×
×

Search in Mata Mata Musik

Mogwai Rilis ‘Ritchie Sacramento’ Single Pemanasan Jelang Album Baru Di Februari

Posted on: 01/27/21 at 10:30 am

Mogwai. (Foto: Antony Crook).

Mogwai membagikan lagu terbaru mereka, ‘Ritchie Sacramento’, lagu kedua yang mereka perkenalkan dari album studio ke-10 mereka yang akan datang, As The Love Continues. Lagu ini pertama kali diputar oleh Mary Anne Hobbs di BBC 6Music. Lewat vokal Stuart Braithwaite yang halus dan penuh melodi, ‘Ritchie Sacramento’ berosilasi di antara keheningan dan ketidakteraturan. Video klip untuk lagu ini dibuat di Unreal Games Engine dan disutradarai oleh Sam Wiehl, yang sebelumnya berkolaborasi dengan Ladytron, Forest Swords, dan fashion house Valentino. Doi membuat game komputer sederhana untuk lagu ini, kemudian membangun narasi untuk video ini. 

Baca juga: Sebelum Rilis “As The Love Continues”, Mogwai Beri Appetizer Via ‘Dry Fantasy’

Artwork single ‘Ritchie Sacramento’ oleh Mogwai.

Stuart Braithwaite, vokalis Mogwai, berkomentar: “Judul ‘Ritchie Sacramento’ ini lahir dari kesalahpahaman kami tentang bagaimana mengeja Ryuichi Sakamoto. Lirik lagu ini terinspirasi dari cerita Bob Nastanovitch tentang David Berman, teman sekaligus anggota bandnya, yang berteriak ‘Rise Crystal Spear’ sambil memukul mobil sport menggunakan cangkul. Lagu ini juga kami dedikasikan untuk semua teman musisi kami yang sudah meninggalkan kami”.

‘Ritchie Sacramento’ melanjutkan single mereka sebelumnya, ‘Dry Fantasy’, lagu kolosal yang menampilkan repetisi synthetizer, mengajak pendengarnya berkelana di imajinasi seiring gitar dan bass yang bersahut-sahutan. Video klip yang disutradarai oleh Vaj.Power ini juga menampilkan visualisasi bunga yang sedang mekar dengan permukaan planet di kejauhan.

Jawara post-rock ini akan membawakan album As The Love Continues yang direkam di Tramway di kampung halaman mereka, Glasgow, Skotlandia. Penampilan ini akan disiarkan di seluruh dunia pada hari Minggu, 14 Februari 2021 pukul 3.00 WIB. Disutradarai oleh kolaborator mereka sejak lama, Anthony Crook, penampilan ini akan menjadi kesempatan pertama untuk mendengarkan album baru mereka bersama dengan lagu-lagu mereka sebelumnya. Tiket sudah dijual dan tersedia di www.mogwai.scot

As The Love Continues yang akan dirilis pada 19 Februari 2021 via Rock Action Records. Album ini dapat dipesan dari sekarang dalam berbagai format, yakni digital, CD, double vinyl, serta special edition box set yang berisi CD, colored double vinyl LP, special single vinyl dengan lima buah track demo, dan satu photo book. Special edition box set yang berisi CD saja juga akan tersedia. Album ini direkam awal tahun ini bersama produser Dave Fridmann serta menampilkan Atticus Ross (track 8 ‘Midnight Flit’) dan Colin Stetson (track 9 ‘Pat Stains’).  As The Love Continues ini adalah album mereka sejak 25 tahun mereka debut dengan lagu ‘Tuner’/’Lower’. 

Album As The Love Continues oleh Mogwai dalam beberapa format fisik.

As The Love Continues awalnya akan direkam di Amerika Serikat, tetapi karena situasi pandemi, rekaman dialihkan ke Worcestershire dengan produser Dave Fridmann yang tinggal di seberang lautan. Meskipun sulit, tetapi mereka lambat laun terbiasa, bahkan situasi pandemi ini memberi mereka lebih banyak waktu.

Pentolan Mogwai, Stuart Barithwaite berharap musik Mogwai bisa membawa pendengarnya berada di tempat yang berbeda. “Musik kami yang aneh ini cocoknya didengarkan ketika kalian berada di tempat yang luar biasa”.

Mogwai mengawali karier mereka tanpa rencana sejak mereka masih remaja, enggak ada pertemuan rahasia untuk membuat rencana besar. Cukup langka melihat hal ini dari band yang sudah lama eksis dengan banyak album yang sudah dirilis – sepuluh album yang nyaris enggak ada yang mengecewakan.

Meskipun para penggemar bisa  menduga apa yang akan mereka dengar, mereka enggak akan mendengar hal yang sama. As The Love Continues merupakan pembuktian Mogwai kepada para pendengarnya bahwa mereka tetap bisa menghadirkan hiburan untuk kebosanan, memberikan soundtrack untuk film apa pun yang sedang dibuat di kepala mereka.

Artwork sampul album As The Love Continues oleh Mogwai.
Artwork sampul album As The Love Continues oleh Mogwai.

Mogwai – As The Love Continues tracklist

  1. To The Bin My Friend, Tonight We Vacate Earth
  2. Here We, Here We, Here We Go Forever
  3. Dry Fantasy
  4. Ritchie Sacramento
  5. Drive The Nail
  6. Fuck Off Money
  7. Ceiling Granny
  8. Midnight Flit
  9. Pat Stains
  10. Supposedly, We Were Nightmares
  11. It’s What I Want To Do, Mum

Baca juga: Post Rocker Hulica Rilis EP “how to estimate your departure on the ocean floor”

As The Love Continues adalah follow up untuk album mereka di tahun 2017, Every Country’s Sun. Album tersebut juga menjadi album kedua yang masuk Top 10 setelah Rave Tapes di tahun 2014. Dalam perjalanannya, mereka juga merilis dokumenter Central Belters dan berkolaborasi dengan Mark Cousin untuk merekam dokumenternya Atomic. Awal tahun ini, mereka berpartisipasi untuk soundtrack drama Sky Original ZeroZeroZero, yang minggu pertamanya dapat ditonton secara eksklusif di Bandcamp, dengan setengah dari keuntungannya didonasikan ke Help Musicians dan NHS. 

Sumber: Siaran Pers
Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dive The Lions

    Album Split Band Shoegaze Bali Dan Spanyol “Dive The Lions” Siap D...

    Dive The Lions dan Dive Collate. (Foto: Anoa Records). Berawal dari perbincangan dan networking di ranah digital, suatu ide sederhana "pop-up" begitu saja.

    on Feb 10, 2021
    Hulica

    Post Rocker Hulica Rilis EP "how to estimate your departure on the oce...

    hulica. (Foto: Haum Entertainment). Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya trio hulica melalui Haum Entertainment merilis debut EP yang berjudul how to es

    on Dec 17, 2020
    Mogwai band photo

    Sebelum Rilis "As The Love Continues", Mogwai Beri Appetizer Via 'Dry ...

    Mogwai. Kuartet post-rock kawakan kelahiran Glasgow, Skolandia, Mogwai mengumumkan album studio kesepuluh mereka As The Love Continues yang a

    on Nov 22, 2020
    Sigur Ros foto band

    Jelang Album Orkestranya, Sigur Ros Rilis Video Lagu 'Dvergmál' & 'St...

    Sigur Rós. (Foto: Eva Vermandel). Pada tanggal 4 Desember mendatang, Sigur Rós akhirnya bisa dipastikan akan merilis album orkestra mereka yang telah lama

    on Nov 14, 2020