×
×

Search in Mata Mata Musik

Minor Threat Tidak Akan Pernah Konser Lagi Menurut Brian Baker

Posted on: 05/26/20 at 6:30 am

Minor Threat
Minor Threat, 2018. (Foto: via Facebook: Brian Baker/Salad Days).

Band hardcore punk legendaris Minor Threat tidak akan pernah memainkan konser lagi, menurut sang bassis Brian Baker.

Minor Threat telah merilis dua mini album alias EP, In My Eyes (1981) dan Salad Days (1985) dan album penuh alias LP Out Of Step (1983) sebelum bubar pada pertengahan tahun 1980-an. Sang vokalis Ian MacKaye kemudian membentuk band Fugazi pada tahun 1987 dan dalam beberapa tahun terakhir merintis band baru dengan istri dan teman satu bandnya di The Evens, Amy Farina, dan bassis Fugazi, Joe Lally. Brian Baker bergabung dengan sesama legenda punk Bad Religion pada tahun 1994. Sang gitaris Lyle Preslar adalah anggota band The Meatmen pada tahun 1980-an dan sempat memperkuat formasi Samhain sebelum akhirnya menjadi seorang pengacara.

Saat ditanya dalam sebuah wawancara baru dengan GoetiaMedia.com dari Spanyol mengenai adanya kemungkinan Minor Threat akan aktif kembali, Brian Baker mengatakan (wawancaranya dapat kamu dengar di ujung artikel): “Kami tidak akan pernah memainkan konser lagi. Itu adalah produk pada masanya. Band itu jauh lebih baik untuk dibiarkan sendiri saja daripada (kami) merusaknya dengan menjadi sekelompok orang tua yang memainkan lagu-lagu yang kami tulis ketika kami masih remaja”.

“Aku tidak ingin bergerak mundur; aku ingin terus menciptakan (karya),” papar Brian Baker, “Dan bagiku, dengan hanya melakukan peragaan ulang Minor Threat tidak akan terasa memuaskan dan, aku pikir, itu akan lebih ke arah berbahaya daripada bermanfaat”.

“Semua orang menyukai gagasan tentang bisa melihat Minor Threat bermain konser, tetapi aku pikir jika mereka benar-benar melihat itu, mereka tidak akan menyukainya lagi”.

Kembali pada bulan November 2018, keempat anggota Minor Threat membuat ulang artwork cover dari EP terakhir mereka, Salad Days. Sebuah foto baru dari kuartet itu saat sedang duduk di teras depan rumah yang menjadi markas Dischord Records milik Ian MacKaye dan Jeff Nelson di South Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS) diposting di akun Instagram Brian Baker dan dibagikan oleh Dischord Records di Facebook.

Secara alamiah, para penggemar di Facebook mulai membicarakan tentang arti di balik foto itu, dengan banyak yang berharap bahwa Minor Threat akan tampil live lagi. Tapi Brian Baker mengakhiri spekulasi itu, dengan mengatakan kepada WTOP melalui email: “Ini bukan sebuah cerita. Jeff Nelson (dramer Minor Threat) bersikeras bahwa kami harus selalu mengambil foto untuk para generasi mendatang ketika kami berempat sedang berada di Dischord. Ini hanya foto pertama yang telah kami ambil sejak aku memiliki akun Instagram”.

Penjelasan Brian Baker dikuatkan oleh keterangan yang menyertai foto di halaman Facebook Dischord. “Minor Threat berusaha berkumpul setiap beberapa tahun untuk saling silaturahmi dengan satu sama lain,” tulis deskripsi fotonya menjelaskan.

Minot Threat merupakan pionir gerakan “straight edge” yaitu hidup lurus dan sehat tanpa alkohol, narkoba, seks bebas di scene hardcore/punk yang terpapar jelas dalam lirik lagunya, salah satunya ‘Out of Step’: “I don’t smoke, I don’t drink, I don’t fuck, At least I can fucking think”.

Brian Baker saat ini sedang mempromosikan album debut self-titled yang baru-baru ini dirilis oleh Fake Names, supergrup punk rock yang juga menampilkan Michael Hampton (dari S.O.A., Embrace, One Last Wish), Dennis Lyxzén (Refused, International Noise Conspiracy, INVSN) dan Johnny Temple (Girls Against Boys, Soulside).

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Josh Todd (Buckcherry) & Minor Threat

    Josh Todd (Buckcherry) Ngarep Jadi Vokalis Minor Threat Jika Reuni

    Josh Todd (Foto: Jeremy Saffer), Minor Threat Salad Days EP cover (Foto: via Dischord Records). Josh Todd, vokalis Buckcherry belum lama ini mengungkapkan h

    on Jul 23, 2021
    Sex Pistols

    Johnny Rotten Digugat 2 Eks-Sex Pistols Karena Blokir Lisensi Musiknya

    Johnny Rotten (Foto: Amanda Koellner). Sex Pistols bubar lebih dari 40 tahun lalu, tetapi orang-orang enggak pernah berhenti membicarakannya. Karena apa? Ya

    on Jul 16, 2021
    Mark Hoppus (Blink-182)

    Idap Kanker, Mark Hoppus Lakukan Tes Penentuan Hidup & Matinya

    Kiri: Mark Hoppus pasca kemoterapi / kanan: saat pra kanker. (dok. Blink-182). Mark Hoppus, bassis/vokalis Blink-182 belum lama ini mengumumkan berita baru

    on Jul 12, 2021
    NOFX

    NOFX Rilis MV Animasi 'The Big Drag' Yang Gokil & Absurd Tapi Keren

    NOFX 2021 (Foto: Jonathan Weiner). NOFX baru saja meluncurkan MV (Music Video) animasi yang non-konvensional untuk lagu 'The Big Drag' dari album terbaru me

    on Jul 9, 2021