×
×

Search in Mata Mata Musik

Menurut Elon Musk, Manusia Akan Bisa Dengarkan Musik Lewat Chip Dalam Otak

Posted on: 07/23/20 at 6:30 am

Menurut Elon Musk, Manusia Akan Bisa Dengarkan Musik Lewat Chip Implan di Otak
Masa lalu (foto kiri) dan masa depan (foto kanan) musik streaming, menurut Elon Musk.

Headphone, earphone, bahkan airpods mungkin akan segera menjadi bagian dari masa lalu jika Elon Musk berhasil melakukan inovasi baru. Pengusaha jenius yang eksentrik itu percaya bahwa produk terbarunya, sebuah implan chip otak, akan dapat men-streaming musik langsung ke dalam otak kita.

Baca juga: Diduga Karena Patuhi UU California, Grimes dan Elon Musk Ganti Nama Unik Bayinya

Neuralink, sebuah perusahaan startup yang baru-baru ini didirikan oleh Elon Musk, telah mengembangkan “hubungan komputer-otak” dengan tujuan untuk “membantu manusia mengimbangi artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang sudah canggih”. Seperti yang dijelaskan secara lebih lanjut oleh TechCrunch, gagasan utamanya adalah untuk “menanamkan kabel yang tipis-tipis”, yang diduga lebih tipis dari rambut manusia, ke dalam otak seseorang. Ini akan terhubung ke mesin komputer eksternal, tetapi tujuannya adalah untuk suatu hari membuat koneksi antara otak dan komputer sepenuhnya secara wireless, alias tanpa kabel sama sekali.

Elon Musk pertama kali mengumumkan Neuralink tahun lalu, termasuk perincian tentang berbagai eksperimen yang “sukses” terhadap tikus dan kera. Dia berencana untuk mengungkapkan sejumlah kabar baru pada 28 Agustus, dan menjelang hari besar itu, dia telah memberikan sedikit informasi baru di Twitter akhir-akhir ini.

Elon Musk mengkonfirmasi rencananya yang ambisius untuk men-streaming musik, contohnya seperti album Miss Anthropocene milik pacarnya, Grimes, langsung ke kedalaman otak kita melalui produk Neuralink-nya. “Jika kita menerapkan Neuralink, dapatkah kita mendengarkan musik langsung melalui chip kita? Fitur yang hebat,” tulis sang ilmuwan komputer, Austin Howard di Twitter kepada Elon Musik, hari Sabtu lalu. CEO perusahaan Tesla dan SpaceX itu kemudian hanya menjawab, “Iya”.

Gagasan bahwa kita dapat mendengarkan musik tanpa kabel dan perangkat tambahan serta aksesoris lainnya terdengar lumayan keren, terutama bagi kita yang berpikir bahwa dunia sekarang seharusnya sudah memiliki mobil terbang. Tetapi Elon Musk belum menguraikan bagaimana sebenarnya teknologi itu akan bekerja: Bisakah kita mendengar lagu hanya dengan memikirkannya? Atau, apakah kita perlu berlangganan suatu layanan streaming? Apakah kita akan dikenakan dengan ads alias iklan? Jika demikian, apa yang akan mencegah seseorang untuk meretas teknologi itu dan mengirimkan pesan rahasia yang disandikan? Apakah kita perlu terhubung ke internet untuk mendengarkan musik, atau akankah ribuan lagu diunduh ke dalam otak kita? Semakin banyak kita memikirkannya, semakin absurd rasanya memikirkan keseluruhan dari premis tersebut.

Baca juga: Grimes dan Elon Musk Dikaruniai Bayi Laki-Laki dan Diberi Nama Yang Unik

Selain dari kemampuan untuk men-streaming musik, Elon Musk juga mengklaim Neuralink mungkin suatu hari dapat menyembuhkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecanduan. Dia juga mengatakan chip itu dapat memungkinkan orang lumpuh untuk mengontrol perangkat teknologi.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021
    Spotify

    Spotify & Kakao Ent. Kembali Jalin Kerja Sama Setelah Berseteru

    (Foto: Daniel Kalker/picture-alliance/dpa/AP Images). Spotify mengumumkan bahwa perusahaan platform musik digital ini telah mencapai kesepakatan dengan Kaka

    on Mar 12, 2021
    SoundCloud model royalti baru

    SoundCloud Terapkan Sistem Royalti Baru Yang "Ramah" Bagi Artis Indie

    Isu tentang royalti artis dari platform musik streaming yang kurang adil memang telah lama menjadi perhatian artis-artis dan penggemarnya di kancah industr

    on Mar 3, 2021