×
×

Search in Mata Mata Musik

Muak Pandemi, Stoner Rocker SANTIKARISMA Rilis ‘Hingar Bingar Warga Blingsatan’

Posted on: 12/31/20 at 7:00 am

Muak Pandemi, Stoner Rocker SANTIKARISMA Rilis 'Hingar Bingar Warga Blingsatan'
Rio, vokalis Santikarisma. (Foto: dok. Santikarisma).

Setelah merilis album perdananya yang bertajuk Sugestivisi pada 2017 di bawah naungan bendera Disaster Records, Santikarisma kembali menyalak dengan merilis single baru yang bertajuk ‘Hingar Bingar Warta Blingsatan’ di tahun 2020. Santikarisma adalah band stoner rock oktan tinggi asal Semarang yang dibentuk  pada 2012 dan dihuni oleh lima personil, yakni Rio (vokal), Isa (gitar), Riky (gitar), Tawon (bass), dan Minyut (dram).

Baca juga: Stoner Rocker Juggernaut Mengajak Kembali Ke EP “Masa Pertengahan”

Single ini diinisasi oleh semangat kolaborasi dengan menggandeng artis lintas disiplin, yakni PRIGEL, Azis Wicaksono, BrigitanArga untuk memperkenalkan lingkar yang positif demi membangun suatu industri seni yang mumpuni di kota Semarang. Nggak lupa kolektif Looplab turut mendukung proses perilisan single ini dengan memberi ruang karya, sehingga semua bentuk hasil kolaborasi ketiga artis tersebut bisa dipresentasikan dengan media pameran di Bunker Coffee pada tanggal 29 November 2020. Hasil kolaborasi tersebut adalah berupa desain artwork yang digarap oleh Azis untuk Santikarisma dan dicetak oleh PRIGEL di media kaos, slipbag, totebag dan sticker.

Artwork single 'Hingar Bingar Warta Blingsatan' oleh Santikarisma.
Artwork single ‘Hingar Bingar Warta Blingsatan’ oleh Santikarisma.

‘Hingar Bingar Warta Blingsatan’ adalah single yang mewakili keresahan Santikarisma. Tahun 2020 adalah tahun di mana pandemi datang bersama hiruk-pikuk pemberitaan yang gencar membicarakan tentang bagaimana proses penularan Covid-19 hingga proses penyembuhannya.

Dalam single ini, Santikarisma menanggapi respons masyarakat yang kacau dalam proses adaptasi untuk hidup berdampingan dengan virus ini. Santikarisma menanggapi kekacauan tersebut dengan tempo yang cepat untuk mewakili keresahan selama masa pandemi di mana mulai diberlakukannya pembatasan dalam bersosialisasi dalam jangka waktu yang ambigu.

Selain itu, pada bagian reffrain, Santikarisma juga melihat bumi sebagai korban yang dipermainkan manusia dan juga sosok media disinggung sebagai pihak yang harus bertanggung jawab atas pemberitaan yang kurang tepat mengenai angka penderita Covid yang mereka tayangkan di berita televisi berbeda dengan fakta di lapangan. Dengan semangat berapi-api, single ini mewakili semua orang yang sudah merasa bosan dan muak dengan kondisi pandemi ini. 

Hal menarik dalam proses penggarapan single ini adalah single ini direkam di 3 Studio yang berbeda. StudioQu untuk take dram, Kamar Empat Studio untuk take gitar dan bass, sedangkan 4WD untuk take vokal.

Baca juga: Stoner Rocker Worship Lepas Single Eksklusif ‘Mesin Waktu’ Dari EP “Rock Petaka”

Single ini telah diputar secara eksklusif pada acara pameran tanggal 22 November 2020 lalu di Bunker Coffee sebelum dirilis secara masif tanggal 11 Desember 2020. Ok, selamat menyimak lagunya, bray.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Worship

    Stoner Rocker Worship Lepas Single Eksklusif 'Mesin Waktu' Dari EP “...

    Worship. Kalian pasti sudah nggak asing dengan salah satu sinetron bertema religi yang tayang pada era 1990-an akhir dan awal 2000-an di salah satu televisi

    on Dec 15, 2020
    Jaggernaut

    Stoner Rocker Juggernaut Mengajak Kembali Ke EP "Masa Pertengahan"

    Jaggernaut. Setelah sebelas tahun, mini album Juggernaut dibangkitkan kembali oleh Rekam Jaya sebagai bagian dari program reissue dan dokumentasi arsip musi

    on Oct 26, 2020
    Mastodon

    Mastodon Sedang Bekerja Keras untuk Album Baru 2020

    Mastodon akan kembali merilis album studio di tahun 2020 (Foto: Gist Junction) Seperti dilansir Blabbermouth, kuartet stoner metal progresif asal Atlanta, M

    on Dec 30, 2019
    Keterangan Foto Utama: SURI (foto kredit: Instagram account @suritheband )

    Unit Stoner Rock Suri Lepas Single Terbaru Mereka

    Trio stoner rock ibu kota ini kembali dengan materi segar “VGNSRS” menjadi materi terbaru yang rilis pada awal tahun ini. Bagi kalian para pendengar

    on Feb 1, 2019