×
×

Search in Mata Mata Musik

Monsta X Kehilangan Anggotanya Sementara Album ‘All About Luv’ Menaiki Chart

Posted on: 02/18/20 at 4:30 pm

Monsta X
Monsta X (Foto: Twitter).

Mengikuti album Take.2 We Are Here mereka yang sangat sukses dan EP tahun 2019 mereka, Follow: Find You, grup K-pop Monsta X kembali dengan album berbahasa Inggris mereka yang terbaru – sebuah kelangkaan bagi Monsta X – yang berjudul All About Luv. Dan seperti judulnya, liriknya semua tentang ‘Si Ai En Ti E’ alias C.I.N.T.A… hehehe.

Dirilis pada 14 Februari lalu untuk mencocokkan konsep albumnya, ini juga merupakan hadiah Hari Valentine yang indah dari Monsta X kepada penggemar mereka yang telah sangat suportif meskipun ada banyak kontroversi dan konflik baru-baru ini.

Baca juga: Monsta X Mencari Cinta di Single “Someone’s Someone”

All About Luv menampilkan lagu-lagu seperti ‘Who Do U Love?’ bersama dengan rapper French Montana (serta versi remix yang menampilkan sang musisi jenius will.i.am), lagu ‘Someone’s Someone’ (dibantu tulis oleh anggota Monsta X, Shownu, dan beberapa anggota dari Before You Exit) dan lagu ‘Middle of the Night’. Album ini juga menampilkan rapper fenomenal Pitbull pada lagu ‘Beside U’. Lagu ‘Love U’ diproduksi oleh Andres Torres dan Mauricio Rengifo, duo produser pencipta lagu hit ‘Despacito’.

Meskipun sang anggota Monsta X, Wonho, telah menjadi bagian dari berbagai lagu dalam album ini, ia tidak akan terlihat dalam pertunjukan atau tur mendatang Monsta X karena kepergiannya tahun lalu.

Berita mengejutkan itu datang setelah Wonho dituduh merokok ganja oleh seorang artis TV bernama Jung Da-eun. Da-eun, pada saat itu, sedang berada dalam hubungan dengan mantan trainee Han Seo Hee yang kontroversial, yang dirinya sendiri telah menjadi pusat beberapa skandal terkait berbagai idola K-pop, termasuk ketika ia mengklaim bahwa anggota Monsta X, Shownu, telah berselingkuh dengan seorang wanita yang sudah menikah. Shownu kemudian mengklarifikasi bahwa sementara dia menjalin hubungan dengan wanita tersebut, dia percaya itu terjadi sebelum dia menikah.

Seo Hee kemudian menyebar dan mengklaim bahwa dia diserang oleh Da-eun ketika mereka bersama dan itu berkontribusi pada upaya bunuh dirinya setelah kematian teman dekatnya, Goo Hara, dari girlband Kara.

Klaim Da-eun adalah bahwa sang mantan anggota Monsta X itu telah menghisap ganja dengan Da-eun pada tahun 2013. Meskipun ini cukup meresahkan dengan sendirinya mengingat undang-undang Korea Selatan yang ketat tentang penggunaan ganja, klaim tersebut juga didukung oleh seorang eksekutif yang terlibat dalam skandal Burning Sun yang melihat beberapa pejabat tinggi, perwira polisi, CEO, dan idola K-pop jatuh dari ketenaran mereka akibat tuduhan yang berhubungan dengan kekerasan seksual, pelacuran, dan penggelapan, di antara banyak kejahatan lainnya.

Da-eun juga menuduh bahwa mantan anggota Monsta X Wonho berutang uang kepada Da-eun dalam jumlah yang besar, sekitar US$26.000 (Rp. 356 juta) menurut Seo Hee – dan bahwa ia sebelumnya dipenjara di pusat penahanan remaja karena kasus pencurian. Da-eun juga mengklaim bahwa Wonho mencuri dari dia dan berusaha menjual barang curian secara online.

“Jeans perak bermerk Balmain saya, earphone Bang and Olufsen, dan kamera Canon 420D semuanya hilang. Kemudian, saya menemukan Wonho menjualnya secara online,” kata Da-eun. Sementara Jung Da-eun mengklaim bahwa mereka pada awalnya tidak mencurigai Wonho, mereka menemukan keterkaitan itu setelah seorang kenalan mengenali barang-barang dan nomor telepon yang tercantum di pasar online sebagai milik Wonho.

Tuduhan yang dibuat terhadap Wonho sangat serius dan akhirnya, Monsta X tidak dapat sepenuhnya mempromosikan EP mereka karena mereka menemukan diri mereka di tengah-tengah skandal. Wonho segera meninggalkan Monsta X dengan menyatakan dia tidak ingin masalahnya berdampak pada anggota lain. Monsta X kemudian melanjutkan promosi mereka dengan hanya enam anggota setelah kepergian Wonho.

Terlepas dari masalah itu, sebagian besar penggemar Monsta X telah mendukung ketujuh anggotanya, terutama penggemar internasional yang melakukan donasi massal untuk sebuah papan iklan di Times Square (mengumpulkan lebih dari US$25.000 (Rp. 342 juta) dalam prosesnya) yang meminta Wonho untuk kembali ke Monsta X. Oleh karena itu, rasanya masuk akal jika Monsta X memilih untuk merilis album yang merupakan hadiah bagi seluruh penggemar mereka dan berbicara tentang cinta. Mereka bahkan mendedikasikan lagu ‘Someone’s Someone’ untuk fandom mereka, mengatakan bahwa mereka ingin menjadi seseorang yang berarti bagi mereka.

Saat berbicara tentang album, Monsta X,  salah satu anggota, I.M., mengatakan: “Ini semua tentang cinta dan ada banyak cara untuk mengekspresikan cinta”.

Baca juga: Monsta X Hadirkan Lagu Kejutan “Love U”

Namun, ketika keadaan baru saja tampak membaik, Monsta X kehilangan satu anggota lagi ketika rapper Joohoney mengambil cuti untuk menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Namun, para anggota Monsta X tetap optimis dan suportif. Berbicara tentang ketidakhadiran Joohoney, I.M berkata: “Dia akan melakukan tur Monsta X… Dia sedang mengurus dirinya sendiri”.

Dan optimisme Monsta X tentu saja tidak salah tempat – album terbaru Monsta X, All About Luv, sudah mengambil alih sebagian besar chart. Dalam satu hari setelah dirilis, proyek Monsta X ini sudah melonjak ke nomor satu dalam tujuh belas negara di seluruh dunia. Kami berharap Monsta X dapat melanjutkan kesuksesan mereka – lebih baik tanpa ada lagi masalah. Semangat!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Melon Music Awards 2020

    BTS Sapu Bersih Semua Daesang Melon Music Awards 2020, Inilah Daftar P...

    Pada hari Sabtu, 5 Desember 2020, seremoni utama Melon Music Awards 2020 (MMA 2020) yang ke-10 tahun ini berlangsung tanpa penonton tatap muka karena pemba

    on Dec 6, 2020
    AAA 2020

    Daftar Lengkap Pemenang Asia Artist Awards 2020 Sama Sekali Nggak Ada ...

    Asia Artist Awards 2020 telah digelar seremoni penghargaan yang ke-5 tahunnya pada 28 November setelah serangkaian penundaan karena kesalahan server. Pada

    on Nov 29, 2020
    MONSTA ft Snoop Dogg

    Lagu Kolab MONSTA X Dengan Snoop Dogg 'How We Do' Siap Dirilis Secara ...

    MONSTA X dan Snoop Dogg. Ketika berkolaborasi dengan artis lain, boyband K-pop MONSTA X termasuk memiliki portofolio kerja sama yang oke, yakni dengan beber

    on Nov 5, 2020
    Boyband K-Pop Terkocak

    7 Boyband K-Pop Terkocak Yang Dijamin Bikin Lo Terhibur Walau Lo Bukan...

    Idol K-Pop memang nggak wajib bisa melawak atau berlaga lucu, tapi hampir semuanya pada dasarnya mereka humoris. Ada beberapa grup K-pop yang secara khusus

    on Aug 28, 2020