×
×

Search in Mata Mata Musik

Musisi Bintang Pop & Rock Anggota “27 Club”: Yang Mati Muda Di Usia 27 Tahun

Posted on: 01/18/21 at 10:00 am

27 Club, perkumpulan macam apa ini? Sebelum membahas ke sana, kita bahas konteks ‘Mati Muda’ di artikel ini. Memang sedikit berbeda dengan substansi lagu hit-nya Kelompok Penerbang Roket (KPR) namun masih memiliki korelasinya. Jika KPR mengangkat isu nyawa melayang di usia muda untuk hal-hal yang sia-sia alias enggak berguna seperti tawuran pelajar dan narkoba, di sini kami menyoroti kondisi serupa yang terjadi pada artis-artis di industri musik pop dan rock.

Baca juga: 17 Sejarah Singkat Mendiang Rockstar Dengan Penyebab Kematian Yang Aneh

Banyak banget artis musisi yang influential hingga mampu mengubah cara hidup para penggemarnya secara individual dan sejarah musik secara keseluruhan. Kontribusi musik terhadap perubahan itu memang memiliki tolok ukur yang variatif, sesuai era di mana mereka memberikan pengaruhnya semasa hidupnya. Namun satu hal yang pasti, dampak pengaruh tersebut enggak bisa diukur dengan durasi atau berapa lama mereka berkiprah di belantika musik, namun lebih pada prestasi atau apa pun yang mereka lakukan dan wariskan untuk dunia ini.

Dalam kurun waktu yang terbilang singkat, artis besar seperti Kurt Cobain, Jim Morrison, Janis Joplin mengentak dunia dengan caranya masing-masing dan mengakhiri hidupnya pun dengan caranya masing-masing. Padahal, beberapa dari musisi berpengaruh ini meninggal sebelum mereka mencapai potensi penuh pencapaian karier mereka.

Berikut ini adalah segelintir artis yang ‘Mati Muda’ dan anggota dari ’27 Club’ alias kumpulan orang yang mati di usia 27 tahun. Mereka mati secara prematur alias lebih cepat dari semestinya namun meninggalkan karya-karya yang abadi. Singkat namun padat dan menendang pantat (kick your ass!) serta meninggalkan pertanyaan yang sulit terjawab.

Baca juga: 10 Musisi Rock Yang Meninggalkan Musik Demi Mengejar Karier Lain

Pertanyaannya tentu adalah, mengapa mereka serempak hidupnya berhenti di angka 27? Apakah itu perjanjian yang mereka buat dengan setan dan menjadikan jiwa mereka tumbal atas kesuksesan duniawinya? Yang pasti masa kontrak hidup mereka habis di dua puluh tujuh yang misterius, bray.

Kurt Cobain (1967-1994)

Vokalis/gitaris Nirvana, Kurt Cobain sukses sebagai ikon legendaris sekaligus “game changer” musik rock selamanya yang menempatkan grunge di level terhormat dalam sejarah musik secara umum.

Meskipun sayangnya, doi adalah bagian dari “27 Club”, jiwa Cobain terus hidup sebagai salah satu “suara” paling berpengaruh bagi mereka yang ada di ruang-ruang gerakan DIY modern, punk dan grunge.

Konser MTV Unplugged Nirvana, kemungkinan besar akan selalu, tetap menjadi salah satu konser rock paling ikonik yang pernah ada.

Belum lagi, gaya fesyen Cobain yang sebenarnya apa adanya namun dijadikan gaya khas grunge yang identik dengan kemeja flanel dan celana jeans robek yang ditiru oleh orang-orang dari segala usia.

Album Nirvana tahun 1991, Nevermind, secara konsisten menduduki peringkat teratas berbagai chart di seluruh dunia sebagai salah satu album rock terbesar dan paling berpengaruh hingga saat ini dan bahkan beberapa dekade ke depan. Abadi.

Cause of death: suicide (bunuh diri).

Jim Morrison (1943-1971)

Jim Morrison adalah salah satu anggota senior “27 Club” yang akan selalu dikenal sebagai pentolan band rock klasik The Doors yang ikonik. Penggemar, baik yang muda dan tidak muda namun berjiwa muda di seluruh dunia memiliki lirik-lirik lagunya yang terukir pada diri mereka sendiri selamanya.

Karena kepribadiannya yang liar, lirik yang puitis, suara yang distingtif, penampilan yang enggak bisa diprediksi dan enggak menentu, dan keadaan dramatis seputar kehidupan dan kematian dininya, Morrison dianggap oleh kritikus dan penggemar musik sebagai salah satu vokalis paling ikonik dan berpengaruh dalam sejarah rock. Sejak kematiannya, popularitasnya terus bertahan sebagai salah satu ikon budaya populer yang paling memberontak dan sering ditampilkan yang mewakili kesenjangan generasi dan budaya tandingan kaum muda.

Morrison meletakkan dasar potensi untuk menjadi penyanyi utama yang keren di tahun 1970-an, 1980-an, dan seterusnya. Morrison mengajarkan mereka supaya berusaha untuk menjadi percaya diri sekaligus santai dalam penampilan mereka.

Cause of death: masih menjadi misteri.

Janis Joplin (1943-1970)

Janis Joplin juga salah satu anggota senior “27 Club”, hidupnya selesai setelah merilis tiga album. Album keempat, Pearl, dirilis pada Januari 1971, lebih dari tiga bulan setelah kematiannya. Album itu mencapai nomor satu di chart Billboard.

Joplin secara anumerta dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1995. Rolling Stone menempatkan Joplin nomor 46 pada daftar tahun 2004 dari 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa dan nomor 28 pada daftar tahun 2008 dari 100 Penyanyi Terbesar Sepanjang Masa. Dia tetap menjadi salah satu musisi terlaris di Amerika Serikat, dengan sertifikasi Asosiasi Industri Rekaman Amerika dengan penjualan 18,5 juta kopi album.

Stevie Nicks (Fleetwood Mac) berkomentar: “Janis menempatkan dirinya di luar sana sepenuhnya, dan suaranya enggak hanya kuat dan penuh perasaan, tetapi juga sangat indah dan nyata. Dia bernyanyi dalam tradisi penyanyi ritme & blues yang merupakan pahlawannya, tapi dia membawa sisi berbahaya, rock and roll yang seksi ke setiap lagu. Dia benar-benar memberimu sebagian dari hatinya. Dan itu menginspirasi saya untuk menemukan suara dan gaya saya sendiri”.

Cause of death: overdosis.

Jimi Hendrix (1942-1970)

Meskipun karier mainstream-nya hanya berlangsung hanya selama empat tahun, Jimi Hendrix diakui secara luas sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah musik populer, dan salah satu musisi paling terkenal di abad ke-20. Rock and Roll Hall of Fame menggambarkan sosoknya sebagai “salah satu instrumentalis terhebat dalam sejarah musik rock”.

Jimi Hendrix adalah penerima sederet penghargaan musik selama masa hidupnya dan secara anumerta. Pada tahun 1967, pembaca dari Melody Maker memilihnya sebagai Pop Musician of the Year pada tahun 1968, Billboard menamainya sebagai Artist of the Year dan Rolling Stone menyatakannya sebagai Best Performer of the Year. Disc and Music Echo menghormatinya dengan World Top Musician tahun 1969 dan pada tahun 1970, Guitar Player menobatkannya sebagai Rock Guitarist of the Year.

The Jimi Hendrix Experience dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1992 dan UK Music Hall of Fame pada tahun 2005. Rolling Stone memeringkat tiga album studio band Jimi tersebut, yakni Are You Experienced, Axis: Bold as Love, dan Electric Ladyland, di antara 100 Greatest Albums of All Time, dan mereka menempatkan Jimi Hendrix sebagai gitaris terhebat dan artis terbesar keenam sepanjang masa.

Jika akhir dekade 1970-an dan sepanjang 1980-an dikuasai oleh Eddie Van Halen, satu dekade sebelumnya alias 1960-an sepenuhnya menjadi milik Jimi Hendrix sebagai gitaris inovator yang sayangnya termasuk anggota senior “27 Club”.

Cause of death: overdosis.

Brian Jones (1942-1969)

Brian Jones adalah gitaris sekaligus co-founder The Rolling Stones bersama vokalis Mick Jagger dan gitaris Keith Richards pada tahun 1962 di Inggris. Jones akan selalu dikenang sebagai tandeman Jagger-Richards yang penuh pesona di awal kejayaan legenda rock and roll ini.

Dan Jones adalah seorang multi-instrumentalis yang berbakat. Sebelum pemecatannya pada tahun 1969, Jones memainkan instrumen apa pun selain yang dipakai standar rock seperti dram, gitar, piano, atau bass. Kemampuannya untuk memainkan berbagai macam instrumen terlihat jelas pada album Aftermath (1966), Between the Buttons (1967) dan They Satanic Majesties Request (1967). Dan yeah, doi juga adalah anggota senior “27 Club”.

Cause of death: overdosis.

Amy Winehouse (1983-2011)

Album debut Amy Winehouse, Frank, dirilis pada tahun 2003 dan sukses besar di Inggris dan dinominasikan untuk Mercury Prize. Lagu ‘Stronger Than Me’ membuat Amy memenangkan Ivor Novello Award untuk Best Contemporary Song dari British Academy of Songwriters, Composers, and Authors.

Album keduanya, Back to Black, pada tahun 2006, sukses secara internasional dan menjadi salah satu album terlaris dalam sejarah Inggris. Pada Brit Awards 2007, album itu dinominasikan untuk British Album of the Year, dan doi menerima penghargaan untuk British Female Solo Artist. Lagu ‘Rehab’ membuatnya memenangkan Ivor Novello Award kedua.

Pada Grammy Awards ke-50 pada tahun 2008, doi memenangkan lima penghargaan, mengikat rekor kemenangan terbanyak oleh artis wanita dalam satu malam dan menjadi wanita Inggris pertama yang memenangkan lima Grammy, termasuk tiga dari “Empat Besar” kategori umum Grammy Awards:  Best New Artist, Record of the Year and Song of the Year (untuk ‘Rehab’), dan Best Pop Vocal Album.

Setelah kematian mendadaknya di usia 27 tahun, Back to Black untuk sementara menjadi album terlaris di Inggris pada abad ke-21. VH1 memberi peringkat Winehouse ke-26 dalam daftar 100 Greatest Woman in Music.

Cause of death: overdosis.

Sumber: Berbagai Literatur
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021
    Musisi legendaris

    32 Aktor/Aktris Yang Bertransformasi Jadi Musisi Legendaris Di Film Bi...

    Deretan aktor dan musisi legendaris yang diperankannya. Musisi legendaris yang memiliki karya-karya abadi di sepanjang zaman telah digiring ke layar lebar s

    on Sep 1, 2021
    Nirvana

    Nirvana Digugat Perihal Eksploitasi Seksual Anak Di Album "Nevermind"

    Sampul Album Nevermind. Spencer Elden adalah sosok yang dikenal sebagai bayi yang tertampang di sampul album bertajuk Nevermind milik ikon alternative rock

    on Aug 25, 2021