele Minta Kepada Fans Untuk “Marah Tapi Fokus” Saat Hormati Geor...

Adele. (Foto: Reuters). Adele mungkin sejauh ini menjadi popstar terbaru yang ikut memberikan penghormatan kepada almarhum George Floyd, dengan mendesak ora

on Jun 3, 2020
BTS vs One Direction.

BTS atau One Direction? Musik Boyband Mana Yang Paling Bikin Nagih?

Tahun 2010 milik BTS dan One Direction, berkat lagu adiktif dan fanbase setia mereka. Musik adalah sesuatu yang dapat menyatukan jutaan bahkan miliaran oran

on Jun 2, 2020
Halsey

Halsey Tertembak Peluru Karet Saat Ikut Aksi Protes Black Lives Matter...

Halsey di tengah kerumuman saat ikut demonstrasi di jalan. (Foto: Spot-Gamr/Back Grid). Halsey telah tertembak oleh peluru karet dan pecahan peluru dan juga

on Jun 2, 2020