×
×

Search in Mata Mata Musik

Mos Def Dikabarkan Rilis Album Baru!

Posted on: 04/1/19 at 4:30 pm

Karena nama Mos Def memang sudah dipensiunkan dua tahun lalu, kini Dante Terrell Smith menggunakan nama Yasiin Bey dan dikabarkan sudah merilis album.

Pada akhir Desember 2016, rapper veteran tersebut sempat mengumumkan judul dua album studionya, Negus in Natural Person dan As Promised. Dan nampaknya pria berumur 45 tahun itu membuktikan omongannya.

Seorang musisi dan produser, Steven Julien, yang dikenal dengan karyanya sebagai Funkineven, mengumumkan album Mos Def berjudul Negus dalam sebuah kicauan di Twitter-nya pada 31 Maret lalu.

Namun, rilis album tersebut hadir dengan sebuah ketentuan. Album ini tidak akan memiliki pesta perilisan atau bahkan bisa dinikmati lewat internet, seperti selayaknya rilisan musik pada umumnya. Sebaliknya, Bey memutuskan untuk menghadirkan albumnya tersebut sebagai instalasi seni di Art Basel Hong Kong. Seperti yang sudah dinyatakan, album ini tidak tersedia untuk pembelian atau streaming.

Tapi kabarnya, seorang penulis yang tinggal di New York cukup beruntung untuk hadir di acara tersebut dan berusaha menjelaskan keputusan Bey tersebut. “Yasiin Bey sangat menyadari ketidakmampuan masyarakat untuk fokus pada apa pun karena teknologi,” tulisnya. Oleh karena itu, Ia ingin merilis album di sebuah ruang yang pendengarnya harus benar-benar fokus pada musik. Peserta bahkan didesak untuk mengunci ponsel mereka di pintu sebelum album dimulai.”

Baca Juga: Selebrasi Meriah di Funeral Service Keith Flint

Negus direkam di London pada 2015, dan namanya merujuk ke judul kerajaan Bahasa Semit Ethiopia. Sejak merekam album tersebut, Bey tahu dia ingin merilisnya dalam konteks artistik. Selama sesi mendengarkan di Art Basel, Bey mengambil foto Polaroid dan menangkap reaksi semua peserta yang mendengarkan. Para peserta memiliki pilihan untuk membeli foto mereka sebagai buah tangan dari acara tersebut.

Keterangan Foto Utama: Yasiin Bey. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter