×
×

Search in Mata Mata Musik

Museum Tribute Untuk Avicii Akan Hadir di Stockholm Pada Tahun 2021

Posted on: 06/11/20 at 8:00 am

Avicii.

Kota Stockholm di Swedia pada tahun 2021 akan mengadirkan The Avicii Experience, sebuah museum tribute yang dibuatkan khusus untuk almarhum Avicii, seorang DJ, produser, penulis, dan pencetak lagu hit serba bisa yang meninggalkan warisan lagu-lagu sepanjang masa seperti ‘Wake Me Up’ dan ‘Levels’.

Baca juga: Konser Penghormatan Avicii Akan Disiarkan Langsung di YouTube

Sang musisi warga negara Swedia itu, yang nama aslinya adalah Tim Bergling, meninggal pada tahun 2018 karena bunuh diri di usia 28 tahun.

The Avicii Experience akan mencakup pameran interaktif mendalam yang menelusuri perjalanan musik Tim Bergling dari hanya seorang produser musik di kamar tidurnya, hingga mencapai kesuksesan global. Melalui berbagai memorabilia, foto, video, dan musik yang belum pernah dilihat sebelumnya – termasuk lagu-lagu yang belum pernah dirilis – museum ini menjanjikan pandangan yang lebih mendalam terhadap proses kreatif Avicii.

“Tim adalah seorang musisi yang jenius,” ujar kolaborator lamanya Aloe Blacc dan Mike Einziger dalam sebuah pengumuman untuk proyek tersebut. “Dia tidak terbatas dan sangat terdorong dalam kreativitasnya. Dia memiliki kemampuan untuk menyatukan orang dengan musiknya. Aku yakin bahwa melalui kenangan para penggemarnya, warisannya akan bertahan selamanya”.

Produser-gitaris yang luar biasa sekaligus sang pendiri grup tari yang influential, Chic kemudian menambahkan: “Avicii telah dipuji sebagai salah satu DJ terhebat sepanjang masa dan sebagai seorang artis penting yang telah membuat musik yang sukses besar-besaran tetapi yang paling aku ingat adalah bahwa Tim adalah salah satu penulis lagu terbaik yang pernah bekerja denganku. Kami bisa bekerja bareng selama 24 jam sehari dan ide-ide melodinya tidak akan pernah berhenti muncul. Dia adalah seorang pembuat melodi yang gila yang secara layak belum cukup diakui atas bakatnya yang luar biasa. Tim, aku mencintaimu dan merindukanmu temanku!”.

Stockholm juga merupakan rumah bagi museum lain yang didedikasikan untuk artis-artis Swedia lainnya yang mendunia: Museum ABBA, yang terletak di pulau Djurgården dan dioperasikan oleh Pophouse Entertainment Group. Perusahaan yang didirikan oleh Björn Ulvaeus dari ABBA bersama dengan Conni Jonsson pada tahun 2014 juga akan mendukung The Avicii Experience yang akan menjadi bagian dari SPACE, sebuah pusat kultur digital yang menggabungkan gaming, musik, dan pembuatan konten. Ini akan dibuka pada tahun 2021 di Sergels torg di pusat kota Stockholm, Swedia.

Baca juga: 8 Tahun Lalu, Avicii Rilis Salah Satu Lagu Terbesar dalam Sejarah EDM

“Di SPACE kami akan melakukan kegiatan yang berfokus pada kaum muda, dengan tujuan untuk melakukan dialog yang terbuka dan inklusif dalam hal kesehatan mental,” tutur Klas Bergling, ayah dari Avicii dan salah satu pendiri Tim Bergling Foundation bersama dengan istrinya Anki Lidén. Sebagian pendapatan dari The Avicii Experience akan diberikan kepada yayasan itu, yang mendorong pentingnya masalah bunuh diri sebagai status darurat kesehatan mental global dan mendukung berbagai organisasi nirlaba yang membahas masalah yang sangat dipedulikan oleh Tim Bergling termasuk perubahan iklim, pelestarian spesies yang terancam punah dan masalah kelaparan global.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Winky Wiryawan & Popsickle

Sinergi Winky Wiryawan & Popsickle Menghasilkan Single Techno Funk 'Th...

Popsickle dan Winky Wiryawan. Kolaborasi yang sangat menarik datang dari musisi-musisi Tanah Air yang berbeda genre, akan hadir di semua platform musik yang

on Nov 16, 2020
Richart Volx

Richart Volx Remake Lagu Media Distorsi 'Confession Part 2' Fitur Lyta...

Richart Volx. Selepas dirilis ulang secara digital album Media Distorsi, The Beginning Chapter 01, Juni lalu, nggak sedikit yang mengamini pentingnya band y

on Oct 28, 2020
Major Lazer 2020

Album Major Lazer "Music Is The Weapon" Bak Parade Kolab Artis Top Dun...

Major Lazer. Album keempat Major Lazer yang telah lama ditunggu-tunggu, Music Is The Weapon, telah dirilis sejak 23 Oktober 2020. Menampilkan kolaborasi den

on Oct 26, 2020
DJ Yasmin

DJ Yasmin NNTYSX & Zhela Kembali Getarkan Lantai Dansa Via 'Love Like ...

Zhela, NNTYSX, DJ Yasmin. Salah satu DJ beken Indonesia, Fahria Yasmin atau lebih dikenal sebagai DJ Yasmin adalah DJ berprestasi yang terkenal dengan pena

on Oct 3, 2020