×
×

Search in Mata Mata Musik

Menurut Selena Gomez, Instagram Telah Membuat Para Penggemarnya Jadi ‘Toxic’

Posted on: 02/6/20 at 2:46 pm

SELENA GOMEZ
Selena Gomez (Foto: Stephanie Cardinale)

Sang popstar dengan segudang prestasi, Selena Gomez, telah menjawab pertanyaan dari para selebriti dan penggemar untuk wawancara besar pertamanya di tahun 2020 dengan majalah Dazed, dan Selena Gomez telah memberikan salah satu tanggapannya yang paling kuat tentang mengapa dia melihat Instagram sebagai sesuatu yang toxic bagi kaum muda.

Baca juga: Selena Gomez Bicara Mengenai Upayanya Untuk ‘Move-On’ Dari Hubungan Masa Lalunya Yang Berbahaya

Selena Gomez dulunya adalah pengguna Instagram dengan followers paling banyak pada platform tersebut. Jumlah followers Instagram Selena Gomez sekarang ada pada peringkat keempat dengan 167 juta followers dan ia juga merupakan wanita dengan followers terbanyak kedua. (Ariana Grande adalah yang pertama.)

Sang fotografer Brianna Capozzi dari Dazed bertanya kepada Selena Gomez, “Jika Anda bisa menekan sebuah tombol hari ini dan menyingkirkan Instagram sepenuhnya, akankah Anda melakukan itu?”.

Selena Gomez pada dasarnya menjawab ‘iya’, tetapi…

“Ya ampun! Kurasa saya akan punya banyak orang yang tidak menyukai saya karena saya mengatakan iya,” jawab Selena Gomez sambil tertawa. “Jika saya dapat menemukan media yang seimbang dan bahagia itu akan bagus, tetapi saya akan berbohong jika saya mengatakan bahwa itu (Instagram) tidak menghancurkan beberapa generasi saya, (contohnya) identitas mereka. Ini adalah bagian besar alasan dari mengapa saya menamai album terbaru saya Rare — karena ada begitu banyak tekanan untuk terlihat sama seperti orang lain. Rasanya sangat menakutkan untuk muncul kembali lagi (di medsos) – empat hari pertama saya seperti, ‘Tidak, tidak mungkin saya bisa melakukan ini.’ Apa yang saya lakukan sekarang adalah hanya melanjutkan ketika saya merasa perlu, dan kemudian saya akan log out, saya tidak akan meluangkan waktu untuk mengeksplorasi atau melihat hal lain”.

Baca juga: Selena Gomez Puncaki Chart Album Minggu Ini Dengan Album Terbarunya, ‘Rare’

Selena Gomez kemudian menjelaskan bahwa dia melindungi dirinya sendiri agar tidak kehilangan nilai mengenai apa yang lebih penting dengan tidak membaca apa yang tertulis tentang dirinya secara online. “Yah, saya tidak membaca apa pun, saya tidak membaca sama sekali,” kata Selena Gomez perihal omongan orang-orang di internet mengenai dirinya. “Itu agak sulit, karena dulu saya terbiasa membaca ‘semuanya’ selama begitu lama. Tapi (sekarang) saya tidak, dan saya serius. Anda tahu, ketika saya tahu bahwa [Rare] mendapatkan ulasan yang bagus, saya senang mendengarnya tetapi saya hanya tidak bisa memperhatikan itu: saat saya melakukannya saya mulai merasa tidak pede dan saya merasa kosong. Kadang-kadang, jauh lebih baik untuk tidak tahu apa-apa”.

Sutradara dari Dazed Anna Chai bertanya kepada Selena Gomez mengenai apakah dia punya penyesalan. Dalam tanggapannya, Selena Gomez membahas perasaannya tentang hubungannya yang putus-nyambung (sekarang secara permanen telah putus) dengan Justin Bieber (perpisahan mereka menginspirasi lagu Selena Gomez, ‘Lose You to Love Me’ ) dan pengalamannya dengan depresi dan kegelisahan. Kata Selena Gomez, segala kesulitan tersbut telah membawanya ke tempat dia sekarang, jadi dia tidak menyesal.

“Tidak, tidak,” ujar Selena Gomez. “Maksudku, ada hal-hal tertentu yang saya harap tidak terjadi pada saya. Tapi tanpa mereka, saya tidak akan menjadi panutan untuk orang-orang yang telah melalui kesulitan yang sama. Anda tahu, melalui penyakit lupus dan transplantasi ginjal, saya berurusan dengan ketenaran dan dengan kehancuran, berurusan dengan depresi, kegelisahan dan masalah kesehatan mental lainnya yang saya miliki. Semuanya terasa agak membingungkan. Ketika lagu ‘Lose You to Love Me’ keluar, saya berdiri kembali dan mengalami momen seperti, ‘Oh… ini adalah alasan besar mengapa saya mendorong diri saya untuk melalui ini. Inilah sebabnya.’ Saya bisa merilis lagu yang mudah-mudahan dapat membantu menyembuhkan beberapa orang, atau hanya membiarkan mereka tahu bahwa mereka tidak sendirian. Saya benar-benar membiarkan rasa itu pergi secara pribadi dan ketika itu terjadi sesuatu dalam diri saya tiba-tiba saja ikut ‘pergi’. Dan itu sebabnya saya bersyukur atas berbagai kejadian dalam hidup saya. Saya tidak mengatakan bahwa itu akan mudah dari sekarang dan kedepannya, tetapi saya memiliki lebih banyak kekuatan dan keberanian dan suara yang lebih besar untuk meraih apa yang saya layak dapatkan”.

Baca juga: Perjalanan Penuh Perjuangan Selena Gomez Menuju Album Terbarunya, ‘Rare’

Saat membahas masa lalunya pada era tahun 2010an, Selena Gomez mengatakan bahwa dia “hanya akan meninggalkan gadis yang baru saja, Anda tahu, sangat pemalu, lemah, dilecehkan dan pendiam. Dan sekarang saya melangkah menuju jati diri saya yang sebenarnya; saya akan meninggalkan gadis itu (dirinya di masa lalu) dibelakang. Saya hanya akan memeluknya. Saya adalah saya”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Anggota BLACKPINK

Inilah Jumlah Kontribusi Dari Tiap Anggota BLACKPINK Untuk 8 Lagu Di "...

Semua fans K-pop di seluruh dunia pasti sudah tahu bahwa BLACKPINK baru saja merilis album studio pertama mereka, THE ALBUM. Album fenomenal ini memiliki t

on Oct 4, 2020
Kolaborasi Idol K-Pop

8 Lagu Kolaborasi Idol Cewek K-Pop Yang Cocok Untuk Setiap Mood Lo

Idol K-pop telah merilis banyak karya musik hebat sepanjang karier mereka untuk kita nikmati. Beberapa dari lagu-lagu terbaik ini kebetulan merupakan kolab

on Oct 2, 2020
BLACKPINK dan Cardi B

Lagu Kolab BLACKPINK dan Cardi B Mendatang "Bocor" Gara-Gara YG Entert...

Cardi B dan BLACKPINK. Setelah 'Ice Cream'-nya BLACKPINK dan Selena Gomez sukses mencair dan melelehkan para fansnya di seluruh dunia, lagu kolaborasi merek

on Sep 2, 2020
BLACKPINK dan Selena Gomez

BLACKPINK x Selena Gomez 'Ice Cream' Rilis! Aksen Liriknya Ada Yang Mi...

Akhirnya saat yang sangat ditunggu-tunggu telah tiba! Single kedua pra-rilis BLACKPINK fitur Selena Gomez telah dirilis MV (Music Video)-nya di YouTube dan

on Aug 28, 2020