×
×

Search in Mata Mata Musik

Musisi Non Inggris Akan Dikenai Visa Jika Gelar Konser Di Negara Ini Tahun 2021

Posted on: 02/21/20 at 2:29 pm

Musisi non Inggris akan dimintai visa dan membayar jika menggelar pertunjukan di negara tersebut. Kabar ini disampaikan oleh Depatemen Dalam Negeri berkaitan dengan aturan Brexit.

Peraturan ini ditujukan untuk orang Uni Eropa atau bukan Uni Eropa yang akan berkunjung ke Inggris harus memiliki tabungan sekitar £1000 (Rp 17 juta) untuk 90 hari sebelum mengajukan visa. Jumlah yang sangat besar dianggap sebagai bukti bahwa mereka dapat menghidupi diri sendiri, kecuali mereka sudah sepenuhnya disetujui.

Sebaliknya, peraturan saat ini memungkinkan artis dan kru mereka untuk bepergian ke Inggris tanpa batasan dan tanpa mengajukan izin kerja atau visa.

Artis akan membutuhkan visa Tier 5 untuk mengunjungi Inggris yang meliputi pertunjukan, audisi, lokakarya, penampilan festival, pembicaraan dan acara. Ini diperkirakan akan menelan biaya £244 (Rp 4,3 juta) dan akan mulai berlaku pada Januari 2021, setelah berakhirnya periode transisi Brexit pada Desember 2020.

Rinciannya, yang tercantum dalam makalah kebijakan dari Departemen Dalam Negeri, menunjukkan kemungkinan tidak akan ada pengaturan timbal balik antara Inggris dan Uni Eropa untuk para entertainer dalam kesepakatan Brexit.

Deborah Annetts, kepala eksekutif Incorporated of Society Musicians memberikan kritikan kepada keputusan itu.

“Kami sangat kecewa bahwa gerakan bebas untuk musisi dan artis lain dari Uni Eropa telah dikesampingkan dan kami akan meminta Pemerintah Inggris untuk mempertimbangkan kembali panggilan kami untuk visa ‘multi-entry’ dua tahun,” ujarnya saat berbicara pada The New European.

Nigel Adam MP, mantan menteri negara di Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga memberikan kritikannya terhadap aturan ini. Baginya, tur merupakan bagian penting bagi para musisi.

“Tur benar-benar merupakan darah kehidupan industri. Perkembangan terakhir ini akan berarti bahwa artis yang mengunjungi Inggris dari Uni Eropa untuk bekerja perlu mengajukan permohonan visa, termasuk Tier 5, atau mengejar rute untuk pengunjung bisnis jangka pendek seperti Permitted Paid Engagement (PPE) yang didiskreditkan,” ujarnya.

Aturan ini muncul setelah sebuah petisi dibuat oleh The Musicians Union yang menyerukan kepada Pemerintah dan Parlemen untuk mendukung Paspor Musisi bagi para musisi yang bekerja di Uni Eropa pasca-Brexit.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Brian May

Brian May (Queen) Ajak Inggris Untuk Isolasi Selama Krisis Virus Coron...

Brian May (Queen) tampil saat Fire Fight Australia di ANZ Stadium di Sydney pada 16 Februari (Foto oleh Cole Bennetts / Getty Images). Brian May secara terb

on Mar 20, 2020