×
×

Search in Mata Mata Musik

Migos Gugat Pengacara Mereka Setelah Ketahuan “Ngembat” Jutaan Dolar

Posted on: 07/17/20 at 10:30 am

Migos Tuntut Pengacara Mereka Sendiri Setelah Ketahuan “Ngembat” Jutaan Dolar
Migos. (Foto: Gourley/BEI/REX/Shutterstock).

Trio rap/hip-hop asal Atlanta, Amerika Serikat (AS) Migos, pada hari Rabu lalu mengajukan pengaduan terhadap pengacara lama mereka Damien Granderson, mengklaim bahwa dia telah “menyalahgunakan posisi kepercayaannya sebagai fidusia Migos sejak saat dia dipekerjakan sebagai pengacara Migos” dan “menipu mereka hingga jutaan dolar,” menuduhnya “mementingkan kepentingannya sendiri” dan lebih mendukung record label grup rap tersebut, Quality Control Music, yang juga diwakilinya. Gugatan itu, yang tidak menentukan jumlah ganti rugi yang dicari Migos selain sebutan “jutaan dolar”, menuduh Damien Granderson telah melakukan malpraktik profesional dan memperkaya diri secara curang, di antara berbagai klaim lainnya, ah kasarnya mah maling!

Baca juga: Migos Rayakan Cinco De Mayo Dengan Single Baru Berjudul ‘Taco Tuesday’

Grup hip-hop tersebut  – yang beranggotakan Quavious Marshall (“Quavo”), Kiari Cephus (“Offset”), Kirsnick Ball (“Takeoff”) – yang album keempatnya Culture III telah tertunda selama berbulan-bulan, telah berurusan dengan masalah hukum selama sebagian besar karier mereka. Gugatan itu juga menuduh bahwa Damien Granderson pertama kali menekan kontrak dengan 300 Entertainment – yang telah ditinggalkan Migos sejak tahun 2017 melalui biaya pembebasan kontrak yang mahal demi bergabung dengan Capitol Records – dan itu tidak menguntungkan bagi Migos dan telah merugikan mereka “jutaan dolar”.

Keluhan tersebut, yang diajukan oleh pengacara Bryan Freedman untuk Migos, juga menuduh bahwa Damien Granderson telah “menyembunyikan” fakta dari Migos bahwa Quality Control Music (QCM) memiliki kesepakatan label eksklusif dengan Capitol Records yang “akan memungkinkan Capitol untuk mendistribusikan semua album yang diproduksi QCM dan bahwa QCM sebenarnya mendapat hasil keuntungan yang jauh lebih besar daripada yang terlihat dalam dokumen yang Damien Granderson secara pribadi berikan kepada Migos untuk mereka eksekusi segera”. Dikatakan bahwa sebuah amendemen dari tahun 2018 untuk kesepakatan grup itu dengan Capitol “memicu perpanjangan perjanjian rekaman eksklusif antara QCM dan Migos, yang Damien Granderson tahu akan mengandung istilah-istilah yang berbelit-belit dan sulit dimengerti untuk Migos”.

Hak penerbitan, merchandise, dan performa lagu Migos juga dikutip dalam gugatan tersebut.

Gugatan itu menuduh Damien Granderson telah “mengkhianati Migos ketika dia gagal mengungkapkan detail lengkap mengenai hubungannya dengan QCM dan detail lengkap mengani konflik dalam mewakili QCM dan Migos,” serta mengambil “lebih banyak kompensasi dibanding pengacara lain pada umumnya di bidang yang sama” dan “tidak kompeten” dalam negosiasi-negosiasi lainnya.

Baca juga: Snoop Dogg dan Migos Bergabung di “My Family”

Gugatan itu juga menuduh bahwa ketentuan kesepakatan Migos dengan QCM “adalah, dan, sangat tidak masuk akal untuk Migos” dan memberi mereka “hak atas kompensasi yang jauh di atas standar norma industri meskipun QCM tidak diharuskan untuk melakukan pekerjaan apa pun.

Damien Granderson, yang mulai bekerja dengan Migos dan QCM pada tahun 2013, bergabung dengan Davis Shapiro hingga perusahaan itu terbagi menjadi dua pada pertengahan 2019, dan mendirikan Granderson Des Rochers.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DMX

    Kembali Ke Def Jam, Album Final DMX "Exodus" Dirilis Secara Anumerta

    DMX (Foto: John Lamparski/Getty Images). Delapan belas tahun setelah rilisan terakhirnya di Def Jam Recordings. Sembilan tahun setelah album studio terakhir

    on May 13, 2021
    J. Cole

    J. Cole Dikontrak Rwanda Patriots Main Di Liga Bola Basket Afrika

    J. Cole bersama pelatih NBA Chris Joseph Brickley (Foto: via Instagram/cbrickley603). J. Cole telah lama mengejar impiannya sebagai atlit bola basket dengan

    on May 11, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Polo G

    Polo G, Raja Rap Baru Yang Kuasai Billboard Hot 100 Via 'Rapstar'

    Polo G. (Foto: Daniel Prakopcyk). Polo G sedang ramai diperbincangkan. Rapper muda ini debut di peringkat 1 tangga lagu tertinggi Billboard Hot 100 lewat la

    on Apr 23, 2021