×
×

Search in Mata Mata Musik

Metallica Konfirmasi Sedang Mengerjakan Album Baru Secara Social Distancing

Posted on: 06/19/20 at 7:00 am

Metallica.
Metallica. (Foto: Herring & Herring).

Kembali pada bulan April lalu, Lars Ulrich menjelaskan bahwa Metallica kemungkinan bisa mulai mengerjakan materi album baru selama berada di masa karantina. Sekarang, sang dramer telah mengkonfirmasi bahwa para legenda metal itu telah benar-benar melakukan hal tersebut, saling mengirim ide musik baru kepada satu sama lain secara jarak jauh melalui aplikasi video call Zoom dan e-mail.

Para personil Metallica telah berbagi ide lagu melalui berbagai platform digital, saat ikon thrash metal ini tetap social distancing sambil mengerjakan album baru mereka yang sangat dinanti-nantikan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Seorang YouTuber Bikin Lagu Metallica “Baru” Yang Ditulis Oleh Robot

“Kami baru saja mulai, ya mungkin dalam empat minggu terakhir ini, kami terhubung lagi,” ujar Lars Ulrich kepada host talk show asal Swedia Fredrik Skavlan. “Kami jelas telah saling berkomunikasi (sebelumnya), tetapi kami (sekarang) terhubung secara kreatif, dan sekarang kami semacam dalam mode penemuan, aku pikir itu merupakan cara yang baik untuk mengatakannya. Kami saling mengirim ide melalui e-mail dan Zoom dan (mencoba) membuat musik dalam situasi yang tidak normal ini”.

Lars Ulrich melanjutkan: “Kami setiap minggu komunikasi lewat Zoom. Kami telah melakukan itu pada dasarnya sejak (pandemi) dimulai 10, 11 minggu (yang lalu) – sejak itu mulai di Amerika. Jadi, kami berkumpul seminggu sekali di Zoom selama beberapa jam untuk mengejar ketinggalan (saling kabar-kabaran). Hal yang baik tentang mengejar ketinggalan adalah kami benar-benar hanya berbicara tentang apa yang kami lakukan dan kami tidak (hanya) duduk dan berbicara tentang Metallica selama berjam-jam. Tapi sekarang kami sudah mulai bertukar beberapa ide, itu bagus. Senang rasanya berhubungan, senang menjadi bagian dari grup itu, dan aku menantikan peluang kreatif yang ada di depan kami”.

Mengenai bagaimana album Metallica ala social distancing akan mungkin terdengar, band itu telah membawakan versi social distancing dari lagu ‘Blackened’ pada bulan Mei lalu. Namun, dinamika Metallica, seperti yang dinyatakan Lars Ulrich, menciptakan tantangan yang permanen dalam hal membuat album dari jarak jauh.

“Sejauh ini, setidaknya sisi soniknya dan unsur-unsur praktisnya sedang dalam kondisi sangat baik, sebenarnya,” jelas Lars Ulrich. “Jadi sekarang kami harus mencari tahu berapa banyak (lagu) yang dapat kami buat tanpa berada di ruangan yang sama… Kamu mengandalkan format grup untuk benar-benar memajukan semuanya. Jadi tidak seperti jika amu seorang artis solo dan itu hanya kamu dan gitar kamu atau apa pun itu. Jadi, ini jelas hal yang berbeda”.

Album baru Metallica ini tampaknya sempat masuk tahap awal pembuatan sebelum pandemi, yang telah memaksa Metallica untuk membatalkan atau menunda sebagian besar jadwal tur 2020 mereka dan berbagai slot di festival. Gitaris Kirk Hammett mengatakan dia memiliki “se-ton materi (musik)” dan “siap untuk rilis kapan saja,” dan sang bassis Rob Trujillo mengisyaratkan bahwa album studio baru bisa tiba dalam waktu yang lebih singkat daripada yang dibutuhkan Metallica untuk merilis Hardwired… To Self-Destruct pada tahun 2016.

Baca juga: Whiskey In The Jar! Metallica Rilis Box Set Sebotol Wiski dan Vinyl

Sementara itu, Metallica tetap aktif di media sosial sepanjang pandemi, streaming konser setiap hari Senin sebagai bagian dari seri #MetallicaMondays mereka. Sambil menggali-gali arsip mereka, Metallica mempersembahkan segalanya mulai dari konser vintage tahun 1983 di sekitar era Kill ‘Em All hingga performa festival lengkap dari The Black Album. Mereka juga menjanjikan US$ 350 ribu (Rp 4,9 miliar) untuk dana bantuan pandemi Covid-19.

Tonton wawancara lengkap dengan Lars Ulrich di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nattmaran

    Nattmaran, Band NWOBHM Lintas Indonesia-Swedia-Jepang Rilis Album

    Formasi Nattmaran, gabungan personil antar 3 negara Berterimakasihlah kepada kemudahan yang dipersembahkan oleh teknologi kepada seluruh umat manusia. Setid

    on Sep 16, 2021
    Mike Patton

    Mike Patton Batalkan Tur Faith No More Karena Isu Kesehatan Mental

    Foto: dok. Mike Patton. Mike Patton baru-baru ini mengumumkan pembatalan sebagian tanggal turnya yang akan datang dengan Faith No More dan Mr. Bungle. Sang

    on Sep 15, 2021
    Irfan Sembiring

    Buku 'Memento Mori' Irfan Sembiring "Behind The 8th Ball" Telah Terbit

    Buku Behind the 8th Ball oleh Irfan Sembiring (Foto: Elevation Books). Irfan Sembiring merupakan sosok legendaris yang selama hidupnya mewariskan segudang m

    on Sep 15, 2021
    Khemmis

    Khemmis Kembali Via MV 'Living Pyre' Dari "Deceiver", Album Mendatang

    Khemmis 2021 (Foto: dok. Nuclear Blast). Khemmis, pengibar doom metal kelahiran Denver, Colorado, Amerika Serikat ini mempersiapkan comeback mereka yang tel

    on Sep 12, 2021