×
×

Search in Mata Mata Musik

Metallica Rilis Album Berisi 53 Lagu Cover Dari “The Black Album”

Posted on: 09/10/21 at 11:00 am

Metallica
Formasi Metallica era The Black Album, 1991 (Foto: Elektra).

Metallica secara resmi merilis album kompilasi berjudul The Metallica Blacklist. Album yang berisikan lagu-lagu cover dari “The Black Album”. Dalam album ini menampilkan 53 artis yang membawakan 12 lagu dari Metalllica. Sungguh suatu kolaborasi yang sangat fantastis.

Beberapa nama yang turut berkontribusi dalam album tersebut antara lain Miley Cyrus, Elton John, Dave Gahan dari Depeche Mode, J Balvin, St. Vincent, Phoebe Bridgers, My Morning Jacket, dan banyak lagi.

Baca juga: Weezer Mengcover Metallica ‘Enter Sandman’ Selipkan ‘Buddy Holy’

Pengumuman ini dilakukan bersamaan momentumnya dengan perilisan “The Black Album Super Deluxe Edition”. Keduanya dilakukan untuk merayakan ulang tahun yang ke-30 album milik band heavy metal yang membuat mereka meraih pencapaian tertinggi dalam kesuksesan di seluruh dunia.

Setiap pekan menjelang rilis di platform digital, band ini membagikan lagu-lagu baru yang termasuk dalam kompilasi The Blacklist tersebut. Dimulai dari Miley Cyrus yang membawakan ‘Nothing Else Matters’ hingga Weezer dengan ciri khasnya membawakan ‘Enter Sandman’. Lagu-lagu cover ini menjadi hiburan tersendiri bagi penikmat lagu-lagu Metallica dan para pendengar lagu-lagu Non-Metal.

Sederet Nama Besar Berkontribusi Dalam Kompilasi The Metallica Blacklist

Artis terkenal lainnya yang berkontribusi pada The Blacklist termasuk Dave Gahan dari Depeche Mode, J Balvin, Phoebe Bridgers, My Morning Jacket, Mac DeMarco, Cage the Elephant, Kamasi Washington, Portugal. the Man, IDLES, Rodrigo y Gabriela, Moses Sumney, The Hu, dan banyak lagi.

Album kompilasi tersebut sekarang tersedia di platform layanan streaming digital. Rencananya akan diliris juga dalam bentuk CD dan vinyl pada 1 Oktober mendatang. Namun pre-order untuk album tersebut saat ini sudah bisa dilakukan lewat situs resmi Metallica. Pernyataan ini secara resmi mereka umumkan lewat akun Twitter mereka bulan Juni lalu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Metallica juga telah merilis edisi box set dalam rangka ulang tahunnya yang ke-30. Dalam box set ini juga menyertakan hal-hal yang langka seperti rekaman demo, rekaman saat pertunjukan live dan beberapa lagi hal lainnya.

Baca juga: Metallica Canangkan Program Beasiswa Untuk Pendidikan Tenaga Kerja

Setelah menjalankan beberapa program sosial dalam yayasan milik mereka yaitu All Within My Hands Foundation, pendapatan dari kompilasi lagu-lagu cover ini juga akan disalurkan sebagai salah satu bentuk kegiatan amal mereka di yayasan tersebut.

Penulis, Penerjemah & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021