×
×

Search in Mata Mata Musik

Music On Gelar Pesta Sambut DJ Baru dan Lokal

Posted on: 10/22/18 at 7:52 am

Menyambut anggota DJ barunya, Music On gelar pesta di sore hari di Ibiza

Oleh Johnny Lee (Mixmag)

Gambar: music-on-gelar-pesta-sambut-dj-baru-dan-lokal-1

https://mixmag.net/assets/uploads/images/_fullX2/0206-EL-Patio-104.jpg

(Foto: Julian Farina)

Bulan Oktober tahun lalu, ketika Marco Carola dan The Martinez Brothers tampil berurutan di El Patio, mereka hanya punya deck yang sedikit lebih besar dari meja lepat. Dalam hal menutup musim panas dengan cara spontan, konsep ini tentunya berhasil; tetapi untuk menggelar kembali pesta sore hari Music On agar bisa berlangsung setiap tahun, wajar saja kalau mereka meng-upgrade peralatan mendasarnya. Memasuki tempat acara pada jam 4 di sore hari bulan Agustus yang super panas, sangat jelas kalau tempat tersembunyi di Ibiza ini sudah berubah gaya.

Ada booth DJ baru di bawah struktur kayu melengkung yang dihiasi dengan bunga dan laser otomatis. Lantainya sudah diratakan kembali supaya cocok untuk diinjak-injak. Dan yang paling penting, pengeras suara yang lama sudah diganti dengan sistem Funktion-One yang kencang. Namun secara visual, El Patio masih memamerkan gaya klasik Pantai Selatan Miami, balkon yang mengelilingi lantai berjoget (dancefloor) dibalut warna putih terang dan biru pastel.

Saat kami tiba, DJ kelahiran Ibiza Anna Tur sedang main di booth, mulai memanaskan pesta – salah satu dari sejumlah bakat baru yang memulai debut di El Patio musim panas ini. “Luar biasa rasanya diberikan kepercayaan besar oleh Music On,” kata Anna setelah penampilannya. “DJ-DJ di Ibiza cenderung menggelar residency di klub pantai, tapi mereka biasanya tidak punya kesempatan untuk main dengan promotor besar. Musim panas ini, banyak DJ lokal yang bahkan tidak bisa kerja di klub pantai. Karena pembatasan suara baru, banyak bar-bar kecil memutuskan untuk tidak mempekerjakan DJ sama sekali, yang berarti banyak DJ lokal yang saat ini menganggur.”

“Sangat penting mendukung DJ lokal,” kata promotor Davide Avallone. “DJ terbesar dunia bisa membuat postingan media sosial yang keren, tapi kalau orang-orang di dancefloor tidak saling terhubung, apa gunanya? Kita pasti menggunakan media sosial, tapi kita juga berkarya di jalanan dengan cara lama, mewakili brand ini. Di samping itu, DJ lokal punya koneksi dengan orang-orang di pulau ini, yang berarti orang-orang datang ke sini untuk mendukung mereka dan tidak hanya melihat penampil utama. Banyak promotor dari luar pulau ini berusaha membuat format ini berhasil, tapi saat kamu berasal dari Ibiza, hal ini lebih natural. Tidak perlu ada strategi hebat apa pun.”

Gambar: music-on-gelar-pesta-sambut-dj-baru-dan-lokal-2

https://mixmag.net/assets/uploads/images/_fullX2/0609_MUSICON-ELPATIO_-64.jpg

(Foto: Julian Farina)

Hasil dari memberikan kepercayaan yang besar pada bakat-bakat lokal yang sedang naik daun adalah tersebarnya nuansa kekeluargaan yang tulus di antara semua yang hadir – yang 95 persennya terdiri dari orang Spanyol dan Italia. “Kamu jarang ketemu orang Inggris di sini,” ujar Shaun, 27 tahun, dari Oxford. “Dan kalaupun ketemu mereka cenderung terbawa ke pesta ini ketimbang dengan sadar memutuskan untuk datang ke sini. Saya sering datang ke sini dalam delapan minggu terakhir. Saya tidak bermaksud menjelekkan orang Inggris, tapi lihat saja sekelilingmu: apa kamu lihat ada orang yang merekam pesta ini dengan ponsel mereka? Tidak. Semua orang ada di sini karena musiknya dan itulah mengapa pesta ini sangat unik.”

Di dancefloor, di booth, di bar, kami merasa semua orang di sini di El Patio kenal satu sama lain – dan mereka mau berkenalan kalau belum kenal.

Meski secara tidak resmi disebut sebagai afterparty Music On, suasana El Patio ini sama sekali tidak berantakan. Gelang tangan gratis untuk acara ini mungkin sudah diberikan di acara utama Music On di Amnesia hanya beberapa jam sebelumnya, namun kami tidak melihat satu ‘zombi’ pun dari malam sebelumnya. Sekitar 700 orang penonton masih berwajah segar dan bersemangat. Dan berbeda dengan kebanyakan gig di pulau ini, setidaknya ada dua cewek untuk satu cowok di dancefloor.

Pukul 6 sore, DJ lokal lainnya, Eder Alvarez, mengambil alih deck. Musik Eder bergulir dan penuh groove, lagu-lagu perkusi keren seperti “Mother F*cker” dari Dennis Cruz menyatu dengan rapi dengan produksinya sendiri – seperti “Trippy Phase” versi wAFF.

Gambar: music-on-gelar-pesta-sambut-dj-baru-dan-lokal-3

https://mixmag.net/assets/uploads/images/8-11-MusicOn_ELPATIO_JulianFarina-87.jpg

(Foto: Julian Farina)

Beberapa saat kemudian kami dijamu dengan penampilan dari Jean Pierre, DJ asal Amerika yang lagi naik daun yang memulai debutnya di Music On semalam di Amnesia. Penampilannya percussive dan techy, tapi dia tidak takut memasukkan sedikit vokal untuk menjaga groove-nya.

Jean Pierre bukan pendatang baru di arena ini, namun kisahnya di Music On punya narasi yang serupa dengan kisah Eder dan Anna. “Saya sudah lama berpesta di Music On sejak mereka baru mulai di 2012,” katanya. “Saya ke sini tahun lalu saat Marco Carola dan The Martinez Brothers main berurutan, dan saya tidak pernah absen di hari Jumat di Marquee saat Music On mampir ke New York. Marco dan yang lainnya tahu saya seorang DJ, tapi kami membangun hubungan sebagai teman lebih dulu. Saya sangat gugup sebelum tampil di Amnesia semalam, tapi Stacey Pullen sangat keren. Dia memberikan kami semangat dan rasa percaya diri. Kamu menjadi terinspirasi dengan orang seperti Stacey; dia adalah legenda dari Detroit. Kamu membeli album mereka, menonton mereka tampil kapan pun mereka mampir, kemudian ketika mereka melihat kamu di booth mereka senang mendukungmu.”

Penampilan terakhir di sore itu menjadi milik Felix Da Housecat. Sebelumnya, di perjalanan menuju pesta, seluruh kegembiraan kami terpusat pada legenda asal Chicago ini, penampil utama yang tak ada bandingannya sore ini. Namun, setelah lewat tengah malam, kami berujung mendiskusikan DJ yang kurang populer mana yang berhasil mencuri panggung Music On hari ini. Ini bukan berarti Felix mengecewakan. Seperti Marco Carola, Stacey Pullen, Leon dan Paco Osuna, yang semuanya menjadi penampil utama di sini sebelumnya, dia hanyalah bagian dari tim itu.

Di pulau yang dibanjiri dengan pesta-pesta buatan yang diisi DJ-DJ ternama, Music On memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Dan di El Patio mereka punya tempat latihan di mana anggota keluarga baru mereka bisa mengasah kemampuan mereka.

Sumber: https://mixmag.net/feature/music-on-is-using-its-daytime-ibiza-party-to-champion-new-and-local-djs-alongside-the-big-stars

Posted on October 9, 2018

Mata Mata Musik's Newsletter