×
×

Search in Mata Mata Musik

Metal Up Yer Ass! Metallica ‘S&M2’ Kalahkan Katy Perry ‘Smile’ Menurut Billboard

Posted on: 09/8/20 at 7:30 am

Metal Up Yer Ass! Metallica 'S&M2' Kalahkan Katy Perry 'Smile' Menurut Billboard
Katy Perry Smile Versus Metallica S&M2.

Pada 28 Agustus lalu, Metallica merilis album live kolaborasi kedua mereka dengan San Francisco Symphony berjudul S&M2. Sementara itu, Katy Perry mendebutkan album studio keenamnya, Smile pada hari yang sama.

Sejak minggu lalu, sudah diproyeksikan bahwa album S&M2-nya Metallica dapat mengalahkan album Smile-nya Katy Perry, memberikan raksasa metal itu sebuah tempat terhormat untuk album debut teratas minggu ini. Dan sekarang makin dipertegas setelah Billboard telah mengkonfirmasi S&M2 telah terjual lebih banyak dari Smile.

Baca juga: Pandemica! Beginilah Penampakan Konser Drive-In Pertama Metallica

Menurut laporan minggu lalu, HITS Daily Double memperkirakan bahwa S&M2 dan Smile akan terjual antara 50.000-60.000 kopi digital. Namun, diperkirakan Metallica akan mengalahkan Katy Perry dalam penjualan album fisik sekitar 8.000 kopi. Prediksi ini berarti menandakan bahwa Metallica S&M2 akan debut di No. 4, sedangkan Smile akan hinggap di No. 5.

Pada hari Senin, 7 September, Billboard merilis angka grafik resmi Billboard 200 yang mengonfirmasi bahwa Metallica telah mengalahkan Katy Perry. Billboard melaporkan bahwa S&M2 telah debut di No. 4 yang setara dengan 56.000 unit album yang terjual. Sedangkan Katy Perry Smile tertinggal di No. 5 dengan penjualan 50.000 unit album. Artinya Metallica memiliki debut album dengan penjualan tertinggi minggu ini.

Tangga lagu Billboard 200 “memberi peringkat album paling populer dalam seminggu di Amerika Serikat berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur dengan unit album yang setara. Unit-unit terdiri dari penjualan album, album setara lagu alias Track Equivalent Album (TEA), dan album setara streaming alias Streaming Equivalent Album (SEA). Setiap unit sama dengan satu penjualan album, atau 10 lagu individual yang dijual dari sebuah album, atau 3.750 yang didukung iklan atau 1.250 streaming audio dan video resmi sesuai permintaan berbayar/langganan yang dihasilkan oleh lagu-lagu dari album”.

Smile adalah album kelima Katy Perry yang mencapai 10 besar setelah Witness (2017), Prism (2013) dan Teenage Dream (2010) yang semuanya mencapai No. 1. Tahun 2008, album One Of The Boys memuncak di No. 9.

Di sisi lain, Folklore, album studio kedelapan Taylor Swift yang muncul secara mengejutkan alias “tiba-tiba suddenly”, hehe, terus mendominasi tangga lagu sejak dirilis pada bulan Juli. Folklore masih No. 1 di Billboard 200 untuk minggu keenamnya. Posisi No. 2 ditempati oleh almarhum rapper Pop Smoke, Shoot For The Stars Aim For The Moon.

Baca juga: Metallica dan Manajernya Siap Investasi Usaha Baru Senilai Triliunan Rupiah

Album anumerta rapper Juice WRLD yang terlambat dirilisnya, Legends Never Die, berada di urutan 3 minggu ini. Setelah dirilis pada bulan Juli, Legends Never Die memulai debutnya di No. 1.

Kembali ke laptop, Metallica memang nggak ada lawan deh! Metal up yer ass! mungkin seru mereka, hehe. Oia, S&M2 tersedia untuk streaming di bawah ini. Asli gokil, metalik simfonik yang ultra mega epik.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Metallica

Metallica Kumpulkan Rp 18,3 Miliar Dari Konser & Lelang Online “Help...

Metallica. Konser & Acara Lelang Helping Hands 2020 Metallica yang disiarkan secara live streaming yang digelar untuk aktivitas sosial All Within My Han

on Nov 27, 2020
Lingua

Lingua Berikan Nuansa Nostalgik '90-an Dalam Single Barunya, 'Temani M...

Satu tahun sejak merilis remake single hit mereka di tahun 1997, 'Bila Kuingat' dan berkolaborasi dengan Nagita Slavina, Lingua kembali mempersembahkan kar

on Nov 27, 2020
Rina Sawayama

Rina Sawayama Rilis 'LUCID', Single Baru Dari Album Edisi Deluxe "SAWA...

Rina Sawayama. (Foto: via Twitte/Rina Sawayama). Rina Sawayama telah mengumumkan edisi deluxe SAWAYAMA, salah satu album pop terbaik di tahun 2020. Akan dir

on Nov 27, 2020
Drive dan Danes Rabani

Single Kolab Drive & Danes Rabani 'Siasat Jitu' Jadi Stimulan Pantang ...

Drive X Danes Rabani. Bukan suatu hal mudah untuk tetap bisa bekerja, berkreasi, dan berkegiatan apapun di masa seperti sekarang ini. Adanya pembatasan akti

on Nov 24, 2020