×
×

Search in Mata Mata Musik

Menurut Dramer Scott Phillips, Kemungkinan Creed Akan Reuni (Lagi)

Posted on: 11/6/20 at 10:30 am

Menurut Dramer Scott Phillips, Kemungkinan Creed Akan Reuni (Lagi)
Creed. (Foto: via RadioMaxMusic).

Sudah sekitar delapan tahun sejak Creed memainkan pertunjukan terakhir mereka setelah reuni untuk album dan tur baru. Sekarang, dramer Scott Phillips mengungkapkan bahwa para anggota band modern rock berbalut sound heavy metal ini sudah ngobrol-ngobrol yang intinya reuni Creed berikutnya adalah “suatu kemungkinan (yang terjadi) di kemudian hari”. Wow! Nunggu pandemi kelar kali ye baru reuni. Reuni yang mantap ya sekalian manggung-manggung lagi, ya nggak sih?

Baca juga: Amy Lee (Evanescence): 10 Album Yang Mengubah Hidupnya

Creed awalnya bubar pada 2004 setelah perjalanan yang sangat sukses di mana mereka menjual jutaan demi jutaan album, dan mencetak lagu hits rock pemuncak tangga lagu seperti ‘Higher’, ‘With Arms Wide Open’, dan ‘My Sacrifice’. Band yang juga sering disebut pengusung post-grunge ini menuai banyak pujian dan panen pengikut di seluruh dunia, sekaligus menimbulkan reaksi keras dari kritikus dan penggemar rock yang mungkin kurang menghargai musik band dengan benar, sebagian besar merasa bahwa karakter vokal Scott Stapp terdengar terlalu mirip dengan Eddie Vedder-nya Pearl Jam.

Setelah Creed bubar, tiga perempat dari band ini bergabung dengan vokalis Myles Kennedy untuk membentuk Alter Bridge pada 2004, yang hingga kini masih menjadi salah satu band rock tersukses. EP baru band sempalan Creed ini berjudul Walk the Sky 2.0 dirilis pada hari Jum’at, 6 November melalui Napalm Records. Creed melakukan reuni pertamanya dengan merilis album Full Circle pada 2009, dan melakukan tur untuk mendukung album tersebut hingga Desember 2012. Sejak itu, Creed mengalami hiatus, namun anggota lainnya tetap aktif dengan Alter Bridge, minus Scott Stapp yang melanjutkan karier solonya dan bergabung dengan band Art of Anarchy pada 2016. Sedangkan Mark Tremonti juga membentuk bandnya sendiri, Tremonti, pada 2011.

Saat mempromosikan EP Alter Bridge tersebut, dramer Scott Phillips hadir dalam wawancara dan ditanya oleh Audio Ink Radio tentang spekulasi yang muncul ketika Creed memperbarui gambar profil Facebook mereka dengan foto band beberapa bulan lalu.

Creed. (Foto: via Creed/Facebook).

“Gue nggak tahu kalau hal itu terjadi,” kata Scott Phillips. “Itu hal yang menarik. Gue adalah orang terburuk dalam hal media sosial. Gue melalui fase di mana gue mengalaminya selama sekitar dua hari, dan kemudian gue nggak menyentuhnya selama sekitar dua bulan. Tapi, seperti yang dikatakan, selalu ada perbincangan sesekali tentang kemungkinan kami kembali bersama dan melakukan beberapa hal. Kami semua berada di posisi yang baik sekarang di mana kami merasa memiliki hubungan yang baik di antara kami berempat”.

Dia melanjutkan, “Jelas, Mark (Tremonti) dan Brian (Marshall) dan gue berada di band yang sama bersama, tetapi Scott (Stapp) tampaknya melakukannya dengan sangat, sangat baik. Ada beberapa dialog. Kami cenderung memeriksa satu sama lain ketika ulang tahun dan hari libur, hal-hal seperti itu. Jadi, ada beberapa obrolan, dan belum ada jadwal khusus untuk apa pun atau nggak ada rencana khusus, tetapi kemungkinan besar di kemudian hari. Kami akan membiarkannya berjalan secara alami dan melihat apa yang terjadi”.

Setelah reuni berakhir, Scott Stapp mengalami masa yang sangat sulit di mana doi mengalami gangguan psikotik yang dipicu oleh penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan. Doi kemudian didiagnosis dengan gangguan bipolar dan mencari pengobatan untuk kecanduannya. Dalam beberapa tahun terakhir, penyanyi karismatik itu tampaknya telah mengatur hidupnya menjadi lebih baik.

Kembali pada bulan Juli, Scott Stapp membeberkan kepada pembawa acara radio KLOS Full Metal Jackie (melalui Blabbermouth), “Untuk waktu yang paling lama, nggak ada yang lain selain kepositifan dan dukungan untuk satu sama lain dengan orang-orang dan gue sendiri. Jadi segalanya mungkin. Jika saat itu tiba, gue jamin ke lo, dan lo bisa yakin, bahwa kami akan memberi tahu seluruh dunia”.

Tahun lalu, gitaris Mark Tremonti mengatakan doi sedang menggarap materi sebuah album baru yang nampaknya layak menjadi materi baru Creed, saat doi membeberkannya di sesi podcast-nya pentolan Hatebreed Jamey Jasta, “Orang-orang bertanya, ‘Apakah sudah selesai? Apakah sudah berakhir? Apakah ada musik baru yang keluar? ‘Gue bekerja di seluruh album Creed. …Saat kami bersama-sama melakukan tur reuni, kami menyatukan banyak musik dan gue memiliki demo lagu yang sangat samar dari sekitar 13 lagu. Gue mendengarkan lagu-lagu demo itu mungkin setahun yang lalu dan itu lagu-lagu yang bagus”.

Baca juga: 18 Band Rock & Metal Yang Stabil: Nggak Pernah Ganti Formasi Selama Kariernya

Untuk saat ini, Mark Tremonti dan kawan-kawan masih sibuk dengan Alter Bridge, sedangkan sang gitaris juga memiliki proyek eponimnya sendiri. Sementara Scott Stapp selama ini menjalani karier solo, album terakhirnya, The Space Between the Shadows, dirilis pada 2019.

Simak wawancara lengkap Scott Phillips dengan Audio Ink Radio di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

For Revenge band

Rekrut Ical (Kilms), Pasukan 'Emo' For Revenge Lepas Single 'Jentaka'

For Revenge. Setelah berkolaborasi dengan Wira Nagara di single 'Perayaan Patah Hati' pada Agustus lalu, pasukan modern rock/emo, For Revenge (fR) kembali m

on Nov 25, 2020
12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020
Doja Cat

Popstar Doja Cat Bikin Kejutan Dengan Performa Live Lagu 'Say So' Vers...

Doja Cat dalam video live performance MTV Awards Eropa. Doja Cat belum lama ini bikin semua kepala menoleh dan mata terbelalak ketika popstar ini tampil mem

on Nov 10, 2020
OMNI

Kuartet Alt-Metal OMNI Beri Semangat Optimisme Via Single Terbaru, 'SU...

OMNI. Dalam suasana wabah global Covid-19, OMNI kembali merilis lagu terbaru yang berjudul ‘SURRENDER’ melalui kanal YouTube. Lagu ini merupakan single

on Nov 10, 2020