×
×

Search in Mata Mata Musik

Mina (eks-AOA) Ngaku Pernah Coba Bunuh Diri Pasca Skandal Jimin AOA

Posted on: 08/7/20 at 8:00 am

Mina (eks-AOA) Ngaku Pernah Coba Bunuh Diri Pasca Skandal Jimin AOA
Mina (eks-AOA).

Mantan anggota girlband AOA, Mina, telah memposting segala macam opini, klarifikasi dan penjelasan secara panjang lebar di akun Instagram-nya.

Pada bulan Juli lalu, Mina menulis serangkaian postingan secara mendetail tentang dirinya yang di-bully oleh mantan rekan grupnya Jimin selama beberapa tahun, dan Jimin meninggalkan AOA setelah skandal ini terungkap. Pada 5 Agustus lalu, Mina membagikan kabar terbaru kepada penggemarnya melalui Instagram dan mengatakan bahwa kondisi dia baik-baik saja.

Pada 6 Agustus, Mina mengunggah foto luka sayatan di pergelangan tangannya di Instagram dan menulis postingan sebagai berikut:

“Aku akan mengatakan semuanya ya. Namun sebelumnya, untuk penggemarku dan publik, jangan khawatir. Aku waktu itu melakukan sesi pemotretan, yang sangat aku nikmati, dan foto ini adalah yang terjadi setelah aku baru-baru ini bertukar pesan KakaoTalk dengan seorang karyawan dari FNC (agensi AOA). Aku berbicara dengan karyawan tersebut tentang pernyataan (Jimin), memberi tahu mereka, ‘Apa maksudnya dia telah meminta maaf? Dia seharusnya tidak berbohong’. Mereka mengatakan kepadaku bahwa mereka akan memeriksa hal tersebut, dan beberapa saat kemudian mereka mengatakan bahwa tampaknya ya memang seperti itu bagi mereka. Seseorang yang datang untuk meminta maaf membuka mata mereka seperti itu, mencari pisau, berbicara seperti itu, mengatakan bahwa mereka tidak ingat, dan menatap lurus ke mataku? Jika dia tidak ingat, bagaimana aku bisa menerima permintaan maafnya? Aku menyerah”.

Baca juga: Netizen Khawatir Saat Lihat Luka di Pergelangan Tangan Mina (Eks-Anggota AOA)

“Ngomong-ngomong, pesan dari karyawan FNC itu begitu keterlaluan sehingga aku mencoba bunuh diri lagi, dan manajerku dari agensi aku saat ini dengan cepat bergegas datang ke sini dan membawa aku ke rumah sakit universitas. Aku memotong (pergelangan tanganku) berkali-kali sehingga saraf aku rusak dan (obat) anestesinya tidak bekerja, jadi aku harus merasakan seluruh rasa sakitnya saat dijahit. Para dokter menyuntikkan obat penghilang rasa sakit untuk aku. Aku merasa bersalah karena telah menyulitkan para dokter. Aku tidak tahu apa yang dia lihat dalam diri aku, tetapi mantan manajerku tetap berada bersamaku sepanjang momen itu”.

“Dan di akhir pernyataan (Jimin), aku tidak tahu siapa yang menyuruhnya melakukan ini, tetapi dia menulis, ‘Mina-e-gae’ (maksudnya mengatakan ‘Untuk Mina’ namun salah eja dalam bahasa Korea; ‘gae’ itu artinya anjing) pada awalnya dan diedit menjadi ‘Mina-e-ge’ (ejaan yang benar dari ‘Untuk Mina’). Mengapa dia meminta maaf kepada anjingku? Aku mendengar dia menghentikan aktivitasnya di industri hiburan, tetapi apakah itu berarti dia akan kembali ketika keadaan sudah tenang? Aku tidak mau melihat itu terjadi. Aku merasa jauh lebih menderita selama 11 tahun. Dia masih memiliki akun Instagram dan kanal YouTube-nya”.

“Kenapa aku mengatakan ini ketika aku memilikinya juga? Setidaknya aku tidak pernah berbohong kepadanya. Dia tidak akan pernah mengerti rasa sakit yang aku alami. Aku memiliki hati nurani yang bersih. Dia bahkan menulis kata ‘Fiksi’ dan menghapusnya karena manajernya menyuruhnya, dan dia tidur nyenyak dengan meminum pil. Pada akhirnya, ketika aku memberi tahu FNC bahwa aku menderita karena dia, mereka membawakanku seorang psikiater, jadi aku pikir mereka benar-benar memikirkanku. Tapi psikiater itu malah menceritakan kisah-kisah orang lain. Bukankah ilegal bagi psikiater untuk memberi tahu aku tentang apa yang dialami orang lain? Itu membuat aku berpikir bahwa mereka mungkin telah memberi tahu orang lain tentang cerita aku”.

“Aku tidak pernah mengeluh tentang hutang trainee-ku atau tagihanku. Saat aku disuruh mengucapkan suatu frasa, hanya itu yang aku lakukan. Seseorang yang benar-benar mengajukan permintaan untuk berbicara tentang karier solonya. Orang tuanya datang dan memberitahu (perusahaan itu) untuk membiarkan putri mereka melakukan kegiatan tertentu? Orang tua aku hanya datang di awal ketika mereka diwajibkan, dan mereka tidak pernah datang setelah itu. Orang tuaku dan aku, tidak seperti orang lain, tidak pernah memberi keluhan apa pun. Aku jatuh berkali-kali dan masih jatuh sampai hari ini, tetapi aku akan menjadi lebih baik. Aku akan terus menjadi lebih baik dan mencoba untuk hidup sambil melihat ke depan, dan aku masih mencoba hingga sekarang”.

“Tapi FNC dan (Jimin), apakah sangat sulit untuk mengucapkan permintaan maaf yang tulus? Aku dulu tidak banyak berpikir dan cerdas serta optimis. Aku tidak perlu minum pil untuk depresi atau insomnia dan tidak memiliki fobia sosial atau kecemasan sosial. Aku dulu tidur 15 jam sehari, tetapi sekarang aku bangun setelah hanya tidur satu jam. Apakah semuanya baik-baik saja? Aku yakin bahwa dalam sebuah perusahaan besar, kalian tidak akan peduli dengan satu orang seperti aku. Jika kalian peduli, kalian akan menghubungi aku setidaknya sekali. Aku takut kalian akan menganggap aku sebagai orang yang gila. Sudah terlambat untuk permintaan maaf yang tulus. Tolong pikirkan dan pedulikan setiap trainee, penyanyi, aktor, dan sunbaenim dan jaga mereka agar tidak ada yang menjadi seperti aku lagi”.

“Ketika aku mengatakan bahwa aku tidak dapat memperbarui kontrak karena (menghindari) orang tertentu, tanyakan kepadaku apa yang sedang terjadi dan seberapa parah aku sedang menderita, alih-alih berbicara tentang kerugian karena pelanggaran kontrak karena acara dan iklan yang dijadwalkan berikutnya. Presiden, ketika kamu mengatakan bahwa deposit untuk perpanjangan kontrak ‘tidak diberikan kepada kamu berdasarkan rasa sakit mental yang kamu rasakan’, ya kamu benar. Itu benar, dan itulah mengapa aku sudah memberi kamu pembayarannya, tetapi jujur ​​aku masih mengalami kesulitan. Tapi ada banyak orang yang mendukung aku, dan orang-orang di agensi aku saat ini pertama-tama menganggap aku sebagai manusia, dan itu sangat membantu aku”.

“Seseorang di YouTube melihat pergelangan tanganku dan berkata, ‘Sepertinya Mina butuh perhatian. Dia ingin menerima perhatian’, dan dari sudut pandang pihak ketiga, memang seperti itulah rasanya. Betapa anehnya sih aku? Tapi aku hanya berbicara tentang sebagian kecil dari keseluruhannya. Alasan aku berbicara kepada dunia tentang sesuatu yang belum dapat aku ceritakan dengan benar kepada teman terdekat aku selama 11 tahun atau keluarga aku, bahkan sekarang, bukanlah karena aku menginginkan perhatian”.

“Memang benar bahwa aku adalah seseorang yang suka cari-cari perhatian, tetapi mencari perhatian melalui kejadian ini? Tidak, aku akan memberitahumu sesuatu. Jika aku menginginkan perhatian, aku bisa berhenti mengatakan aku ingin mati dan melukai diri aku sendiri. Tetapi aku benar-benar berusaha untuk bunuh diri beberapa kali. Aku seharusnya tidak berpikir seperti ini, tetapi aku sangat menderita dan sangat ingin mati sehingga aku merasa kesal dengan orang-orang yang datang untuk menyelamatkan aku. Keluarga aku mengatakan bahwa mereka takut. Mereka menangis ketika aku dibawa ke rumah sakit, pingsan dengan darah di sekujur tubuhku dan pergelangan tanganku terbuka. Keluarga aku salah apa sih.. Aku sangat frustrasi dan marah sehingga aku tidak bisa tidur, dan aku bertanya-tanya mengapa aku masih menjadi korban, kepada siapa aku harus mengatakan semua ini, dan kepada siapa aku harus meminta kompensasi untuk diriku yang sekarang hancur. Aku berharap tidak akan ada orang seperti aku di masa depan”.

Para penggemar Mina mengungkapkan keprihatinan mereka untuk idol K-pop itu setelah postingan tersebut diunggah, dan agensinya saat ini, Woori Actors, meyakinkan penggemar dengan mengatakan, “Mina dalam kondisi kesehatan yang baik saat ini. Dia sedang beristirahat di rumah setelah keluar dari rumah sakit”.

Kemudian pada hari yang sama, Mina membagikan postingan Instagram lainnya untuk mengklarifikasi postingan sebelumnya dan menjawab pertanyaan yang dia terima.

Postingan tersebut berbunyi sebagai berikut:

“Aku tidak mencoba bunuh diri sekarang. Itu adalah sesuatu yang aku lakukan sekitar sebulan yang lalu setelah berbicara dengan seorang karyawan FNC. Dan ada banyak orang bertanya kepada aku melalui DM (direct message) tentang mengapa aku berhenti mem-follow para anggota (AOA), sambil berkata kasar kepadaku, atau mengatakan kepadaku untuk menjelaskan sesuatu, dan aku akan membicarakannya karena aku rasa aku tidak melakukan apa pun yang layak disalahkan”.

“Pertama, semua orang tahu tentang insiden dengan Shin Ji Min (Jimin) jadi kamu mungkin mengerti itu. Sahabatku Kim tidak peduli ketika Jimin berbicara buruk tentang Kim sendiri. Aku dulu menganggap Kim sebagai teman baik, tetapi aku tidak bisa menjadi lebih dekat dengannya karena dia adalah sahabat Shin. Aku mengkhawatirkannya dan memberinya nasihat yang tulus dan benar-benar mengkhawatirkannya. Tentu saja, semua anggota tahu bahwa aku mengalami masa sulit karena Jimin, dan ketika kami akhirnya berbicara bersama, Kim berkata dia tidak peduli apa yang terjadi dan hanya tidak menyukai situasi saat ini”.

“Dari sudut pandang aku, dia adalah seorang pengamat, dan apa yang dia katakan mengecewakan aku. Ketika mereka semua datang dengan Jimin untuk memberikan permintaan maaf yang bahkan tidak tampak seperti permintaan maaf, ‘Kim’ yang lebih muda bertanya, ‘Apa kenangan baik yang kamu punya?’ Dia masih muda, jadi meskipun dia mengomel, aku membiarkannya saja. Aku tahu dia masih muda, tapi aku benar-benar tidak mengerti mengapa dia mengatakan itu. Menjelek-jelekan Jimin di depanku dan pindah ke sisi baiknya di belakangku, mungkin itulah kehidupan sosial, tetapi sebagai seseorang yang tidak baik dengan kehidupan sosialku, dia tidak tampak tulus, dan aku tidak bisa memahaminya”.

“Dan Seo memang sangat peduli padaku dan memikirkanku, tapi tidak ada yang berani melangkah maju di depan Jimin. Shin yang seumuran setidaknya memberi tahu Jimin, ‘Kenapa kamu tidak ingat? Bahkan aku mengetahuinya dan semua orang mengetahuinya’. Dia juga mengatakan kepada aku untuk menerima permintaan maaf yang sesuai, tetapi bagaimana aku bisa jika permintaan maaf itu tidak tulus? Di mata aku, ya, seseorang menggunakan kata ‘pengamat’, para Kim, terutama sahabatku, adalah seorang pengamat dari sudut pandang aku, jadi aku berhenti mengikutinya terlebih dahulu. Nanti, aku ingin menghapus ingatan aku tentang AOA, jadi aku berhenti mengikuti semua anggotanya. Aku tidak meminta kamu untuk memahami alasan aku atau berhenti mengirimi aku DM, tetapi aku hanya ingin dengan jujur ​​berbicara tentang pendirian dan pemikiran aku”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan idol K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Keseluruhan Grup K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Anggota Girlband K-pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan No...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

on Nov 22, 2020
30 Peringkat Anggota Boyband K-Pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Nov...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Nov 22, 2020